Advertisement

LOWONGAN KONSULTAN PERORANGAN PENDAMPING AGEN BANK UMUM PELAKSANA LAKU PANDAI

Gambaran Program:
Pada akhir tahun 2014, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan peraturan tentang pelaksanaan Layanan Keuangan Tanpa Kantor Untuk Inklusi Keuangan (LAKU PANDAI). Dengan diterbitkannya peraturan tersebut diharapkan kelompok masyarakat yang selama ini belum memiliki akses kepada produk dan layanan keuangan bank umum dapat memiliki akses yang lebih baik. Sejak bulan Maret 2015, OJK telah memberikan persetujuan kepada beberapa Bank Umum untuk melaksanakan LAKU PANDAI, dimana Bank Umum tersebut akan memiliki Agen yang akan menyediakan produk dan layanan keuangan untuk kelompok masyrakat yang selama ini belum memiliki akses.

Mercy Corps Indonesia melalui Program Agri-Fin Mobile telah bermitra dengan salah satu Bank Umum yang telah memperoleh persetujuan melaksanakan LAKU PANDAI dan telah bermitra dengan 7 Gabungan Kelompok Tani sebagai Agen Bank Umum untuk menyediakan produk dan layanan keuangan untuk petani. Dalam waktu dekat Mercy Corps Indonesia akan melaksanakan pilot Mobile Financial Services (MFS) untuk petani di salah satu kecamatan di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur dan pelaksanaan pilot direncanakan hingga akhir Mei 2016. Sehubungan dengan rencana pelaksanaan pilot tersebut, Mercy Corps Indonesia memerlukan konsultan perorangan yang akan melakukan pelatihan, mentoring dan monitoring untuk pengurus 7 GAPOKTAN yang telah diresmikan menjadi Agen Bank Umum pelaksana LAKU PANDAI. 

Ringkasan Tugas Konsultan:
Secara umum konsultan bertanggungjawab untuk melakukan training, mentoring dan monitoring untuk pengurus 7 GAPOKTAN yang telah diresmikan sebagai Agen Bank Umum agar petani yang menjadi anggota GAPOKTAN dapat menggunakan produk dan layanan keuangan Bank Umum melalui Agen dan Handphone. Pada tahap awal direncanakan terdapat sekitar 1,200 petani di 7 desa yang menjadi anggota GAPOKTAN akan menjadi penerima manfaat selama pelaksanaan pilot. Pada saat yang sama, Konsultan akan melakukan peningkatan kapasitas pengurus GAPOKTAN yang menjadi Agen Bank Umum agar dapat memiliki pelaporan dan penyusunan rencana pelaksanaan training dan kegiatan promosi untuk anggota GAPOKTAN.

Hasil yang harus dicapai:
  • Rencana pelaksanaan training dan kegiatan promosi untuk petani Anggota GAPOKTAN di 7 desa yang disusun bersama Pengurus GAPOKTAN yang menjadi agen Bank Umum.
  • Rencana mentoring selama 5 bulan pelaksanaan pilot dan melakukan mentoring untuk Pengurus GAPOKTAN yang menjadi agen Bank Umum.
  • Laporan bulanan Pengurus GAPOKTAN yang menjadi mitra Program Agri-Fin Mobile selama pelaksanaan pilot, sesuai standard yang ditentukan Program Agri-Fin Mobile.
  • Melakukan training kepada Pengurus 7 GAPOKTAN berkaitan dengan laporan keuangan dan rencana pengembangan usaha.
  • Dokumentasi pelaksanaan pilot, dalam bentuk stories dan photos.
  • Koordinasi dengan B4K Kabupaten Malang, Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan yang menjadi lokasi pilot dan Kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu Bank Pelaksana LAKU PANDAI
  • Membantu Agri-Fin Program Director membuat laporan pelaksanaan pilot.
Kualifikasi Konsultan:
  • Sarjana dengan latar belakang pendidikan ilmu sosial, ekonomi atau pembangunan pedesaan. 
  • Minimal 3 tahun bekerja sebagai konsultan untuk program-program pembangunan yang fokus dalam pembangunan pedesaan (pengalaman dalam memberikan pelatihan dan mentoring untuk petani dan organisasi petani akan menjadi nilai plus).  
  • Berpengalaman bekerja dengan sektor swasta dan instansi pemerintah di tingkat Kabupaten dan Kecamatan. 
  • Berpengalaman bekerja untuk meningkatkan kapasitas organisasi (pengalaman untuk peningkatan kapasitas organisasi petani akan menjadi nilai plus). 
  • Memiliki keahlian komunikasi yang baik. 
  • Bersedia tinggal di kecamatan di Kabupaten Malang yang menjadi lokasi pelaksanaan pilot.
Aplikasi dan CV dikirimkan ke procurement@id.mercycorps.org sebelum 20 Desember 2015.

Terima kasih