Advertisement

KERANGKA ACUAN KERJA (TERM OF REFERENCE / TOR)
Pengadaan Tenaga Pengolah Data (IT dan Website)
Kegiatan Koordinasi Strategis Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs)
Direktorat Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air
Tahun Anggaran 2017

Judul Kegiatan
Pengadaan Tenaga Pengolah Data (IT dan Website) pada Kegiatan Koordinasi Strategis Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) Tahun Anggaran 2017.

Latar Belakang
Pertemuan UN Conference on Sustainable Development (UNCSD or Rio+20) di Rio de Janeiro pada tahun 2012 memandatkan pembentukan Open Working Group on Sustainable Development Goals (OWG on SDGs). Berdasarkan Decision 67/555 dari United Nation General Assembly (UNGA), OWG on SDGs dibentuk dan ditetapkan. Salah satu hasil yang diharapkan dari proses working groupini ialah tersusunnya proposal mengenai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan sebagai bahan pertimbangan dalam menetapkan agenda pembangunan paska 2015 pada sidang umum PBB atau the UN General Assembly (UNGA).OWG on SDGs dipimpin oleh H.E. Mr. Macharia Kamau (Kenya) dan H.E. Mr. Csaba Körösi (Hungary).

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas bersama dengan Kementerian Luar Negeri mempersiapkan pendapat/posisi Indonesia yang disampaikan dalam forum OWG melalui Troika. Bentuk pertemuan diantaranya rapat persiapan teknis bersama dengan K/L untuk membahas isu-isu yang dimandatkan dan dibahas dalam OWG, dan konsultasi publik.  Selain itu, permintaan masukan dari K/L juga disampaikan untuk menyelaraskan dengan pendapat/posisi berbagai isu pada forum-forum global lainnya.  Masukan-masukan tersebut digunakan untuk penyusunan “deliberations” Troika dalam forum OWG.

Sampai dengan Agustus 2015 target dalam setiap goal SDGs masih dalam pembahasan Inter-Governmental Negotiation (IGN). Pada September 2015 yang akan datang, hasil pembahasan IGN ini akan diadopsi oleh kepala-kepala negara pada sidang PBB atau UNGA ke-70 sebagai agenda paska 2015 dalam kerangka Sustainable Development Goals (SDGs).
Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan global tersebut, Indonesia perlu mempersiapkan berbagai rencana kegiatan berdasarkan pengalaman pada pelaksanaan Millenium Development Goals (MDGs) baik meliputi aspek legal, perencanaan, pembiayaan, implementasi, monitoring, dan evaluasi baik di tingkat nasional maupun daerah. Hal ini dilakukan untuk menjamin agar pengelolaan SDGs dapat dilaksanakan secara sistematis, terkoordinasi, dan akuntabel.

Dalam pelaksanaannya, Indonesia mengusulkan untuk mempersiapkan SDGs melalui pengelompokkan kegiatan ke dalam 4 pilar utama, yaitu pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan lingkungan dan pilar pembangunan berkeadilan dan cara pelaksanaan.  Dalam rangka pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut, maka diperlukan Tenaga Pengolah Data (IT dan Website).

Tujuan
Pengadaan Tenaga Pengolah Data (IT dan Website) dilakukan dengan tujuan untuk membantu pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Strategis Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam mengelola IT dan Website TPB/SDGs.

Ruang Lingkup Pekerjaan
Adapun ruang lingkup pekerjaan Tenaga Pengolah Data (IT dan Website) adalah:
  • Memelihara dan mengelola penggunaan IT di sekretariat SDGs;
  • Membantu Communication Officer untuk mendesain dan mengelola website dan mengupload dokumen-dokumen data di website sdgsindonesia;
  • Melakukan trouble shooting terkait IT dan website di sekretariat SDGs;
  • Bekerjasama dengan tenaga database dan communication officer untuk melakukan upload dan publikasi database ke dalam website dan yang akan dikelola di Pusdatin Bappenas;
  • Memantau dan menjaga keamanan data, dokumen dan sistem filing yang dikelola sekretariat SDGs;
  • Berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pusdatin Bappenas untuk pengelolaan e-monev yang akan dikembangkan;
  • Berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak-pihak yang mendukung penyelenggaraan IT dan website untuk sekretariat;
  • melakukan tugas-tugas terkait bidang IT dan website lainnya yang diberikan oleh Team Leader, para manajer dan communication officer
Keluaran yang Diinginkan
Jasa bidang pengelolaan IT dan Website untuk kegiatan Koordinasi Strategis Pelaksanaan Tujuan pembangunan Berkelanjutan/ TPB (SDGs), di Direktorat Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Tahun Anggaran 2017.

SUMBER PENDANAAN
Pendanaan untuk melaksanakan kegiatan Tenaga Pengolah Data (IT dan Website) bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian PPN/Bappenas tahun anggaran 2017.

Waktu Pelaksanaan
Masa kerja Tenaga Pengolah Data (IT dan Website) adalah 11 (dua belas) bulan terhitung sejak 01Februari s/d 31 Desember 2017.

Kualifikasi
Dalam rangka Kegiatan Koordinasi Strategis Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) diperlukan Tenaga Pengolah Data (IT dan Website) sebanyak 1 (satu) orang dengan kualifikasi sebagai berikut:
  • Pendidikan minimum S1 Teknik Informatika atau bidang terkait
  • Berpengalaman dalam pengembangan dan pemeliharaan IT minimal 3 tahun dan diutamakan yang berpengalaman dalam pengembangan (web developer) dan pemeliharaan website atau graphic design/infographic untuk website atau media online lainnya (nilai lebih);
  • Nilai tambah lainnya bila memiliki pengalaman dalam pengembangan e-monev dan pengelolaannya.
  • Memahami isu dan komitmen pembangunan berkelanjutan di Indonesia;
  • Menunjukkan kemampuan untuk bekerja sebagai bagian dari tim;
  • Mempunyai inisiatif dan mampu bekerja di bawah pengawasan minimum.
Lamaran dan CV paling lambat dikirimkan tanggal 24 Januari 2017 ke alamat email: miranti.zulkifli@gmail.com