Care International Indonesia Membuka Lowongan Kerja Sebagai Penulis Modul Penempatan di Jakarta - Kerja Ngo

Post Top Ad

Care International Indonesia Membuka Lowongan Kerja Sebagai Penulis Modul Penempatan di Jakarta

CARE International Indonesia (CII) adalah LSM Internasional yang telah beroperasi sejak lama di Indonesia dalam program tanggap darurat, kegiatan transisi yang berfokus pada pertanian, gizi dan berbagai prakarsa pembangunan di berbagai bidang seperti air dan sanitasi, kesehatan dan usaha & pengembangan ekonomi.

CARE International Indonesia di Kantor Pusat Jakarta, saat ini sedang membutuhkan posisi sebagai berikut:

POSISI: PENULIS MODUL (KONSULTAN)
DEPARTMEN/PROYEK: PROGRAM/P.A.C.E In the COMMUNITY
LAPORAN KE: PROJECT MANAGER

LATAR BELAKANG
The Personal Advancement and Career Enhancement (P.A.C.E.) in Community Program (Program Kemajuan Diri dan Peningkatan Karir dalam Komunitas) adalah sebuah program kolaborasi antara GAP Inc. dan CARE Internasional Indonesia (CII), melanjutkan kesuksesan dari program P.A.C.E. sebelumnya yang menargetkan perempuan pekerja pabrik di beberapa wilayah di Indonesia. Program P.A.C.E Komunitas secara khusus akan mendukung para perempuan dan remaja yang masuk dalam kategori masyarakat miskin dan tinggal dipinggiran sungai Jakarta. Program P.A.C.E. Komunitas ini menggunakan pendekatan yang sama dengan program P.A.C.E. sebelumnya, yaitu peningkatan kapasitas melalui pemberian pelatihan empat modul dasar: Komunikasi, Penyelesaian Masalah dan Pengambilan Keputusan, Manajemen Waktu dan Stress, serta Melek Keuangan, yang semuanya telah diadaptasikan dengan kebutuhan dan rencana pembangunan manusia di area pinggiran sungai Jakarta, CII juga akan menyediakan pelatihan kepemimpinan untuk perempuan.

Program P.A.C.E. Komunitas, secara spesifik menargetkan masyarakat perkotaan yang berlokasi di Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, berkolaborasi dengan Cordaid, sebuah agensi kemanusiaan yang dekat dan telah lama menjalin kerja sama dengan CII. Cordaid, melalui dukungannya kepada Karina KWI Yogyakarta dan Bina Swadaya Konsultan, telah memulai sebuah program ketahanan di Marunda dengan melakukan kajian partisipatoris kebutuhan masyarakat perkotaan, pemetaan resiko dan bahaya, dan proses penguatan multi-pihak dengan nama Program MURIA (Marunda Urban Resilience in Action) yang melibatkan komunitas lokal, Lembaga Non-Pemerintah, Sektor Swasta dan Pemerintah untuk bersama-sama membangun ketahanan masyarakat perkotaan. CII yakin bahwa program rintisan ini akan menjadi sebuah pembelajaran yang baik untuk memperlihatkan bahwa program P.A.C.E. yang memprioritaskan perempuan dan remaja dapat dikombinasikan dengan program pembangunan ketahanan masyarakat. CII telah mendemonstrasikan bahwa modul-modul pembelajaran P.A.C.E. dapat diintergrasikan kedalam program ketahanan perkotaan, dan dapat mendorong perempuan dan remaja untuk memiliki peran yang lebih menonjol dalam pembangunan ketahanan masyarakat perkotaan.

Saat ini, CII sedang melanjutkan kembali kerjasamanya dengan program MURIA. Integrasi dari program rintisan P.A.C.E. dan MURIA telah menghasilkan capaian yang luar biasa, dan karenanya CII ingin meningkatkan capaian ini dan mereplikasinya untuk area yang lebih luas, sehingga dapat mememberikan dampak positif yang lebih luas. Mempertimbangkan bahwa masih ada banyak permasalahan yang ada di Marunda terkait dengan minimnya kapasitas perempuan dalam mengelola perekonomian rumah tangga melalui usaha mikro dan kecil, karenanya, CII sangat terdorong untuk mencarikan solusi dan membantu perubahan mendasar dengan memperkenalkan modul pelatihan tentang kewirausahaan. Dalam rangka mengadaptasikan modul standar dari GAP Inc. agar sesuai dengan konteks dan kebutuhan masyarakat local, dan secara khusus dapat dipraktekkan oleh masyarakat Marunda, CII akan melaksanakan kegiatan “Adopsi dan Pembuatan Modul Kewirausahaan”.

TUJUAN
Tujuan dari “Adopsi dan Pembuatan Modul Kewirausahaan” adalah untuk mengadaptasikan isi modul standar dari GAP Inc. (“How to Run a small Business Community Program”) ke dalam modul baru yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan komunitas di Marunda, sehingga dapat diterapkan dalam pelatihan kewirausahaan yang akan diberikan kepada para perempuan dan remaja khususnya, serta dapat dijadikan rujukan bagi masyarakat umum.

LINGKUP PEKERJAAN
Lingkup pekerjaan dari aktivitas “Adopsi dan Pembuatan Modul Kewirausahaan” diantaranya:
  • Menerjemahkan, menulis ulang dan mengadopsikan isi modul “How to Run a small Business” menjadi modul baru Kewirausahaan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan komunitas Marunda. (contoh studi kasus wirausaha: Urban Farming, Warung Kelontong/Makanan, Bank Sampah, Jasa laundry/Salon Kecantikan);
  • Mendesain/layout hasil tulisan point 1 menjadi modul yang siap dicetak; 
  • Mendesain/layout instruksi kalender sebagai alat bantu dalam pelatihan, yang telah disesuaikan dengan pesan-pesan kunci dalam modul.
HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan dari aktivitas “Adopsi dan Pembuatan Modul Kewirausahaan” antara lain:
  • Satu buah modul kewirausahaan yang sudah diadopsikan dan disesuaikan dengan studi kasus/kebutuhan komunitas Marunda. (ditulis dalam format microsoft word - MW).
  • File design/layout modul kewirausahaan yang siap dicetak (dibuat dalam format Corel/design lain).
  • File design/layout instruksi kalender yang siap dicetak (dibuat dalam format Corel/design lain).
WAKTU
Konsultan di harapkan untuk menyelesaikan tugasnya dalam waktu periode 15 Mei 2017 s.d 22 Juni 2017

KUALIFIKASI
Pelaksana dari aktivitas ini adalah seorang konsultan/penulis modul yang memiliki kriteria sebagai berikut:
  • Lulusan universitas, dengan background pendididan ekonomi bisnis, agribisnis, manajemen, atau yang memiliki relevansi terhadap keahlian.
  • Memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dibidang kewirausahaan/UMKM/Pengembangan usaha, baik secara teori maupun praktek (dalam bentuk pelatihan, perencanaan dan pendampingan usaha).
  • Memiliki pengalaman dalam mendesain dan membuat modul pelatihan (ditunjukkan dengan contoh hasil tulisan/modul).
  • Lancar dalam berbahasa Inggris, baik secara tertulis maupun verbal, dan memiliki kecakapan dalam menerjemahkan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.
  • Memiliki kecakapan dalam mengetik dan menjalankan Microsoft word
  • Dapat mengoperasikan program corel/InDesign atau sejenisnya untuk membuat desain/layout modul adalah sebuah kelebihan (tapi tidak wajib).
KETENTUAN PENAWARAN
Pelamar yang tertarik harus menyerahkan dokumen-dokumen sebagai berikut:
  • Daftar riwayat hidup individu atau anggota (tim) yang terlibat dalam kegiatan.
  • Sebuah rencana implementasi dengan rincian atau proposal teknis sesuai dengan hasil ruang lingkup pekerjaan yang diharapkan.
  • Proposal keuangan yang menunjukkan harga total kontrak dengan rincian biaya seperti biaya konsultasi, dll.
Silakan mengirimkan aplikasi Anda sebelum tanggal 06 Mei 2017 ke Bagian Sumber Daya Manusia

CARE International Indonesia: recruit941@careind.or.id

"Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi akan terpilih"

Post Top Ad