Advertisement

Latar Belakang
Du’Anyam, sebuah kewirausahaan sosial yang telah memenangkan beberapa penghargaan nasional maupun internasional, bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak melalui program pengembangan ekonomi dan peningkatan kemampuan finansial wanita usia hamil di daerah terpencil Indonesia melalui produk anyaman daun lontar.

Program pengembangan ekonomi ini akan diimplementasikan dengan meningkatkan produktivitas dan kualitas produk anyaman daun lontar, memfasilitasi akses pasar, dan memperkuat keorganisasian penganyam. Program peningkatan kesehatan ibu dan anak akan diimplementasikan dengan menggunakan hasil keuntungan penjualan anyaman yang akan disisihkan dalam bentuk tabungan kesehatan serta digunakan untuk membiayai edukasi mengenai gaya hidup sehat dan pembelian makanan bergizi bagi para ibu usia hamil.
Setelah mendapatkan dana investasi dan bimbingan dari MIT IDEAS Global Challenge, UnLtd Indonesia, dan Global Social Venture Competition, Du’Anyam berniat untuk mengembangkan kewirausahaan sosial dan memperluas dampak sosialnya. Proyek percontohan Du’Anyam sekarang sedang dijalankan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tujuan Umum
Tujuan umum dari perekrutan adalah untuk mendukung Du’Anyam dalam melakukan penerapan (implementasi) dan monitoring program serta memperluas dampak sosial Du’Anyam.

Tanggung Jawab dan Tugas
Tujuan khusus, di bawah pengawasan langsung oleh Project Coordinator (PC), Direktur Operasional dan Direktur Utama. Project Officer (PO) memiliki tanggung jawab dan tugas sebagai berikut:
  • Mengkoordinasi dan mempersiapkan kegiatan operasional Du’Anyam di lapangan yang termasuk namun tidak terbatas pada pendampingan teknis kepada komunitas wanita penganyam maupun Ibu Koordinator Anyaman (BuKor), produksi anyaman, pembuatan produk sampel, pembelian bahan baku dasar, pembayaran, pengecekan kualitas, serta penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman produk bersama dengan Project Coordinator (PC) dan Fasilitator Lapangan (FL)
  • Membantu mengembangkan rencana kerja bersama dengan PC dan FL serta memastikan bahwa kegiatan telah dikoordinasikan dengan semua pemangku kepentingan yang bersangkutan termasuk namun tidak terbatas pada apparat desa, petugas kesehatan, serta dinas-dinas dan pemerintah tingkat kabupaten yang bersangkutan seperti Dinas UKM, Dinas Perindustrian, dan Dinas Kesehatan
  • Membantu PC dalam pengawasan kegiatan lapangan serta bertanggung jawab mengumpulkan data dan memastikan keakuratan data yang dikumpulkan.
  • Mengukur dan melaporkan perbandingan perkembangan program dengan perencanaan kerja.
  • Membantu eksplorasi ke daerah-daerah lain untuk menjadikan daerah-daerah tersebut bagian dari program Du’Anyam.
  • Menjaga komunikasi dan hubungan bersama mitra-mitra pemangku kepentingan untuk menjaga kerja sama dengan Du’Anyam dan mewakilkan Du’Anyam dalam rapat-rapat bersama mitra-mitra pemangku kepentingan yang ada sebagaimana dibutuhkan.
  • Berkomunikasi secara berkala dengan PC dan FL serta apabila dibutuhkan dengan para Direktur Du’Anyam untuk melaporkan perkembangan kegiatan.
  • Menyiapkan laporan aktivitas dan keuangan sesuai dengan pedoman Du’Anyam dan menyerahkan laporan-laporan tersebut kepada PC.
  • Membuat notulen rapat dan draf surat-surat sebagaimana dibutuhkan.
  • Melakukan tugas lain yang berkaitan dengan proyek sebagaimana dibutuhkan, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang terkait dengan kewirausahaan sosial Du’Anyam dan program kesehatan yang direncanakan untuk komunitas wanita usia hamil dan penganyam.
Pelaporan dan Koordinasi
PO akan melapor kepada PC dan apabila dibutuhkan langsung kepada Direktur Operasional dan Direktur Utama. PO akan diminta untuk bekerja secara independen dengan arahan dari PC serta selalu berkoordinasi dengan FL dan komunitas wanita penganyam lainnya.

Kurun Waktu dan Tanggung Jawab
Tugas PO akan dimulai secepatnya, untuk jangka waktu 1 tahun dan PO akan melalui masa percobaan pada 2 bulan pertama. PO akan bekerja penuh waktu dengan jam kerja selama 8 jam sehari dan 5 hari kerja seminggu (Senin – Jumat). Apabila PO diperlukan untuk bekerja di luar hari kerja (di luar Senin – Jumat), akan ada kompensasi lembur yang akan diberikan kepada PO.

Kemampuan dan Kualifikasi
  • Lulusan S1 dari universitas berakreditasi dengan jurusan apapun
  • Pengalaman kerja dalam bidang manajemen proyek, kewirausahaan, pengembangan komunitas dan/atau pengalaman bekerja dengan masyarakat pedesaan atau kelompok perempuan merupakan sebuah nilai tambah (fresh graduates dipersilahkan untuk mendaftar)
  • Memiliki antusiasme dalam proyek pengembangan komunitas dan penurunan tingkat kemiskinan serta ingin membuat perubahan di dalam masyarakat
  • Mampu bekerja dengan pengawasan minimum serta memiliki tingkat motivasi diri yang tinggi
  • Memiliki kemampuan komunikasi, koordinasi, dan diplomasi yang baik
  • Memiliki jiwa kewirausahaan dan mau menjadi bagian dari sebuah kewirausahaan sosial yang masih akan terus berkembang
  • Mengenal dan sensitif terhadap isu lokal baik politik maupun budaya
  • Fleksibel dalam bekerja dan bepergian sesuai kebutuhan program
  • Mampu mengoperasikan Microsoft Office, terutama Word, Excel, dan PowerPoint
  • Kemampuan mengendarai sepeda motor merupakan nilai tambah
Bahasa:
Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi nilai tambah. 

Lokasi Penempatan:
Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Cara Mendaftar:
Individu yang tertarik dapat mengirimkan surat aplikasi beserta CV atau riwayat kerja dan surat referensi kepada admin@duanyam.com dengan subjek: “PO 2016– Du’Anyam application”. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 25 Juli 2016.