Advertisement

(REKRUITMENT PANITIA SUKARELA)

Rapat Tim Inti Hari Selasa, 1 September 2015 akhirnya menyepakati Rencana Program Nasional “Gerakan Cinta Danau Toba”, 27-30 Desember 2015:
  • Kuliner Khas Kawasan Danau Toba Hari Pertama s.d Hari keempat. 
    • Masing-masing daerah menampilkan kuliner khas dari masing-masing daerah, baik dalam bentuk snack, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Pada akhir kegiatan ditentukan kuliner terbaik versi masyarakat, terenak, stand terbaik, tersehat, dll.
  • Jelajah Wisata (4 pilihan dan bebas: alam, budaya, geopark, atau rohani), Hari Pertama s.d. Hari Keempat. 
    • Masyarakat umum dari berbagai pelosok nusantara dapat mengikuti kegiatan ini.
  • Fun and Clean Day “Bersihkan, Tanam, dan Tabur”, Hari kedua. 
    • Mengajak seluruh masyarakat di seluruh kawasan untuk bersama-sama mendengarkan pemaparan singkat maksud dan tujuan program ini serta penjelasan pelaksanaan Kegiatan Fun and Clean Day (yang meliputi olah raga ringan jalan kaki bersama, sambil melakukan pembersihan yang dilakukan secara serentak di seluruh tepian Danau Toba). Selanjutnya dilakukan kegiatan penanaman pohon (Green Day), dan penaburan bibit ikan (Sowing fish).
  • Heart to Heart Session Day “Dialog Damai, Cinta, dan Membangun Harapan”, Hari Kedua. 
    • Pemaparan dan dengar pendapat (sharing dan diskusi) yang dilakukan secara serentak di seluruh 8 kabupaten di Kawasan Danau Toba. Fokus diskusi dengan materi yang sama terkait seputar Kawasan Danau Toba dari dulu, saat ini dan harapan di masa depan. Panelis diharapkan dapat memimpin proses diskusi dengan peserta yang terdaftar, sehingga dapat menghasilkan pemikiran/ide untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi Pemerintah dan bagi pengurus YPDT untuk ditindak lanjuti. Anggota Panelis diharapkan merupakan kombinasi Putra Daerah, pemda setempat dan Pengurus YPDT (perwakilan dan Jakarta)
  • Celebration and Appreciation “Ajang pengungkapan kreativitas Seni dan Budaya masyarakat, Apresiasi Pelestari Lingkungan”. Hari Ketiga. 
    • Mengungkapkan rasa syukur dan menyatakan rasa bangga akan seni dan budaya, kreatifitas, talenta, dan keindahan kawasan danau toba yang harus di perbaiki dan di pelihara ke seluruh Dunia. Memberikan penghargaan yang sifat dan tujuannya adalah mendorong untuk terus melakukan dan semakin baik, serta menginspirasi masyarakat lainnya untuk melakukan paling tidak sama dengan yang sudah dilakukan oleh masyarakat sebelumnya.Targetnya adalah masyarakat yang langsung berbuat/action dengan upaya penyelamatan dan perbaikan Kawasan Danau Toba.
  • Perayaan Natal, Doa Bersama Lintas Iman, dan Penyalaan Lilin Terang di Kawasan Danau Toba, Hari Keempat. 
    • Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan mohon campur tangan Tuhan dalam membuka hati dan fikiran serta menuntun semua pihak agar terketuk pintu hatinya untuk ikut bersama-sama menyelamatkan dan membangun Kawasan Danau Toba sesuai dengan yang direncanakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemeritah Kabupaten, keinginan masyarakat di Kawasan Danau Toba dan Peran serta YPDT dalam mewujudkan KOTA BERKAT DI ATAS BUKIT. Mid Night Event dan pelepasan lilin ke Danau Toba yang dilakukan secara serentak di seluruh tepian Danau Toba.
Perlu disampaikan bahwa dibutuhkan Panitia secara Sukarela untuk melaksanakan agenda tersebut. Agenda tersebut adalah dari kita, oleh kita, dan untuk kita semua. Ada beberapa nama yang sudah kami catat dari rekruitmen sebelumnya. Kami masih membuka kembali jikalau ada diantara Bapak/Ibu/Saudara-Saudari yang berminat menjadi panitia dalam kegiatan tersebut.

Silahkan Kirim nama lengkap, alamat, email dan nomor kontak yang bisa dihubungi ke Yayasan Pencinta Danau Toba atau email: yayasan.pencinta.danau.toba@gmail.com

Secara garis besar, tugas-tugas Panitia sebagai berikut:
Panitia di Jakarta
  • Membuat Kebijakan Umum Strategis Program, melakukan Standarisasi Pelaksanaan Kegiatan Program (meliputi desain, proses, kontrol & pelaporan), dan berkoordinasi dengan panitia di Kawasan menyesuaikan dengan bidang-bidang yang ada.
Panitia 8 Kabupaten di Kawasan Danau Toba)
  • Memastikan pengorganisasian masyarakat dan paket wisata sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) yang ada; melakukan sosialisasi, koordinasi, dan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat (gereja, tokoh adat, dll) di pinggir Kawasan Danau Toba untuk terlibat dan menjadi tuan rumah acara; dan Menyiapkan penyelenggaraan acara yang dipusatkan di setiap kabupaten di Kawasan Danau Toba dapat berjalan baik dan lancar.
Panitia di luar Kawasan Danau Toba (Indonesia dan Internasional):
  • Mempromosikan kegiatan dan mengkoordinir peserta di wilayahnya untuk mengikuti kegiatan “Gerakan Cinta Danau Toba” BETA MULAK TU HUTA, OTA MULIH KU KUTA, ITAKE MULAK MI KUTA, ETAH NASIAM MULAK HU HUTA.