Advertisement

KERANGKA ACUAN KERJA
FASILITATOR LOKAL – POIGAR, SULAWESI UTARA

Posisi               :      Lokal Fasilitator
Pelaporan        :      Team Leader Commodities and Climate Change
Lokasi              :      Poigar, Sulawesi Utara

Latar Belakang
SNV Netherlands Development Organization adalah sebuah organisasi nirlaba internasional yang berdiri di Belanda hampir 50 tahun yang lalu. SNV telah menjalin hubungan jangka panjang dan hadir di 39 negara-negara miskin di Asia, Afrika dan Amerika latin.

Tim kami yang terdiri dari tenaga ahli nasional dan internasional bekerja sama dengan mitra lokal untuk memfasilitasi masyarakat, unit bisnis dan organisasi dengan memberikan fasilitasi tentang cara-cara dan pengetahuan berkelanjutan yang dibutuhkan untuk memperbaiki tingkat penghasilan dan memperoleh akses pada penghidupan yang lebih baik.

SNV Indonesia memiliki program dalam rangka meningkatkan kapasitas komunitas masyarakat yang mengusahakan hutan, personel Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yaitu personil yang mengelola hutan pada tingkat tapak, pemerintah dan penyuluh kehutanan dalam pengembangan usaha hutan berbasis masyarakat. Oleh karena itu, SNV Indonesia membutuhkan local facilitator yang merupakan lembaga pemberdayaan masyarakat di setiap lokasi untuk melakukan pendampingan day-to-day kepada masyarakat hutan.

Tujuan
Memberikan dukungan operasional dan teknikal untuk SNV Indonesia di Poigar, Sulawesi Utara dalam rangka peningkatan kapasitas komunitas masyarakat yang mengusahakan hutan, personel KPH, pemerintah dan penyuluh kehutanan dalam pengembangan usaha hutan berbasis masyarakat., sehingga mereka mendapatkan pendapatan yang diharapkan dengan melakukan praktek-praktek yang berkelanjutan

Ruang Lingkup
  • Tenaga survey dan pengumpulan data ke KPH, kantor pemerintah terkait, kelompok tani, desa, pihak swasta, dan lembaga keuangan.
  • Pendamping dan fasilitator untuk desa mitra/kelompok masyarakat.
  • Relasi terhadap pihak terkait terutama menjalin komunikasi dan hubungan dengan pihak KPH, pihak pemerintah dan pihak-pihak lain terkait di lokasi kegiatan.
  • Membantu Tim SNV dalam teknis penyelenggaran kegiatan (training dan workshop).
Aktivitas
  • Kajian Pendahuluan dalam rangka survey dan identifikasi usaha masyarakat berbasis hutan termasuk HTR, HKm yang membutuhkan dukungan pengembangan rencana bisnis dan investasi di KPH, tata kelola KPH, dan ketersedian akses bantuan keuangan.
Dalam kegiatan ini, local facilitator berperan dalam proses pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan kuisioner dan dilakukan dua kali proses pengambilan data oleh tim SNV namun, local facilitator akan membantu memperkaya data lapangan.
  • Fasilitasi personil KPH, Penyuluh Kehutanan dan Penyuluh Kehutanan Swadaya.
Dalam kegiatan ini akan dikembangkan modul berisi tentang skema pemberdayaan masyarakat, kelembagaan, pembuatan rencana bisnis dan SVLK. Local facilitator berperan dalam memberikan dukungan dan berpartisipasi dalam kegiatan training di setiap KPH. Selanjutnya, local facilitator akan secara mandiri melakukan follow up training melalui kunjungan ke desa/kelompok terpilih.
  • Fasilitasi desa/kelompok masyarakat terpilih untuk mengembangkan rencana bisnis dan investasi.
Pada kegiatan ini, local facilitator akan membantu dalam pendampingan kelompok masyarakat terpilih. Materi pendampingan meliputi kelembagaan, pengelolaan keuangan seperti pembukuan dan perencanaan keuangan, serta pembuatan rencana bisnis. Jika diperlukan pendampingan juga meliputi proses sertifikasi SVLK. Kegiatan ini juga dilakukan bersama dengan KPH dan peserta training sebelumnya.
  • Identifikasi akses usaha masyarakat terhadap skema bantuan keuangan.
Pengambilan data dan informasi akan dilakukan bersama-sama dengan tim SNV, yang kemudian local facilitator akan membantu melengkapi data selanjutnya. Local facilitator juga akan membantu SNV dalam persiapan kegiatan workshop terkait.

Pelaporan Kegiatan (Deliverables)
Membuat laporan periodik kegiatan yang dilaporkan kepada Team Leader Commodities and Climate Change dan memastikan pendokumentasian aktivitas yang telah dielaborasikan diatas meliputi:
  • Laporan pengumpulan data survey dan identifikasi kelompok tani hutan. 
  • Laporan kajian baseline kelompok tani hutan dampingan. 
  • Laporan follow-up training untuk personil KPH dan penyuluh kehutanan masyarakat. 
  • Bisnis plan kelompok tani hutan dampingan. 
  • Laporan identifikasi akses keuangan untuk kelompok tani hutan
Pengalaman Kerja
Minimal lima tahun memiliki pengalaman berkegiatan di bidang pendampingan pengembangan sosial ekonomi dan kelembagaan di tingkat masyarakat.

Proses Aplikasi
Kirim surat pengantar dan proposal yang menunjukkan ketertarikan terhadap kegiatan ini melalui email ke procurement.snv@gmail.com dengan subject “Local Facilitator – Poigar”. Batas waktu pengiriman tanggal 12 Agustus 2015.