Lowongan Kerja CBO Program Officer - Penyediaan Akses Air Bersih dan Sanitasi Pedesaan di Indonesia - Kerja Ngo

Post Top Ad

Lowongan Kerja CBO Program Officer - Penyediaan Akses Air Bersih dan Sanitasi Pedesaan di Indonesia

Posisi: CBO Program Officer (penyediaan akses air bersih dan sanitasi pedesaan)
Katergori: Full-time position
Batas waktu: 9 Januari 2017
Latar Belakang
Water.org adalah sebuah organisasi nirlaba dari Amerika Serikat yang menyediakan solusi berkelanjutan terhadap krisis air global dan akses terhadap sanitasi yang layak. Di Indonesia, Water.org sudah mulai memberikan dukungan dalam riset peningkatan akses pelayanan air dan sanitasi serta perilaku hidup sehat bekerja sama dengan mitra 1. Lembaga Keuangan Mikro (LKM/Bank), 2. Badan Pengurus Sistem Pengelola Air Minum dan Sanitasi (BPSPAMS) dan 3. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) 4. Lembaga atau Perusahaan yang memiliki program dalam peningkatan akses air dan sanitasi. Untuk program penguatan terhadap Kelompok Pengelola Sistem Air Bersih Perpipaan Pedesaan atau program Community Based Organization (CBO) Water.org bekerja sama dengan Asosiasi Kelompok Pengelola Sistem Air Bersih di tingkat Kabupaten dan stakeholder Kabupaten. Kegiatan penguatan difokuskan pada rencana pengembangan pelayanan air oleh CBO dan mendorong agar CBO mampu mengembangkan pelayanan dengan dukungan dari LKM atau perbankan. Dalam hal ini, CBO akan melakukan program investasi setelah dinilai layak oleh LKM atau Bank untuk mendapatkan pinjaman investasi pembiayaan sarana air bersih sesuai dengan program bisnis yang dibuat oleh CBO melalui program penguatan dari tim CBO Water.org.
Untuk meningkatkan akses air bersih melalui program CBO di Indonesia tiga tahun ke depan, Water.org membutuhkan satu orang untuk posisi CBO Program Officer.
Deskripsi Pekerjaan
Water.org mencari CBO Program Officer yang  terampil dan termotivasi untuk mendukung peluncuran dan pelaksanaan program baru difokuskan pada penyediaan air bersih dan sanitasi pedesaan. Posisi ini akan berbasis di Jakarta dengan frekuensi perjalanan di seluruh Indonesia yang relatif tinggi. Program Officer  akan melapor kepada CBO Program Team Leader. CBO Program Officer akan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan sektor air dan sanitasi baik di tingkat Nasinal maupun Kabupaten.
CBO Program Officer akan mengelola program CBO bekerja sama dengan staf Water.org di Indonesia dan termasuk di dalamnya pelaksanaan program dan manajemen keuangan, pengembangan mitra, serta program monitoring dan evaluasi. Tanggung jawab utama meliputi:
  • Pemetaan CBO: Mengidentifikasi dan menilai CBO serta mengelola informasi ke dalam database yang akan digunakan untuk kegiatan penguatan dan pembiayaan CBO. Mengidentifikasi CBO yang kuat dengan potensi ysng tinggi untuk meningkatkan atau memperluas layanan air perpipaan atau sanitasi.
  • Penguatan CBO: Bekerja sama dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (stakeholder) di bawah Pokja AMPL, Asosiasi CBO dan Pemerintah Indonesia, memperkuat potensial CBO untuk memastikan bahwa mereka memiliki kapasitas operasional dasar untuk meningkatkan pelayanan air dan sanitasi, dapat mengakses pembiayaan komersial untuk memperluas dan mempertahankan operasi untuk jangka panjang.
  • Pembiayaan CBO:
    • Mengelola partisipasi Lembaga Keuangan/Bank pada program pembiayaan CBO. Melakukan analisis lembaga keuangan/Bank baru untuk berpartisipasi dalam program, mengevaluasi pengajuan pinjaman CBO, mengelola seluruh data dan sistem monitoring, membuat laporan yang dibutuhkan.
    • Menyajikan potensi investasi CBO kepada Lembaga Keuangan/Bank, memberikan pelatihan dan dukungan kepada Lembaga Keuangan/Bank untuk produk dan pencairan pinjaman CBO dan mendampingi pengajuan pinjaman oleh CBO.
Rincian Pekerjaan
  • Meninjau dan menentukan standar persyaratan operasi CBO yang digunakan untuk menilai, meningkatkan, dan memantau kapasitas CBO.
  • Mengembangkan dan mengelola database CBO sebagai prioritas utama di kabupaten di mana operasional program CBO dilakukan.
  • Mengembangkan materi dan sistem pelatihan CBO; Memberikan pelatihan kepada CBO dalam berbagai aspek manajemen bisnis dan operasi, termasuk perencanaan, penganggaran, operasi, akuntansi, manajemen keuangan, penagihan dan layanan pelanggan, dan konstruksi serta pemeliharaan sarana air bersih CBO.
  • Menganalisis kelayakan pengajuan pinjaman CBO dan mengidentifikasi CBO yang siap untuk mengakses pembiayaan untuk infrastruktur dan peningkatan layanan.
  • Memberikan informasi kepada Lembaga Keuangan/Bank tentang CBO sebagai pasar pembiayaan, membangun pemahaman Lembaga Kuangan/Bank tentang peluang investasi kepada CBO, memberikan pendampingan kepada Lembaga Keuangan/Bank dalam membuat produk pinjaman kepada CBO.
  • Pendampingan kepada CBO dalam proses pengajuan pinjaman kepada Lembaga Keuangan/Bank sampai dengan mendapatkan pembiayaan serta menggunaakan pembiyaan tersebut secara efektif untuk  berinvestasi dalam sistem manajemen dan infrastruktur.
  • Menganalisis dan mengkonfirmasi semua persyaratan pembiayaan dapat dipenuhi oleh CBO. Memastikan persyaratan pinjaman dapat dipenuhi untuk memastikan kemampuan membayar angsuran pinjaman (memiliki cashflow keuangan  yang cukup).
  • Analisis pinjaman yang diajukan, proyeksi arus kas selama durasi pinjaman, agunan dan dokumentasi pendukung.
  • Menyiapkan proposal nominasi Lembaga Keuangan/Bank dalam bentuk form analisa kepada komite analisis untuk mendapatkan persetujuan.
  • Menyiapkan draf kesepakatan/komitmen dari Lembaga Keuangan/Bank untuk membiayai CBO.
  • Mendampingi CBO dalam membuat perencanaan, pembangunan dan kegiatan lainnya dengan pihak ketiga
  • Melakukan monitoring kemajuan CBO sesuai dengan kapasitas standar operasi yang dipersyaratkan, termasuk sarana infrastruktur dan perluasan pelayanan.
  • Mengkoordinasikan kerja sama dengan BAPPENAS, PAMSIMAS, SANIMAS, Lembaga Keuangan/Bank, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya
  • Mengelola dan mengkomunikasikan informasi untuk monitoring kinerja program, peningkatan kinerja CBO, dan mendukung misi Water.org
  • Bekerja sama dengan mitra untuk memastikan pelaksanaan program tepat waktu sesuai dengan anggaran dan rencana kerja
Kualifikasi
  • Setidaknya lima tahun pengalaman yang relevan di bidang air bersih, sanitasi atau Lembaga Keuangan/Bank.
  • Pemahaman mendalam dari landscape lembaga keuangan, air dan sanitasi di Indonesia dan tantangan yang menghambat akses kepada masyarakat pedesaan.
  • Pengalaman membangun kapasitas penyedia layanan air/sanitasi termasuk operasi, manajemen dan komunikasi dengan masyarakat atau CBO.
  • Familiar dengan program PAMSIMAS dan SANIMAS.
  • Memiliki pemahaman yang kuat terkait laporan keuangan keuangan  dan memiliki pegalaman yang dalam melakukan penguatan atau pendampingan akses pembiayaan dengan memperkuat managemen dari pengelola usaha air atau sanitasi.
  • Fasih berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris jika diperlukan.
  • Gelar Sarjana di bidang terkait dengan prestasi akademik serta riwayat kerja terkait.
  • Pengalaman manajemen proyek dan memiliki pola pikir kewirausahaan.
  • Menunjukkan kemampuan untuk memberikan hasil kerja yang baik dalam sebuah tim kecil dan bisa berperan dalam berbagai tugas atau posisi.
  • Kesediaan untuk bepergian dengan intesitas cukup tinggi di wilayah pelosok.
  • Memiliki ketrampilan menggunakan Microsoft Excel.
Gaji/Kompensasi
Ini adalah posisi kontrak 1 (satu) tahun dengan potensi untuk diperpanjang dan kompensasi yang kompetitif sesuai dengan pengalaman.
Informasi Lamaran
Kandidat yang tertarik dapat mengirimkan salinan CV dan surat lamaran yang menunjukkan minat ke:
water.org.indonesia@gmail.com
Surat lamaran Anda akan dinilai setelah diterima. Tidak perlu menghubungi Water.org tentang status lamaran Anda.
Water.org adalah lembaga yang memberikan kesempatan yang sama. Kami tidak melakukan diskriminasi atas dasar usia, etnis, jenis kelamin, kebangsaan atau keyakinan agama.

Post Top Ad