Advertisement

LOWONGAN KONSULTAN
OXFAM adalah sebuah Organisasi Non Governmental Internasional bekerja di seluruh dunia dengan visi dunia tanpa kemiskinan: sebuah dunia di mana orang dapat mempengaruhi keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka, menikmati hak-hak mereka, dan memikul tanggung jawab mereka sebagai warga dunia di mana semua manusia dihargai dan diperlakukan sama

KONSULTAN
Pelatihan Peningkatan Pemahaman Masyarakat Dalam Praktek-Praktek Pembangunan Rumah Aman Gempa

Latar Belakang
Oxfam di Indonesia dan Jejaring Rumah Belajar Harmoni Kebencanaan telah melakukan tanggap darurat Gempa di Pidie Jaya sejak Bulan Desember 2016 lalu. Salah satu akibat dari gempa ini adalah banyak bangunan termasuk rumah warga yang rusak. Bangunan-bangunan yang rusak diakibatkan dari tidak adanya pengetahuan dan praktek-praktek yang mendukung pelaksanaan pembangunan atau konstruksi aman gempa di daerah-daerah rentan terhadap bencana gempa bumi.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap kontruksi aman gempa maka Oxfam dan Jejaring RBHK membutuhkan lembaga yang mempunyai kapasitas dan pengalaman dalam bidang pelatihan ini.

Lembaga atau organisasi ini akan melatih masyarakat pemilik rumah dan tukang atau pekerja bangunan di daerah dampingan yang terkena dampak gempa di Pidie Jaya.

Obyektif
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam praktek-paktek pelaksanaan konstruksi bangunan aman gempa bagi masyarakat di daerah terdampak bencana gempa di Pidie jaya. Masyarakat yang dilatih antara lain:

  • 25 orang pemilik rumah terutama ibu-ibu rumah tangga dan penggerak masyarakat di daerah- daerah dampingan.
  • 25 orang tukang atau pekerja bangunan dalam hal pelaksanaan
Pencapaian
Hasil yang diharapkan dalam pelatihan peningkatan pengetahuan dan praktek pelaksanaan konstruksi aman gempa yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pemilik rumah di daerah dampingan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik dalam hal pelaksanaan pembangunan atau konstruksi aman gempa sehinga bisa terlibat langsung dalam pengawasan pembangunan rumah atau fasilitas-fasilitas di daerah tempat tinggalnya
  • Para pekerja bangunan atau tukang di daerah dampingan memiliki pengetahuan yang memadai dalam pelaksanaan konstruksi tahan gempa di lingkungan tempat tinggalnya.
  • Para tukang dan pemilik rumah yang sudah dilatih akan menyebarluaskan pengetahuan dan informasi tentang rumah aman gempa kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.
Peserta

  • Peserta pelatihan pelaksanaan konstruksi aman gempa adalah masyarakat dan tukang dari daerah dampingan dalam program tanggap darurat gempa di Pidie Jaya.
  • Untuk sesi pelatihan bagi pemilik rumah, peserta adalah 25 orang pemilik rumah terutama ibu-ibu rumah tangga dan penggerak masyarakat di daerah-daerah dampingan
  • Untuk sesi pelatihan bagi tukang atau pekerja bangunan, peserta adalah 25 orang tukang dan pekerja bangunan yang berasal dari daerah dampingan program tanggap darurat gempa Pidie Jaya.

Tempat Pelaksanaan
Pidie Jaya, (lokasi akan ditentukan oleh partner dan masyarakat di daerah dampingan)

Jadwal Kegiatan
Pelatihan pelaksanaan konstruksi aman gempa akan berlangsung selama 4 hari di bulan April 2017.

Proposal, CV dan penganggaran biaya dapat dikirimkan melalui email ke: jakarta@oxfam.org.uk, dengan subject : Konsultan Pelatihan Peningkatan Pemahaman Masyarakat dalam Praktek-Praktek Pembangunan Rumah Aman Gempa

Batas pengiriman akhir proposal: 24 April 2017

Promotes equality and diversity

Oxfam works with others to overcome poverty and suffering.

Oxfam GB is a member of Oxfam International and a company limited by guarantee registered in England No. 612172.

Registered office: Oxfam House, John Smith Drive, Cowley, Oxford, OX4 2JY.

A registered charity in England and Wales (no 202918) and Scotland (SC 039042)