Advertisement

EQSI Project – Kendari, Sulawesi Tenggara membutuhkan tenaga Trainer K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) berdasarkan kerangka acuan Pengenalan Konsep K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Dan Pelatihan Basic Safety. Sebagaimana maksud, tujuan dan harapan dari project ini dengan berlatar belakang sbb:

Latar Belakang:
Proyek dengan Judul “Economic, Quality and Sustainability Improvement from Community Centered Cocoa Fermentation Stations, Diversified Agro-forestry and Agribusiness Systems and Centered Social Development Programs” atau di sebut EQSI, adalah proyek kerja sama antara MCA-I, Yayasan Hj. Kalla, Kalla Kakao Industri dan Lembaga Ekonomi Masyarakat Sejahtera (LEMS), dengan tujuan umum:

Mengurangi kemiskinan melalui pertumbuhan rendah karbon yang meningkatkan mata pencaharian masyarakat perdesaan di Indonesia, terutama petani kakao. Pembangunan rendah karbon adalah pembangunan dengan pendekatan ramah lingkungan.

Maksud dari proyek ini adalah:
Mengurangi kemiskinan wilayah perdesaan, mempromosikan dan meng institusionalisasikan kegiatan wana tani, penanganan paska panen coklat dan sistem pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat.

Tujuan dari Proyek ini adalah:
  • Meningkatkan dan memformalkan penghutanan kawasan terdegradasi berbasis masyarakat yang memberi manfaat bagi masyarakat, ekonomi dan lingkungan.
  • Mempromosikan teknik dan model wanatani berkelanjutan sebagai pilihan kegiatan ekonomi masyarakat dan penanganan hama.
  • Pelatihan untuk penanganan hama dan penyakit tanaman ter integrasi yang ramah lingkungan.
  • Meningkatkan nilai produksi kakao melalui fermentasi dan pusat pengeringan berbasis masyarakat.
  • Meningkatkan kapasitas fermentasi kakao di tingkat kebun dan metode pengeringan biji kakao.
  • Meningkatkan akses masyarakat pada pasar, membantu pembiayaan bantuan teknis dan input bagi petani seperti bibit dan pupuk.
  • Meningkatkan peran serta perempuan dan pengintegrasian jender dalam proyek EQSI.

Millenium Challange Account (MCA-Indonesia)
Merupakan sebuah Lembaga Wali Amanat yang mewakili Pemerintah Indonesia untuk mengimplementasikan program lima tahun (2013-2018) Program Millenium Challange Corporation’s Compact, yang merupakan pillar utama dari Kemitraan Komprehensif antara Pemerintah USA dan Indonesia, dan juga merupakan komitment tunggal terbesar yang di lakukan Pemerintah Amerika Serikat terhadap Indonesia, saat ini.

MCA-Indonesia mempunyai tiga proyek dibawah program Compact, yaitu:
Green Prosperity, Community-Based Health and Nutrition to Reduce Stunting and Procurement Modernization.  Proyek2 kami di desain, dikelola dan di implementasikan oleh orang orang Indonesia, untuk orang orang Indonesia.  Pekerjaan pembangunan terpenting kami harus terjadi di Kabupaten2, dan desa2. Tujuan kami adalah mengurangi kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi.  Program kami bersifat nasional, berpusat pada reformasi, dan berfokus pada hasil untuk memaksimalkan efektivitas dan keberlanjutan jangka panjang nya.

Yayasan Kalla
Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Hadji Kalla atau disingkat dengan Yayasan Kalla di dirikan pada 24 April 1984.  Melalui Yayasan ini, Kalla Group menjalankan program Corporate Social Responsibility dan menyalurkan dana zakat perusahaan dengan aktivitas pada bidang pendidikan, dakwah, sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup.  Selain itu Yayasan Kalla juga mengembangkan lembaga pendidikan formal mulai dari TK hingga SMA, dengan nama Sekolah Islam Athirah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.  Berkontribusi aktif dalam dakwah, pengembangan mutu pendidikan, peningkatan kualitas kesejahteraan dan lingkungan masyarakat.

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatankeselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.

Kesehatan dan keselamatan kerja cukup penting bagi moral, legalitas, dan finansial. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu.

Pelatihan Basic Safety: Banyak kecelakaan yang sebenarnya tidak perlu terjadi, tetapi bisa terjadi dan sangat merugikan. Karena itu diperlukan pengetahuan untuk mencegahnya agar kerugian dapat dihindarkan. Semua kecelakaan yang pernah terjadi ada sebabnya, semua sebab bisa dicari dan diketahui, karena itu semua sebab kecelakaan dapat dihindari sehingga semua kecelakaan bisa ditiadakan, sampai tercapai bebas kecelakaan. Salah satu cara mencegah Kecelakaan Kerja yaitu dengan menerapkan kaidah-kaidah Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat kerja, yang harus dipatuhi oleh semua karyawan.

Berkaitan dengan perihal K3 dan Basic Safety Training tersebut di atas, Managemen Proyek EQSI berencana mengenalkan Konsep K3 kepada seluruh staff dan penerapannya dalam kegiatan proyek EQSI. Untuk itu managemen EQSI akan bekerjasama dengan pihak ke tiga atau konsultan yang ahli dalam bidang K3.

Tujuan Kegiatan:
  • Mengenakan konsep K3 kepada staff proyek EQSI
  • Meningkatkan kesadaran peserta terhadap pentingnya tindak pencegahan kecelakaan dan menggugahnya untuk mendorong karyawan dilingkungan kerjanya agar mau melakukan tindakan pencegahan kecelakaan.
  • Meningkatkan pengetahuan peserta akan upaya pencegahan kecelakaan dilingkungan kerjanya.
  • Meningkatkan moral organisasi dan karyawan serta mengurangi resiko kerugian bagi organisasi.
  • Menghasilkan SOP K3 bagi staff dan proyek EQSI
Bentuk Kegiatan:
  • Presentasi menginformasikan tentang Kosep K3 dan Q&A
  • Pelatihan basic safety bagi staff proyek EQSI
  • Merancang SOP K3 bagi proyek EQSI.
Peserta seluruh staff proyek EQSI berjumlah 30 orang

Waktu dan Tempat Kegiatan:
Kegiatan selama 1.5 hari effective, dan akan dilaksanakan tentative pada minggu ke 3 bulan Desember 2016 di Kantor EQSI, Kendari.

Pelaporan Dan Dokumentasi:
Component 2 akan menyiapkan pelaporan kegiatan secara tertulis dan dilengkapi dengan foto-foto kegiatan, daftar hadir dan laporan keuangan berdasarkan syarat yang telah ditentukan.

Pelamar yang berminat dapat mengirimkan lamaran ke info@eqsiyayasankalla.org, cc: rochmat_djatmiko@yahoo.com, yatiesaloh@gmail.com  denga  melampirkan CV-<Nama Pelamar> dan juga melampirkan Anggaran Biaya (Budget Cost) narasumber.  Pada kolom subject harap mencantumkan Trainer K3. Lamaran diterima selambat - lambat 25 November 2016.