Advertisement

RINGKASAN PROGRAM:
Mercy Corps Indonesia bermitra dengan para pihak (input supplier, lembaga keuangan, perusahaan asuransi dan grain traders) sedang menfasilitasi penyediaan bundled services untuk petani Jagung di Pulau Sumbawa. Kegiatan fasilitasi sudah memasuki phase kedua dan berdasarkan pembicaraan awal dengan para mitra direncanakan pada phase ketiga jangkauan luas areal akan mencapai 5,000 HA.

Salah satu tantangan untuk meningkatkan jangkauan project adalah bagaimana mempercepat proses persetujuan kredit yang dilakukan oleh BPR. Bank Umum yang menjadi salah satu mitra Program yang fokus untuk melakukan peningkatan kapasitas untuk lembaga keuangan yang menyediakan pembiayaan kepada sektor pertanian sedang mengembangkan Credit Assessment Tool untuk BPR yang sesuai dengan kebutuhan BPR dan pembuat regulasi. Diharapkan dengan adanya Tool tersebut maka proses persetujuan kredit oleh BPR akan semakin efisien.

Mempertimbangkan bahwa pendampingan pasca training merupakan fase yang sangat penting pasca staf BPR mengikuti pelatihan Credit Assessment Tool, maka Mercy Corps Indonesia memerlukan 2 orang trainer selama kurang lebih 4 bulan untuk memberikan pendampingan kepada BPR yang berlokasi di Kabupaten BIMA.

Tanggungjawab Trainers:
Secara umum trainers akan memberikan pendampingan tindak lanjut kepada BPR tentang penggunaan Credit Assessment Tool dalam pelaksanaan operasional harian BPR. Sebelumnya trainers akan mengikuti pelatihan tentang Credit Assessment Tool.

Deliverables:
  • Memberikan pelatihan kepada petugas BPR dalam menggunakan Loan Orgination System dan Credit Scoring.
  • Memberikan pendampingan lanjutan pasca pelatihan.
  • Membantu petugas BPR menyusun manual untuk pengguna.
  • Membantu manajemen BPR dalam menggunakan proses persetujuan kiredit yang baru.
Kualifikasi:
  • Diutamakan lulusan Perguruan Tinggi dengan background Informasi dan Teknologi.
  • Memiliki skill komunikasi yang baik.
  • Dapat berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.
  • Bersedia tinggal di Kabupaten BIMA dan bersedia melakukan kunjungan ke lokasi project.
Aplikasi dikirimkan paling lambat 15 Mei 2016 ke procurement@id.mercycorps.org