Advertisement

Beasiswa PMDSU Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Tahun 2015

Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk
Sarjana Unggul (PMDSU)
Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 2015

I. Informasi Umum

Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) adalah program pelaksanaan studi selama empat tahun bagi sarjana yang baru lulus untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia berkualifikasi doktor. Program yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) ini merupakan program beasiswa penuh yang mulai diluncurkan sejak tahun 2012.

Tahun 2015 ini Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah mendapatkan kepercayaan dari DIKTI untuk menjalankan program beasiswa PMDSU Gelombang 2. Melalui Program PMDSU, Unsyiah dapat memilih lulusan-lulusan S1 unggul untuk dibimbing oleh para Promotor (Profesor/Dr) handal yang dimiliki Unsyiah dengan track record penelitian dan publikasi internasional. Lebih lanjut, Unsyiah dapat meningkatkan sinergi antara pendidikan dan penelitian, dimana akan terjadi percepatan penambahan jumlah doktor yang memiliki pengalaman atmosfer penelitian yang unggul. Kepercayaan ini diberikan atas dasar prestasi Unsyiah yang memiliki unggulan seperti sarana prasarana, dosen (promotor), dan mahasiswa yang dimiliki. Untuk menjalankan program ini, pimpinan Unsyiah menetapkan Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PPs-Unsyiah) sebagai leadingnya.

Mahasiswa pada progran PMDSU ini akan didik menjadi peneliti yang handal, sehingga mampu menghasilkan pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian yang akurat dengan target menghasilkan minimal 2 publikasi pada jurnal internasional bereputasi.

II. Program Studi dan Promotor

Secara umum, program Studi yang dibuka untuk PMDSU Batch II secara nasional dan Batch I bagi Unsyiah ini adalah sebagai berikut:
  • Ilmu Pertanian ;
  • Ilmu Teknik ; dan
  • Matematika dan Aplikasi Sains.

III. Syarat Calon Mahasiswa

Calon mahasiswa yang dapat mendaftar untuk program PMDSU adalah sebagai berikut:
  1. Lulusan Program Sarjana yang sesuai/berhubungan dengan kepakaran promotor
  2. Lulus S-1 dalam tiga tahun terakhir
  3.  Memiliki Nilai Indek Prestasi Kumulatif minimal 3,10 (Skala 4)

IV. Prosedur dan Jadwal Pendaftaran

  1. Pelamar terlebih dahulu menghubungi calon promotor yang diminati sebagai calon pembimbing. Daftar promotor sebagaimana dipaparkan pada halaman ini. Bidang kepakaran promotor lebih detail dapat diakses melalui website (DISINI)
  2. Pelamar mendaftar secara online melalui laman (DISINI) sejak tanggal 14 Juli s.d 14 Agustus 2015.
  3. Secara paralel, pelamar juga harus mendaftar ke PMDSU Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PPS-Unsyiah).
  4. Berkas pendaftaran berisi curiculum vitae, sertifikat toefl, dan dokumen seperti disebutkan pada point III (soft file: pdf) dijadikan satu foldel dan dikirim melalui email ke nasrular@unsyiah.ac.id. Selanjutnya hardcopynya dibuat rangkap 3 dan dikirim atau dibawa langsung ke Gedung PPS Unsyiah dengan tujuan surat kepada Program PMDSU PPS-Unsyiah, alamat Jl. Tgk Chik Pante Kulu No. 5 Komplek Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh 23111
  5. Pendaftaran pada PPs-Unsyiah dibuka sampai tanggal 13 Agustus 2015, pukul 10.00 WIB
  6. Pelamar PMDSU hanya diperbolehkan mengajukan usulan kepada satu perguruan tinggi (PT) penyelenggara PMDSU.

V. Ketentuan Penerima Beasiswa PMDSU

  1. Kepada mahasiswa yang memenuhi kriteria dan lulus seleksi akan diberikan beasiswa yang meliputi: biaya hidup, biaya pembelian buku, biaya penelitian,dan/atau biaya penyelenggaraan pendidikan.
  2. Beasiswa tidak diberikan kepada pelamar yang pernah menerima BPPS, BU, atau Beasiswa Luar Negeri Dikti pada jenjang pendidikan pascasarjana yang sama.
  3. Beasiswa tidak diberikan kepada mereka yang sedang menerima beasiswa lain yang bersumber dari dana Pemerintah Republik Indonesia.
  4. Penerima Beasiswa PMDSU yang melanggar ketentuan-ketentuan tersebut di atas dikenakan sanksi berupa pengembalian dana beasiswa sebesar dua kali jumlah yang dikeluarkan oleh Pemerintah ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) melalui mekanisme pengembalian yang berlaku.

VI. Kontak Informasi

Informasi lebih lanjut silakan hubungi alamat berikut:
Nasrul Arahman
PMDSU Gedung PPS-Unsyiah
Jl. Tgk Chik Pante Kulu No. 5 Komplek Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh 23111
E-mail : nasrular@unsyiah.ac.id, Hp : 081363600197