Advertisement

Terms of Reference (TOR)
Konsultan Disain
Modul Soft Skill Berbasis Gender (Gender-focused Soft Skill)
Program Pemberdayaan Ekonomi Kaum Muda (YEE GNO Central Java) Plan International Indonesia
LATAR BELAKANG
Program Pemberdayaan Ekonomi Kaum Muda di wilayah Semarang dan sekitarnya merupakan program pemberdayaan kaum muda yang termarjinal melalui pelatihan kejuruan (TVET) di bidang retail dan restaurant yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses mendapatkan pekerjaan yang layak dan bermartabat (decent work).
Kebutuhan tenaga kerja saat ini cukup tinggi, namun tidak setiap tenaga kerja dapat mengakses kesempatan itu. Beberapa pelaku usaha di perusahaan mengatakan bahwa yang dibutuhkan oleh mereka adalah seorang tenaga kerja yang mempunyai tingkat kedisipilinan dan kejujuran yang tinggi. Kemampuan seorang pekerja tidak hanya terletak pada kepandaian akademik/teknis saja (hard skill), namun juga non akademik (soft/life skill).
Melalui program ini telah disusun modul life skill berbasis gender (Gender-based life skill and work readiness) yang mudah di aplikasikan oleh kaum muda sesuai dengan kondisi dan karakteristiknya. Modul ini juga dapat dipelajari dengan mudah dan terintegrasi dengan program pemerintah. Diharapkan modul ini nantinya sebagai model yang akan digunakan baik oleh program YEE Plan International Indonesia maupun oleh BBPLK/BLKI di seluruh Indonesia.

TUJUAN
Tujuan dari kegiatan desain modul yaitu mendesain modul soft skill berbasis gender yang menarik dan sesuai dengan Communication Protocol Plan Indonesia.

RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Runga lingkup pekerjaan desain lay-out adalah sebagai berikut:
  • Konsultan desain akan mendesain draft final modul pelatihan soft-skills yang terdiri 8 sub-modul; konsep diri, komunikasi, pengembangan manajemen diri, penampilan diri, gender dan pencegahan pelecehan seksual, 5 R, manajemen keuangan, dan bagaimana mempersiapkan interview. 
  • Desain modul dan manual yang sudah di setujui oleh Plan International Indonesia kemudian dibuat dalam bentuk file yang siap di cetak oleh percetakan. 
HASIL/KELUARAN 
  • Di akhir pelaksanaan kegiatan ini akan tersusun desain modul soft skill berbasis gender yang sudah siap dicetak.
WAKTU PELAKSANAAN DAN RINCIAN KEGIATAN 
Waktu pelaksanaan kegiatan adalah 1 (satu) bulan untuk desain.

KONTAK PERSON DAN BATAS PENGIRIMAN PROPOSAL
Kandidat diharapkan dapat mengirimkan proposal, contoh produk dan CV paling lambat diterima pada tanggal 10 Agustus 2016. Proposal ditujukan pada HRD.Indonesia@plan-international.org  atau Vicky.Agung@plan-international.org. Hanya kandidat yang terseleksi yang akan dikontak.