Advertisement

LOWONGAN KONSULTAN
OXFAM adalah sebuah Organisasi Non Governmental Internasional bekerja di seluruh dunia dengan visi dunia tanpa kemiskinan: sebuah dunia di mana orang dapat mempengaruhi keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka, menikmati hak-hak mereka, dan memikul tanggung jawab mereka sebagai warga dunia di mana semua manusia dihargai dan diperlakukan sama.

Saat ini Oxfam sedang mencari konsultan untuk melakukan pengembangan Indosurvey dan kode QR dalam pengelolaan kebencanaan.

Latar Belakang
Tim Humanitarian/Right in Crisis (RiC) telah mencoba mengembangkan aplikasi IndoSurvey sejak tahun 2016, yang merupakan penyempurnaan dari MICT4D dan MBICT4D. Aplikasi tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tim RiC dalam penggabungan beberapa aplikasi standard yang sudah digunakan oleh Oxfam sebelumnya, seperti Mobenzi dan LMMS (digunakan dalam 2 tahapan respon yang berbeda).

Namun penggunaan aplikasi ini masih terkendala hal teknis seputar kapasitas perangkat keras dan kompatibilitas dengan perangkat, sehingga rencana untuk uji coba aplikasi ini saat respon gempa Pidie Jaya dan banjir Bima menjadi tertunda. Tim RiC kemudian mengembangkan aplikasi lain yang lebih kecil dan ringan untuk memverifikasi penerima manfaat menggunakan QR codes. Aplikasi tersebut sama sekali terpisah dari IndoSurvey. Dalam uji cobanya, aplikasi QR codes ini juga masih terkendala hal teknis dalam membaca kode unik yang ada pada kartu. Dalam rencana jangka panjang, Oxfam sangat membutuhkan aplikasi yang dapat bertahan dan terjangkau. Sehingga apabila akan diserahterimakan ke mitra ataupun pemerintah lokal sebagai komitmen dalam memastikan keberlanjutan penggunaan ICT dalam kesiapsiagaan dan tanggap bencana akan berdampat tepat guna. Oxfam berencana memastikan aplikasi Indo Survey dan QR Codes agar dapat bisa digunakan secara berdampingan dan efektif.

Obyektif
Tujuan dari kegiatan ini adalah penyempurnaan aplikasi IndoSurvey dan QR codes agar dapat digunakan dalam kegiatan kesiapsiagaan dan tanggap bencana mitra-mitra Oxfam di Indonesia.

Hasil

  • Aplikasi Indo Survey dan QR codes yang terintegrasi dan bisa dijalankan dengan baik dengan cara mengurangi atau menghilangkan isu-isu teknis yang muncul sebelumnya.
  • Panduan penggunaan aplikasi dalam Bahasa Indonesia yang tepat guna.
Cakupan Kegiatan

  • Konsultan yang telah dipilih akan mengadakan beberapa kali pertemuan untuk menyamakan persepsi dan identifikasi kebutuhan. Jumlah dan waktu pertemuan akan ditentukan terpisah oleh tim RiC dan vendor program yang di dalam setiap pertemuannya akan membahas perkembangan kegiatan, masukan dan rencana perbaikan.
  • Uji coba aplikasi yang sudah disempurnakan akan dilakukan dalam sebuah simulasi kecil untuk menguji antar muka, respon, kompatibilitas, kecepatan dan ketepatan, serta keluaran dari aplikasi ini. Jadwal dan mekanisme (misalnya: melibatkan mitra RiC untuk memberikan masukan) akan ditentukan terpisah oleh tim RiC dan vendor sesuai kesepakatan.
  • Finalisasi tahapan akhir setelah uji coba dan revisi aplikasi untuk kemudian disebarkan ke mitra-mitra iIC.
Pengetahuan & Pengalaman Yang Dibutuhkan Sebagai Konsultan:
Kriteria utama dalam perekrutan vendor ini adalah kemampuan untuk bekerja dalam waktu yang terbatas dalam menghasilkan aplikasi yang sudah terintegrasi sesuai dengan kebutuhan Oxfam.

Waktu Pengerjaan:
Mei 2017 – Juni 2017

Proposal
Pengajuan proposal diharuskan melampirkan CV dan perkiraan biaya keseluruhan konsultansi Proposal dan perincian biaya dapat dikirimkan melalui email ke: jakarta@oxfam.org.uk dengan subject : Konsultansi Pengembangan Indosurvey dan kode QR untuk Pengelolaan kebencanaan

Batas pengiriman terakhir proposal adalah 12 Mei 2017

Promotes equality and diversity

Oxfam works with others to overcome poverty and suffering.

Oxfam GB is a member of Oxfam International and a company limited by guarantee registered in England No. 612172.

Registered office: Oxfam House, John Smith Drive, Cowley, Oxford, OX4 2JY.

A registered charity in England and Wales (no 202918) and Scotland (SC 039042)