Advertisement

SEKILAS TENTANG OXFAM DI INDONESIA
Oxfam merupakan organsiasi konfederasi internasional yang bekerja di lebih dari 100 negara yang bertujuan untuk mencari solusi jangka panjang atas kemiskinan dan ketidak-keadilan, termasuk di Indonesia yang sudah bekerja lebih dari 50 tahun, dibawah Nota Kesepahaman dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, Oxfam di Indonesia fokus pada tiga program utama, yaitu 1) Keadilan Gender (Gender Justice), 2) Keadilan Ekonomi (Economic Justice) dan 3) Hak-hak masyarakat dalam Konteks Krisis Kemanusiaan (Rights in Crisis).

Pada program Rights in Crisis, Oxfam memiliki 4 sub-pogram yaitu; 1) Membangun Ketangguhan terhadap Bencana, 2) Kesiapsiagaan danTanggap Bencana , 3) Kampanye dan Advokasi Nasional bidang Kemanusiaan, dan 4) Pengarus Utamaan Gender dalam Kebencanaan.

Untuk mendukung program Rights in Crisis, kami merasa perlu mengembangkan sebuah system pengelolaan data dan informasi kebencanaan berbasis teknologi yang dapat digunakan juga oleh mitra-mitra kerja di tingkat nasional maupun lokal. Sistem ini diharapkan dapat mendukung pengembangan program kerja yang lebih berkwalitas, tepat sasaran dan menjawab kebutuhan khusus kelompok rentan seperti perempuan, laki-laki, ibu hamil, anak laki-laki, anak perempuan, lansia, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya. Salah satu system pengelolaan data dan informasi yg kami butuhkan saat ini adalah dalam bentuk perangkat lunak.

Perangkat lunak dimaksud berupa sebuah alat pengumpulan data yang dapat digunakan untuk mengumpulkan dan mengirimkan ‘geotagged’ data (berikut photo dan film) pada sebuah website dari perangkat telepon genggam (terutama android).

Secara khusus, alat pengumpul data tersebut memiliki spesifikasi:
  • Berbahasa Indonesia, sehingga masyarakat luas lebih mudah membuat formulir pendataan secara mandiri 
  • Memiliki apikasi windows/web browser untuk fasilitas admin dan aplikasi smartphone/tablet untuk petugas survey. 
  • Memiliki server data base dengan kapasitas dan tingkat koneksi yg memadai 
  • Memiliki sistem keamanan data untuk informasi yang sensitif
Undangan
Untuk itu OXFAM mengundang group perorangan/ perusahaan yang memiliki kemampuan di bidang pengembangan aplikasi teknologi informasi untuk turut serta dalam membangun sebuah perangkat lunak ‘mobile survey’ sesuai kebutuhan tersebut diatas.

Yang berminat diharapkan mengirimkan ‘expression of interest (EI)’ beserta CV/Company profile dan contoh aplikasi yang pernah dibuat ke alamat: jakarta@oxfam.org.uk

Sepuluh EI terbaik akan kami kirimkan penjelasan spesifikasi teknis aplikasi beserta jadwal pelaksanaan pekerjaan sebagai panduan penyusunan proposal.

Expression of Interest, CV/Company profile dan Contoh aplikasi yang pernah di buat  dikirimkan melalui email ke jakarta@oxfam.org.uk 

Batas pengiriman proposal: 31 Desember 2015.

Oxfam works with others to overcome poverty and suffering
Oxfam GB is a member of Oxfam International and a company limited by guarantee registered in England No. 612172.
Registered office: Oxfam House, John Smith Drive, Cowley, Oxford, OX4 2JY.
A registered charity in England and Wales (no 202918) and Scotland (SC 039042)