Advertisement

Program beasiswa ini ditujukan buat peneliti yang bergelar minimum PhD. Namanya TWAS Research Grants Programme in Basic Sciences. Beasiswa disediakan oleh TWAS (The World Academy of Sciences), organisasi internasional yang mewadahi ilmuan sains yang berbasis di Trieste, Italia. Lebih tepatnya bantuan yang diberikan berupa hibah.

Nominalnya tegantung pada kategori riset yang diusulkan, di antaranya riset yang diusulkan perseorangan, kelompok, konsorsium, dan riset bersama. Riset perseorangan misalnya, dana hibah yang diberikan TWAS maksimum USD 15.000,  riset secara kelompok atau group maksimum dana hibah USD 30.000, riset secara konsorsium maksimum USD 20.000, dan join riset maksimum USD 15.000.

Beasiswa riset TWAS menyasar peneliti-peneliti dari negara berkembang, salah satunya Indonesia. Berikut dijelaskan bagaimana Anda dapat mengajukan bantuan dana riset tersebut, khususnya buat peneliti perseorangan. Skema beasiswa TWAS bagi peneliti perseorangan ini ditawarkan melalui TWAS Research Grants Programme in Basic Sciences (Individuals). Melalui skema ini, peneliti dapat mengajukan proyek penelitian di bidang ilmu dasar, di antaranya Biologi, Kimia, Matematika, dan Fisika. Organisasi yang menjadi mitra adalah Swedish International Development Cooperation Agency (SIDA).

Program hibah untuk peneliti perseorangan tersebut normalnya berlangsung 18 bulan. Dana hibah penelitian yang diberikan dapat diperuntukkan buat pembelian peralatan ilmiah, bahan habis pakai, dan literatur khusus seperti buku pelajaran. Bantuan tersebut tidak mencakup gaji peneliti, biaya lapangan, atau biaya perjalanan. Tidak juga dapat diperuntukkan untuk pembelian laptop dan hewan laboratorium.

Persyaratan: 
  • Pelamar individu dari negara berkembang. Bergelar PhD. Baru memulai karir, tapi sudah memiliki beberapa pengalaman penelitian. Mempunyai posisi di universitas atau lembaga penelitian dan berusia di bawah 45 tahun
  • Aplikasi dari ilmuan wanita dan sedang bekerja di negara terbelakang sangat dianjurkan
  • Ilmuwan individu yang menyampaikan laporan akhir yang memuaskan pada hibah sebelumnya dapat mengajukan yang baru 
Pendaftaran: 
Pelamar dapat mengajukan usulan secara online dengan melengkapi Formulir Aplikasi yang disediakan. Batas pengajuan pendaftaran online tersebut adalah 31 Mei 2016. Pelamar disarankan mengajukan dana hibah TWAS sebelum tanggal deadline. Pengajuan beasiswa TWAS di atas merupakan usulan dari peneliti individu. Pengajuan aplikasi secara kelompok maupun konsorsium bisa dilihat lebih jauh di laman TWAS yang juga secara online.

Pelamar akan diberitahu hasil seleksi tak lama setelah digelar pertemuan perwakilan TWAS Research Grants Committees yang berlangsung akhir tahun. - Beasiswa Pasca Sarjana

Kontak: 
Ms P. Patel
TWAS — ICTP Campus — Strada Costiera 11 — 34151 Trieste — Italy 
Phone: +39 040 2240493 — Fax: +39 040 224559
E-mail: researchgrants@twas.org