Advertisement

OXFAM
SEKILAS TENTANG OXFAM DI INDONESIA
Satu dari tiga penduduk dunia hidup dalam kemiskinan. Oxfam bertekad untuk mengubah kondisi tersebut dengan menggerakkan pemberdayaan masyarakat untuk memerangi kemiskinan. Di seluruh dunia, Oxfam berupaya untuk menemukan solusi-solusi praktis dan inovatif guna membantu masyarakat untuk keluar dari kemiskinan dan hidup lebih baik.
Oxfam, dalam tiap upayanya, selalu bekerja bersama organisasi mitra serta bergandengan tangan dengan masyarakat rentan, baik perempuan maupun laki-laki,  untuk mengakhiri ketidakadilan yang menyebabkan kemiskinan.

Di Indonesia, Oxfam bekerja sejak tahun 1957 untuk membantu pengurangan kemiskinan serta memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh kaum miskin maupun kelompok rentan lainnya. OXfam telah menjalin kerja sama yang erat dengan berbagai organisasi nasional dan lokal di berbagai wilayah di Indonesia guna memastikan pemenuhan hak perempuan atas penghidupan bekelanjutan, hak untuk menyuarakan kepentingan dan berpartisipasi dalam mengambil keputusan seta hak untuk memperoleh pelayanan sosial dasar, khususnya dalam pengurangan resiko kebencanaan. Salah satu titik tumpu kampanye Oxfam dalam mendorong keadilan ekonomi di Indonesia pada periode 2014-2015 adalah kampanye tentang pemenuhan hak atas pangan, khususnya bagi para penghasil pangan skala kecil, serta peningkatan kapasitas masyarakat dalam beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dengan mengundang para rekanan dalam membangun aplikasi baru ini adalah terbangunnya semangat yang sama antara organisasi kemanusiaan dan rekanan tentang perlunya produk teknologi informasi yang khas Indonesia yang mampu menjawab tantangan dan kebutuhan bangsa Indonesia.

Sedangkan keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya sebuah aplikasi teknologi informasi berbasis android yang menggunakan bahasa Indonesia yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia secara gratis untuk tujuan pengumpulan dan pengelolaan informasi berbasis handphone dan website serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi.  Selain produk aplikasi, keluaran lainnya adalah adanya petunjuk teknis sederhana yang tertera di dalam website aplikasi tersebut dan dapat diprint dengan mudah oleh para pengguna.

OXFAM mengundang group perorangan/ perusahaan yang memiliki kemampuan di bidang pengembangan aplikasi teknologi informasi untuk dapat turut serta dalam membangun sebuah aplikasi ‘mobile survey’ berbasis android berbahasa Indonesia dengan tingkat keamanan data yg tinggi. Yang berminat diharapkan mengirimkan ‘expression of interest (EoI)’ beserta CV/Company profile  dan contoh aplikasi yang pernah dibuat ke alamat jakarta@oxfam.org.uk.

Sepuluh EoI terbaik akan kami kirimkan penjelasan spesifikasi teknis aplikasi beserta jadwal pelaksanaan pekerjaan sebagai panduan penyusunan proposal.

Expression of Interest, CV/Company profile dan Contoh aplikasi yang pernah di buat dikirimkan melalui email ke jakarta@oxfam.org.uk
Batas pengiriman proposal: 31 Desember 2015.

Oxfam works with others to overcome poverty and suffering
Oxfam GB is a member of Oxfam International and a company limited by guarantee registered in England No. 612172.
Registered office: Oxfam House, John Smith Drive, Cowley, Oxford, OX4 2JY.
A registered charity in England and Wales (no 202918) and Scotland (SC 039042)