Advertisement

Burung Indonesia tengah menjalankan program  Ecosystem Restoration Concessions (ERC) for Tropical Rainforest Conservation in Indonesia di Provinsi Gorontalo. Program yang didukung oleh BMU Germany melalui KfW Development Bank ini dilaksanakan bekerja sama dengan Pemerintah Republik Indonesia. Program ini akan memperkuat strategi adaptasi masyarakat dan ketahanan ekosistem dengan mengembangkan strategi pengelolaan lanskap berkelanjutan. Tujuan lain dari program ini meliputi konservasi keanekaragaman hayati di hutan produksi, mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim dan peningkatan sumber penghidupan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya pada tahun 2017, Burung Indonesia membutuhkan tenaga profesional untuk mengisi posisi:

Village Facilitator (kode posisi VF) bertugas di desa lokasi program Burung Indonesia di Gorontalo.

GAMBARAN UMUM
Memfasilitasi perencanaan pembangunan partisipatif masyarakat desa berdasarkan kesepakatan pelestarian alam desa (KPAD) untuk mendukung proses pelestarian alam dan peningkatan penghidupan masyarakat. Melaksanakan pengembangan kemitraan usaha ekonomi, penguatan kelompok, memfasillitasi proses monitoring partisipatif pelaksanaan KPAD serta tugas fasilitasi masyarakat di desa-desa pada lokasi program.

PERSYARATAN

  • Pendidikan S1 bidang antropologi, sosiologi, komunikasi, pertanian, ekonomi, kehutanan atau kualifikasi pengalaman profesional yang relevan.
  • Memiliki pengalaman dalam pengembangan masyarakat dan fasilitasi program pembangunan desa sekurang-kurangnya dua tahun. Terbuka untuk lulusan baru yang potensial. 
  • Paham pendekatan fasilitasi masyarakat menggunakan metode partisipatif seperti PRA atau metode perencanaan partisipatif lainnya.
  • Menguasai strategi pengembangan ekonomi dan peningkatan kapasitas masyarakat, berdasarkan konteks budaya dan sosial setempat.
  • Dapat bekerja sama dengan baik dalam satu tim.
  • Bersedia ditempatkan secara penuh di desa-desa pada lokasi kerja Burung Indonesia di Gorontalo.
  • Perempuan mendapatkan prioritas yang sama dalam posisi ini.
Surat lamaran dan CV dikirim ke alamat email: recruit@burung.org atau ke alamat  Program Gorontalo Burung Indonesia yang tertera di bawah, paling lambat tanggal 31 Maret 2017. Cantumkan kode posisi pada subject email atau menuliskan kode posisi yang dilamar pada sebelah kanan atas amplop surat lamaran yang dikirim. Hanya pelamar yang memenuhi syarat yang akan dipanggil untuk wawancara.

Recruitment
Burung Indonesia Program Gorontalo
Jalan Sumur Bor PDAM Marisa, Desa Marisa Utara,
Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo
(berlokasi di depan kantor Kepala Desa Marisa Utara).
Telepon/ Fax : +62 443 21 0435

Jalan Selayar no 2 RT 01 RW 002 Kelurahan Liluwo,
Kecamatan Kota Tengah  96 159
Kota Gorontalo - Provinsi Gorontalo
T/F: +62 435 829 464