Advertisement

Profil: Alam Sehat Lestari (ASRI) adalah lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang sosial. Program ASRI mencakup bidang kesehatan manusia dan pelestarian alam di pedalaman Indonesia. 

Menyelamatkan Hutan Dengan Stetoskop
Kesehatan dan pelestarian lingkungan sangat berhubungan erat. Kunci dari kesehatan global adalah terjaganya hubungan antara kesehatan dan pelestarian lingkungan di tingkat lokal.
Program Alam Sehat Lestari berusaha menjaga hubungan antara kesehatan dan pelestarian lingkungan di Kalimantan Barat, Indonesia. ASRI berusaha untuk menjaga Taman Nasional Gunung Palung beserta 60.000 penduduk yang tergabung dalam berbagai komunitas di sekitarnya. Gunung Palung memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa dan terdiri dari 90.000 hektar hutan dipterokarpa tinggi yang membalut dua gunung kecil serta terletak diantara dataran rendah dan hutan pegunungan. Gunung Palung ini adalah rumah bagi sekitar 2,500 orangutan liar atau setara dengan 1/10 dari total populasi orangutan di seluruh dunia. 

Berbagai macam permasalahan ditemui ASRI di lapangan. Penduduk lokal di Kalimantan Barat cenderung miskin, dengan pendapatan rata-rata sekitar $13 (Rp 120.000) per bulan. Jasa kesehatan yang disediakan oleh pemerintah cenderung tidak sampai pada masyarakat, sedangkan biaya darurat medis sering menimbulkan banyak hutang. Selain itu, penebangan liar adalah salah satu sumber mata pencaharian bagi masyarakat setempat. Pekerjaan sebagai penebang hutan adalah pekerjaan yang berbahaya dan menghancurkan daerah aliran sungai (DAS) setempat. Penebangan liar dapat menyebabkan banjir, menghancurkan lahan pertanian, dan menimbulkan penyakit bawaan air (waterborne diseases) bagi manusia dan hewan. 

ASRI berusaha untuk menghentikan kemiskinan, kesehatan yang buruk dan deforestasi, serta mengubah penebang lokal menjadi sahabat hutan.

Alam Sehat Lestari Membuka Lowongan Kerja Teknisi Sistem Informasi Geografis Untuk Penempatan di Kabupaten Kayong Utara - Kalimantan Barat