Advertisement

Job Vacancy: Junior Spatial Data Entry (Surabaya based)

Application deadline: 
Minggu, June 26, 2016

Place of work: 
Surabaya, Indonesia

Latar Belakang 
Humanitarian OpenStreetMap Team telah berada di Indonesia sejak 2011 dan berfokus pada proyek-proyek terkait kebencanaan. Tahun 2016 ini, HOT mendapat kesempatan untuk melakukan pemetaan di beberapa kota di Indonesia, untuk tahun pertama akan berfokus di Jakarta dan Surabaya. Proyek ini didesain untuk melanjutkan sukses awal dari proyek yang sudah didanai oleh USAID OFDA, InAWARE, yang diimplementasukan oleh PDC (Pacific Disaster Center) begitu juga dengan aktivitas yang dilaksanakan oleh DMInnovation (InaSAFE), HOT (OSM), dan PetaJakarta.org untuk meningkatkan kapasitas dan memasukkan informasi yang diperoleh dengan cara crowdsourcing ke dalam platform monitoring bencana dan peringatan dini untuk meningkatkan kapasitas badan penanggulangan bencana di Indonesia baik pada level nasional (BNPB) maupun dalam level provinsi (BPBD) untuk peringatan dini terhadap bencana dan pengambilan keputusan yang lebih baik. Hasil akhir dari proyek meliputi peningkatan kapasitas BNPB dan BPBD dalam hal pemantauan bencana tingkat nasional, peringatan dini, dan dukungan pengambilan keputusan; partisipasi komunitas lokal dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan melalui metode crowdsourcing untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru mengenai ancaman bencana dan infrastruktur kritis; peningkatan kemampuan dan kapasitas pegawai lembaga pemerintahan terkait bencana dalam menggunakan alat berbasis ICT untuk pengambilan keputusan dan manajemen bencana.

Profil
Posisi ini bertanggung jawab atas pengumpulan dan input data pada proses pemetaan RW
  • Pengumpulan data batas RW dan data yang berkaitan di bawah bimbingan dari Supervisor Pemetaan
  • Digitalisasi batas RW ke dalam format data spasial di bawah bimbingan dari Supervisor Pemetaan
  • Menjaga standar dan persyaratan input data sebagaimana disarankan oleh Penjamin Kualitas Data (Data Validator)
  • Berkoordinasi dengan Kelurahan dan atau RW dalam proses pengumpulan batas RW dan data terkait lainnya
  • Berkontribusi dalam usaha tim untuk mencapai hasil yang dibutuhkan
Kualifikasi
  • Disukai yang memiliki gelar sarjana dengan fokus pada bidang studi GIS atau Geografi (mahasiswa juga boleh mendaftar)
  • Disukai yang memiliki pengalaman sebelumnya dalam proyek pemetaan
  • Lancar berbahasa Indonesia
  • Memiliki pengalaman menggunakan QGIS, OpenStreetMap, dan InaSAFE lebih disukai
  • Memiliki kendaraan untuk survey lapangan
Informasi Tambahan Posisi ini berlokasi di Surabaya dengan tempat kerja utama berada di kantor HOT. Saat iini posisi telah dianggarkan dan disetujui selama 5 bulan hingga akhir 2016.


Untuk melamar, kirimkan surat lamaran dan CV ke recruitment.id@hotosm.org dengan judul: [Nama_JSDE]. Mohon melamar sebelum 26 Juni 2016.