Advertisement

Daftar Beasiswa Kuliah 2016 - Peluang beasiswa kuliah berikut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berencana mengambil studi tahun depan atau 2016. Jumlah beasiswa yang tersedia sebenarnya cukup banyak, terutama beasiswa di luar negeri. Tinggal lagi memilih dan menentukan beasiswa yang sesuai kebutuhan. Sebagian beasiswa kuliah lainnya pernah diulas pada tulisan beasiswa 2016.


Kali ini daftar beasiswa kuliah 2016 kami angkat lagi untuk menyediakan lebih banyak pilihan dan tawaran yang bisa diikuti. Pada umumnya beasiswa yang tersedia adalah beasiswa rutin, dibuka tiap tahun atau tersedia per periode. Sehingga terbuka peluang untuk dicoba hingga beberapa kali. Tentunya akan sangat baik lagi bila sekali mencoba, langsung bisa diterima. 

Beasiswa Kuliah S1

Beasiswa Kuliah di Utrecht University
Utrecht University menawarkan beasiswa kuliah yang ditujukan bagi siswa internasional. Bagi Anda yang berminat melanjutkan kuliah di Belanda, peluang beasiswa S1 dari kampus ini mungkin bisa dipertimbangkan. Beasiswa di Utrecht University tersebut ditawarkan melalui Utrecht Excellence Scholarships. Penerimanya selain memperoleh tanggungan biaya kuliah, juga diberikan tunjangan hidup per tahun sebesar 11.000 Euro. Pelamar tidak perlu mengajukan beasiswa secara terpisah. Saat mendaftar di salah satu program di Utrecht University (www.uu.nl) dan mengisi aplikasi, pelamar diminta untuk menandai beasiswa mana yang diminati. Pendaftaran program sarjana diajukan sebelum 1 April untuk dipertimbangkan dalam beasiswa.

Beasiswa Kuliah di Korea National University of Arts
Jika Anda ingin mendalami dunia seni, beasiswa kuliah yang disediakan Korea National University of Arts ((K’ARTS) bisa menjadi pilihan menarik. K’ARTS memberikan beasiswa bagi peminat internasional yang ingin studi di kampus mereka. Beasiswa yang diberikan di antaranya meliputi tiket pesawat pp Korea, tunjangan bulanan sebesar 700.000 won, tanggungan penuh kursus bahasa Korea, tanggungan biaya kuliah, asuransi kesehatan, serta perumahan. Pendaftaran biasanya sudah tersedia pada pertengahan tahun melalui laman K’ARTS (http://eng.karts.ac.kr). Cara mendaftar lihat tulisan sebelumnya.

Beasiswa Kuliah di Qatar University
Qatar University tiap tahun menyediakan beasiswa kuliah S1 yang dapat diikuti oleh pelamar internasional. Bagi Anda yang berminat kuliah di negeri minyak ini, Qatar University menyediakan 400 kuota setiap tahun yang dapat diperebutkan. Beasiswa berupa tanggungan biaya kuliah, selain itu disediakan juga asrama mahasiswa, biaya transportasi ke universitas, serta tiket pesawat tahunan jika ingin pulang ke negara asal. Pendaftaran biasanya sekitar April atau Mei melalui laman Qatar University (www.qu.edu.qa). 

Beasiswa Kuliah di Rusia
Pemerintah Federasi Rusia menyediakan beasiswa S1 bagi mereka yang ingin kuliah di universitas-universitas Rusia. Beasiswa ini membebaskan biaya pendidikan di perguruan tinggi Rusia dan menerima ratusan kandidat asal Indonesia tiap tahunnya. Meski demikian, kebutuhan lain seperti biaya hidup, biaya perjalanan, dll masih harus didanai sendiri atau melalui sponsor. Pendaftaran melalui website Pemerintah Rusia (idn.rs.gov.ru) biasanya sudah bisa dilakukan awal tahun atau Januari. Penjelasan lebih lanjut bisa ditemukan di daftar beasiswa yang dimuat www.beasiswapascasarjana.com sebelumnya.

Beasiswa Kuliah di Boston University
Boston University, AS bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengajukan aplikasi beasiswa S1. Ada beberapa pilihan beasiswa kuliah yang tersedia bagi pelamar internasional, seperti Indonesia. Salah satunya Trustee Scholarship. Beasiswa ini full tanggungan biaya kuliah serta biaya wajib lainnya yang harus dikeluarkan saat menjalani studi di Boston University. Pengajuan aplikasi paling lambat 1 Desember setiap tahunnya melalui laman Boston University (www.bu.edu). Cara aplikasi sudah dimuat sebelumnya.

Beasiswa Kuliah di Stenden University Bali
Bagi Anda yang berminat mengambil kuliah S1 perhotelan dan bisnis, penawaran dari Stenden University Bali juga layak dipertimbangkan. Ada dua pilihan beasiswa. Beasiswa pertama ditujukan bagi siswa kurang mampu. Pelamar terpilih akan memperoleh beasiswa penuh dari Stenden University Bali yang mencakup semua biaya studi wajib hingga USD 40.000 selama 4 tahun. Sementara, beasiswa kedua ditujukan bagi siswa berprestasi yang unggul dan berpotensi. Beasiswa yang disediakan berupa beasiswa parsial yang menyediakan potongan biaya kuliah. Mulai dari 25 persen, 50 persen, 75 persen, hingga 100 persen. Pendaftaran melalui laman Stenden University Bali (www.stenden.com/bali) biasanya sudah bisa dilakukan pada Mei.

Beasiswa Kuliah di Australian National University
Salah satu universitas yang menyediakan beasiswa kuliah di Australia adalah Australian National University (ANU). Bagi para lulusan SLTA yang berminat mengambil S1 di ANU (www.anu.edu.au) bisa mencoba tawaran ini. Peluang tersedia melalui ANU International University Scholarship. Beasiswa disediakan dalam bentuk tanggungan biaya kuliah (tuition fee) selama durasi program untuk semua bidang studi, serta asuransi kesehatan khusus bagi mahasiswa internasional (OSHC). Umumnya pendaftaran dibuka dua kali setahun dan sudah mulai tersedia pada awal tahun melalui laman universitas.

Beasiswa Kuliah di Jepang
Peluang beasiswa kuliah di Jepang ini disediakan Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Institute for Indonesia’s Future Excellence. Sasarannya adalah para lulusan madrasah aliyah negeri/swasta yang ingin melanjutkan kuliah S1 di Jepang. Beasiswa berupa kompetisi meliputi bidang sains dan ilmu sosial. Siswa pemenang kompetisi akan mendapatkan beasiswa biaya hidup dari Kementerian Agama RI dan beasiswa uang kuliah dari universitas Jepang. Pendaftaran melalui website Kemenag sebelumnya sudah tersedia pada April.

Beasiswa Kuliah di Sheffield Hallam University
Program beasiswa di Sheffield Hallam University, Inggris ini disediakan melalui Transform Together Scholarships. Bagi pelamar S1 disediakan beasiswa berupa potongan biaya kuliah sebesar 50 persen. Pendaftaran biasanya sudah tersedia bulan Maret dan terbuka bagi kandidat internasional, seperti Indonesia.

Beasiswa Kuliah S1 Mitsui-Bussan
Skema beasiswa kuliah S1 di Jepang ini ditawarkan Mitsui & Co. Ltd melalui Mitsui-Bussan Scholarship Program for Indonesia. Program beasiswa tersebut menjaring para lulusan SLTA di Tanah Air untuk melanjutkan studi S1 di universitas-universitas Jepang. Cukup banyak fasilitas yang disediakan bila terpilih, di antaranya tunjangan biaya hidup bulanan sebesar 145.000 Yen, biaya transportasi untuk tiket pesawat Jakarta-Jepang dan sebaliknya, tunjangan kedatangan sebesar 50.000 Yen,  tanggungan biaya kuliah dan kursus bahasa di Jepang, akomodasi, makanan, serta biaya lain yang diperlukan. Pendaftaran biasanya dibuka awal Maret.

Beasiswa Kuliah S2

Beasiswa Kuliah di University of Adelaide
University of Adelaide terbilang rutin menawarkan beasiswa kuliah S2. Melalui skema Adelaide Scholarships International (ASI), Anda bisa merebut beasiswa S2 di kampus tersebut. Tanggungan biaya kuliah diberikan selama dua tahun bagi kandidat terpilih yang mengambil gelar Master Degree by Research. Selain itu disediakan pula biaya hidup $ 25.849 per tahun dengan jangka waktu dua tahun untuk beasiswa S2. Jika peraih beasiswa memegang visa subclass 574 juga memperoleh asuransi kesehatan, termasuk untuk pendamping dan tanggungan yang ditetapkan sesuai standar Overseas Student Health Cover (OSHC) Worldcare. Pemohon bisa mendaftar secara online melalui laman University of Adelaide. Pendaftaran dibuka tiga kali setahun.

Beasiswa Kuliah di Leiden University
Penawaran beasiswa S2 di Leiden University salah satu yang diumumkan rutin bagi pelamar internasional, seperti Indonesia. Namanya Leiden University Excellence Scholarship programme (LExS). Semua perkuliahan bergelar MA, MSc, dan LLM di universitas tersebut bisa dilamar dengan mengikuti beasiswa LExS. Beasiswa LExS diberikan berupa biaya kuliah, mulai parohan hingga full. Nilai beasiswa yang diperoleh tersebut bergantung pada penilaian seleksi, serta ketersediaan dana di masing-masing fakultas. Mulai dari € 10.000, € 15.000, serta tanggungan biaya kuliah penuh. Permohonan beasiswa cukup diajukan bersama pendaftaran ke Leiden University (www.leidenuniv.nl). Pelamar tidak perlu mengajukan aplikasi terpisah.

Beasiswa Kuliah di Malaysia
Program beasiswa ini terbilang rutin ditawarkan Pemerintah Malaysia. Malaysian Technical Cooperation Programme (MTCP) – ASEAN Masters Scholarship. Beasiswa MTCP bagi warganegara ASEAN untuk mengambil S2 di universitas-universitas Malaysia. Penerima beasiswa MTCP akan memperoleh beasiswa S2 penuh yang meliputi tiket pesawat ke Malaysia, biaya kuliah, tunjangan pemeliharaan bulanan, biaya tahunan untuk buku dan perjalanan domestik, asuransi kesehatan, hibah untuk instalasi dan pemutusan, tunjangan tesis, dan visa. Permohonan beasiswa dilakukan secara online di laman Kementerian Pendidikan Malaysia. Pendaftaran biasanya dibuka Juni.

Beasiswa Kuliah di University of Westminster
Bagi Anda yang mengincar beasiswa kuliah di Inggris, penawaran beasiswa dari University of Westminster ini bisa menjadi salah satu pilihan. Westminster International Scholarships. Program beasiswa S2 ini dibuka dua kali setahun bagi pelamar yang ingin mengambil program master full-time di University of Westminster. Pemenang beasiswa akan mendapatkan tanggungan penuh biaya kuliah, juga diberikan akomodasi, biaya hidup, serta tiket pesawat pp ke London. Pendaftaran biasanya dilakukan mulai awal tahun dan pertengahan tahun. Teknis pendaftaran lebih lanjut bisa ditemukan di laman muka beasiswapascasarjana.com pada menu berdasarkan negara “Inggris”.

Beasiswa Kuliah di University of Melbourne
University of Melbourne tak kalah gencarnya dalam menawarkan sejumlah program beasiswa bagi mahasiswa internasional. Lebih dari 150 kuota disediakan melalui Melbourne International Research Scholarships (MIRS). Beasiswa di antaranya meliputi tunjangan hidup setiap dua minggu, dana relokasi di Melbourne, tunjangan penelitian, dan bantuan dana jika sakit, hamil, atau cuti mengasuh anak. Selain itu disediakan asuransi kesehatan bagi mahasiswa internasional (OSHC) untuk keanggotaan tunggal. Sedangkan biaya pendidikan (tuition fee) menjadi tanggungan kandidat terpilih. Pendaftaran beasiswa melalui laman universitas (my.unimelb.edu.au) dilakukan dua kali setahun. Permohonan yang diajukan sebelum 31 Oktober (putaran 1) dan aplikasi yang diajukan sebelum 31 Mei (putaran 2).

Beasiswa Kuliah di Jerman
Beragam beasiswa kuliah di Jerman bisa diikuti tiap tahun. Salah satu yang paling dikenal adalah beasiswa DAAD. Beasiswa ini memiliki beragam jenis, di antaranya adalah Scholarships for Development-Related Postgraduate Courses atau lebih sering disebut Beasiswa Epos. Beasiswa ditujukan bagi para profesional di negara berkembang yang memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun. Bisa dari pemerintahan, BUMN, atau perusahaan swasta. Beasiswa terbuka untuk kuliah S2 di Jerman. Pengajuan beasiswa langsung ditujukan ke universitas. Deadline berkisar September – November.

Beasiswa Kuliah di University of Bradford
Beasiswa kuliah S2 lainnya yang tersedia di Inggris adalah University of Bradford Global Development Scholarship. Beasiswa ini ditujukan bagi warganegara berkembang yang ingin melanjutkan studi S2 di University of Bradford. Kandidat terpilih akan mendapatkan tanggungan biaya kuliah penuh (tuition fee), akomodasi, plus biaya hidup setiap tahun sebesar £3.500 yang dibayarkan bertahap. Total nilai dari masing-masing beasiswa sekitar £20.000. Pelamar dapat mengajukan permohonan beasiswa terlebih dahulu, sebelum mendaftar ke University of Bradford (www.bradford.ac.uk). Pendaftaran beasiswa biasanya sudah bisa dipantau Maret atau April.

Beasiswa Kuliah di UNIST
Bagi peminat beasiswa kuliah di Korea, beasiswa dari Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) mungkin bisa dicoba. Melalui School of Urban and Environmental Engineering, UNIST menawarkan UNIST Scholarships for MS and PhD Position in Republic of Korea. Beasiswa ini khusus bagi kandidat internasional, seperti Indonesia. Beasiwa ini berdurasi dua tahun untuk master yang meliputi tanggungan penuh biaya kuliah dan biaya hidup di Korea. Selain itu disediakan pendanaan untuk konferensi tahunan. Pendaftaran beasiswa dilakukan dua kali setahun.

Beasiswa Kuliah di MIST
Peluang beasiswa kuliah S2 ini tersedia di Masdar Institute of Science and Technology (MIST), Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). 10 beasiswa penuh jenjang master tersedia bagi mahasiswa terbaik asal Indonesia. MIST bekerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT), sehingga lulusan MIST akan menerima sertifikat MIT yang menyatakan kesataraan akademik antara MIST dan MIT. Beasiswa yang diberikan mencakup 100 persen biaya kuliah, buku, laptop, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, tiket pulang, tempat tinggal, termasuk penggantian biaya ujian tes GRE dan TOEFL. Pendaftaran biasanya sudah ditutup sebelum 31 Mei dan dapat ditanyakan melalui email KBRI Abu Dhabi.

Beasiswa Kuliah di Taiwan
Program beasiswa kuliah di Taiwan ini cukup rutin ditawarkan. Namanya Taiwan ICDF Higher Education Scholarship Program yang disediakan oleh Taiwan ICDF. Selain biaya kuliah dan biaya hidup, beasiswa Taiwan ICDF juga menyediakan tiket penerbangan PP ke Taiwan serta asrama mahasiswa untuk tempat tinggal. Tunjangan hidup bulanan diberikan sebesar NT$ 15.000 atau setara US$ 500 bagi mahasiswa program master. Beasiswa diberikan selama 2 tahun untuk program master. Sebelum mengajukan beasiswa ini, pelamar terlebih dahulu juga diminta mendaftar ke universitas yang diminati. Pendaftaran online beasiswa melalui laman Taiwan ICDF (www.icdf.org.tw) biasanya sudah harus dilakukan sebelum pertengahan Maret.

Beasiswa Kuliah S3

Beasiswa Kuliah SEARCA
Seperti halnya beasiswa S2, beasiswa kuliah S3 juga tersedia cukup banyak. Program beasiswa SEARCA satu di antara yang rutin ditawarkan. Beasiswa ini ditujukan bagi pegawai tetap pemerintah, lembaga penelitian, serta perguruan tinggi yang ingin melanjutkan S2 atau S3 di salah satu universitas anggota SEARCA (Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture), di antaranya UGM, IPB, dan UPM. Penerima beasiswa SEARCA akan memperoleh tanggungan full biaya studi yang melipui uang saku, biaya kuliah, tunjangan perjalanan internasional dan domestik, dukungan tesis/disertasi, tunjangan buku, serta asuransi kesehatan. Pelamar dapat mengirimkan langsung dokumen aplikasi yang diperlukan melalui Kementerian Pendidikan atau perguruan tinggi.

Beasiswa Kuliah di University of Canterbury
Bagi Anda yang mencari beasiswa kuliah S3 di New Zealand. Penawaran dari University of Canterbury bisa juga untuk diikuti. Nama programnya UC International Doctoral Scholarship. Beasiswa full yang meliputi biaya kuliah, biaya hidup, dan tunjangan perjalanan untuk studi di salah satu universitas New Zealand tersebut. Durasi beasiswa berlangsung selama tiga tahun dengan tunjangan hidup sebesar $ 21.000 per tahun. Pendaftaran beasiswa melalui laman University of Canterbury (www.canterbury.ac.nz) bisa dilakukan secara online yang biasanya dimulai pada pertengahan Agustus.

Beasiswa Kuliah di Singapura
Jika Anda melihat update beasiswa Singapura sebelumnya, penawaran beasiswa kuliah S3 di Singapura ini akan mudah ditemui. Programnya dinamai Singapore International Graduate Award  (SINGA). Beasiswa ditujukan bagi kandidat internasional yang ingin mengambil studi S3 di Singapura. Beasiswa SINGA sendiri merupakan hasil kolaborasi sejumlah lembaga dan universitas di Singapura. Per tahunnya disediakan alokasi 240 beasiswa dengan durasi selama empat tahun. Selain biaya pendidikan ditanggung penuh, diberikan pula biaya hidupm tunjangan penyisihan saat pertama kali tiba, serta biaya tiket penerbangan. Pengajuan beasiswa dilakukan secara online (www.a-star.edu.sg) sebelum 1 Januari untuk perkuliahan yang dimulai Agustus.

Beasiswa Kuliah PMDSU
Beasiswa PMDSU Dikti cukup baru ditawarkan. Namun, program ini menarik karena menawarkan beasiswa S3 bagi masyarakat umum setelah menyelesaikan S1 mereka. Anda yang mengincarnya untuk beasiswa 2016 juga bisa mempertimbangkannya. Beasiswa ini ditujukan bagi lulusan sarjana terbaik (fresh graduate) di tanah air yang ingin menjadi dosen dengan menempuh pendidikan hingga doktor (S3) selama empat tahun. Jika diterima, Anda akan menandatangani kontrak dengan Dikti sebagai calon dosen. Beasiswa PMDSU di antaranya meliputi biaya riset di kelompok peneliti/promotor, outsourcing fasilitas riset di dalam dan luar negeri, biaya seminar, biaya pendidikan (SPP/UKT), biaya hidup dan tunjangan mahasiswa, dan biaya administrasi. Pendaftaran melalui laman PMDSU Dikti (beasiswa.dikti.go.id/pmdsu) sebelumnya dilakukan mulai Mei hingga pertengahan Juli.

Beasiswa Kuliah di University of Sydney
University of Sydney, Australia menawarkan beragam pilihan beasiswa bagi kandidat internasional. Salah satunya beasiswa kuliah S3 di Faculty of Science di kampus tersebut. Beasiswa terdiri dari biaya kuliah penuh di University of Sydney ditambah uang saku sebesar $25.849 per tahun untuk jangka waktu tiga tahun. Serta kemungkinan perpanjangan hingga enam bulan kemudian. Beasiswa S3 sain tersebut bisa diperoleh melalui tawaran The Dean’s International Postgraduate Research Scholarships for the Faculty of Science. Pendaftaran dibuka dua kali setahun paling lambat 30 April dan 30 November. Cara pendaftaran bisa dilihat di update beasiswa Australia sebelumnya.

Beasiswa Kuliah di New Zealand
Pemerintah New Zealand menyediakan beberapa skema beasiswa kuliah yang dapat diikuti oleh pelamar dari Indonesia. New Zealand International Doctoral Research Scholarship (NZIDRS) satu di antaranya. Tidak saja menyediakan biaya kuliah penuh, namun juga menanggung tunjangan hidup bulanan (NZ$25.000 setahun), serta asuransi kesehatan (NZ$600 setahun). Beasiswa tersebut disediakan selama 36 bulan atau tiga tahun untuk durasi program doktor. Pelamar dapat memilih satu dari delapan universitas di New Zealand yang ditetapkan, seperti UT University, Lincoln University, Massey University, University of Auckland, dll. Pendaftaran biasanya paling lambat pertengahan Juli.

Beasiswa Kuliah di University of Cambridge
Namanya selalu masuk di deretan universitas terbaik. Ya, University of Cambridge. Setiap tahun, universitas terkemuka di Inggris ini menyediakan beasiswa S3 bagi kandidat internasional yang ingin mengenyam studi di kampus tersebut. Salah satu beasiswa S3 yang bisa diikuti tersebut adalah Cambridge International Scholarship Scheme (CISS). Sekitar 80 kuota disediakan tiap tahun. Beasiswa tersebut sudah menanggung biaya penuh perkuliahan dan biaya pemeliharaan selama menjalani studi. Durasi beasiswa diberikan maksimal tiga tahun. Untuk mendaftar beasiswa, pelamar harus mendaftar terlebih dahulu sebagai mahasiswa pascasarjana di University of Cambridge. Pendaftaran beasiswa dilakukan paling lambat awal Desember.

Beasiswa Kuliah di University of Oregon
University of Oregon, AS menawarkan beasiswa kuliah S3 bagi kandidat internasional. Tawaran ini dibuka melalui International Cultural Service Program (ICSP) Scholarships. Beasiswa ICSP lebih spesifik ditujukan bagi mereka yang membutuhkan keuangan untuk studi yang dibuktikannya ke pihak universitas. Beasiswa yang disediakan berupa biaya kuliah. Nilainya $ 9.000 - $ 27.000. Setelah terpilih, ICSP akan melibatkan para penerima beasiswa dalam layanan atau kegiatan budaya di Amerika Serikat. Pengajuan beasiswa biasanya sudah harus dilakukan sebelum pertengahan Januari. Teknisnya bisa ditemukan pada update beasiswa Amerika sebelumnya.

Beasiswa Kuliah di University of Oxford
Clarendon Fund adalah salah satu beasiswa jenjang pascasarjana yang tersedia tiap tahun di University of Oxford. Beasiswa ini siap mendanai kuliah S3 bagi kandidat internasional berprestasi di University of Oxford. Selain menanggung biaya penuh perkuliahan, juga disediakan biaya hidup selama menjalani studi di Inggris. Beasiswa dibuka untuk semua jurusan di University of Oxford, baik penuh waktu maupun paruhan. Pengajuan beasiswa cukup mudah. Pelamar hanya diminta untuk mendaftar di program pascasarjana University of Oxofrd (www.ox.ac.uk). Secara otomatis, aplikasi yang diajukan tersebut akan dipertimbangkan untuk beasiswa Clarendon. Pendaftaran biasanya paling lambat Januari.

Beasiswa Kuliah di KAUST
Program beasiswa S3 satu ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang mengincar beasiswa kuliah 2016. King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) setiap tahun memberi beasiswa bergengsi bagi mahasiswa internasional. Beasiswa ini tersedia melalui skema KAUST Fellowship. Penerima beasiswa akan mendapatkan tanggungan penuh biaya kuliah, tunjangan hidup $20.000-$30.000 per tahun, tempat tinggal, asuransi kesehatan, tiket pesawat pulang pergi Indonesia, dan tawaran menarik lainnya, seperti kesempatan riset bersama profesor ternama dunia, kolaborasi riset dengan perusahaan besar dunia seperti Saudi Aramco, Boeing, Schlumberger, dll. Normalnya, untuk perkuliahan yang dimulai Januari di KAUST (www.kaust.edu.sa), deadline pendaftaran adalah 1 November. Bagi yang ingin studi mulai September deadline pendaftaran adalah 15 Januari.