Advertisement

Koalisi Rakyat untuk Hak atas Air (KRuHA) merupakan organisasi yang  berdiri pada tahun 2002 sebagai  respon kelompok masyarakat sipil di Indonesia terhadap pinjaman dari Bank Dunia untuk sektor air yang bernama Water Resources Sector Structural Adjustment Loan (WATSAL).

Saat ini anggota  KRuHA berjumlah 45 lembaga dan 70 Individu dan telah melakukan aktivitas advokasi khususnya untuk sektor sumberdaya air di Indonesia.  Saat ini KRuHA membutuhkan beberapa peneliti untuk membantu KRuHA melakukan penelitian terkait Sumber Daya Air (SDA) pasca penghapusan seluruh pasal dalam UU Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air (SDA) pada 18 Februari 2015  yang dianggap bertentangan dengan prinsip sumber daya alam yang harus dikuasai negara dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Penelitian ini akan terdiri atas 4 orang peneliti yang terdiri dari 1 koordinator peneliti dan 3 orang anggota tim peneliti. Penelitian ini akan berlangsung selama 2,5  bulan yaitu Oktober – Desember 2015. 

Hasil yang diharapkan dari penelitian ini antara lain adalah sebagai berikut :
  • Tersusunnya acuan resmi peta alokasi hak atas air dan hak guna air berdasarkan kajian atas data dan informasi dari pemerintah, swasta, dan ahli. 
  • Adanya review ijin investasi swasta di sektor air dan mekanisme partisipasi publik untuk mengawasi tata kelola hak alokasi air dan hak guna air.
  • Adanya hasil kajian komparatif hukum di Perancis dan Afrika Selatan, dan dampak ekonomi sosial dari investasi swasta sektor air di Indonesia 
  • Adanya rekomendasi integrasi data dan informasi tentang tata kelola air untuk hak alokasi air dan hak guna air yang dapat diakses publik untuk pengawasan
  • Adanya rumusan sistem pelibatan publik dalam pengawasan tata kelola hak alokasi air dan hak guna air.
Persyaratan :
  • Memiliki kesamaan visi dan misi dengan KRuHA 
  • Memiliki motivasi, orientasi dan integritas dalam bekerja untuk  advokasi sektor Sumber Daya Air (SDA) di Indonesia
  • Mempunyai latar belakang pendidikan  minimal sarjana (S1) di bidang  hukum, sosial politik atau ekonomi
  • Mempunyai pengalaman pernah melakukan penelitian dan penulisan terkait konstitusi dan  HAM,  Hak atas Air dan Sanitasi,  Ekonomi, Sosial Politik dan Manajemen Pelayanan Publik.
  • Dapat memenuhi batas waktu yang ditetapkan.
Bagi yang berminat dapat mengirimkan lamaran dan CV sebelum tanggal 20 Oktober 2015 dengan ditujukan kepada :
Up. Sigit Karyadi Budiono  di email  sigit.k.budiono@gmail.com
Atau untuk info lebih lanjut  dapat menghubungi HP .0813 1883 5393