Islamic Relief Membuka Lowongan Relawan Pendataan dan Distribusi Project Livelihood LIRAD di Pidie Jaya - Aceh - Kerja Ngo

Post Top Ad

Islamic Relief Membuka Lowongan Relawan Pendataan dan Distribusi Project Livelihood LIRAD di Pidie Jaya - Aceh

Kerangka Acuan Kegiatan

Pengadaan Konsultan / Relawan Pendataan dan Distribusi

Project Livelihood LIRAD (Livelihood After Disaster) Pemulihan Penghidupan setelah bencana melalui Penyediaan dan Rehabilitasi sumber mata pencaharian.

  • Lokasi Kegiatan: Kab. Pidie Jaya, Aceh
  • Periode Kegiatan: Juli – Agustus 2017
  • Batas Akhir Pemasukan Proposal: 22 Juni 2017
Latar Belakang dan Dasar Pemikiran
Pengentasan kemiskinan dan penderitaan dari orang-orang termiskin di dunia telah menjadi misi Islamic Relief Worldwide semenjak International NGO ini didirikan di Inggris tahun 1984. Salah satu cara yang ditempuh adalah meningkatkan pendapatan orang - orang termiskin dan rentan melalui pemaparan dan penguatan kapasitas terhadap kesempatan-kesempatan kegiatan keuangan yang ada yang dapat menghasilkan dan meningkatkan pendapatan mereka.

Islamic Relief Indonesia telah ada semenjak tahun 2003 di Indonesia dan berkomitmen untuk pengentasan kemiskinan dan penderitaan tersebut melalui implementasi program-program yang ada pada sector Peningkatan Pendapatan dan Mata Pencaharian atau Livelihood.

Pada tahun program kerja 2017 ini, Islamic Relief Indonesia kembali akan mengimplementasikan program Pemulihan mata pencaharian masyarakat yang terkena dampak bencana di Pidie Jaya melalui penyediaan atau rehabilitasi sumber penghidupan.  Proyek skala kecil ini akan dilakukan melalui Program transfer tunai bersyarat dengan untuk 522 penerima manfaat melalui uang electronic sejumlah 900.000 rupiah per individu. Metodologi ini akan memudahkan keluarga miskin untuk memulihkan aktivitas mata pencaharian mereka dengan menghubungkan mereka dengan pasar yang tersedia yang memasok masukan atau peralatan yang mereka butuhkan untuk mendukung kegiatan mata pencaharian mereka sehari hari selama fase pemulihan.

Selain itu, penerima manfaat dapat memilih input atau peralatan yang sesuai yang mereka butuhkan dari pasar termasuk barang dagangan untuk kios dan penyediaan bibit, bahan, alat / peralatan kerja, untuk bahan pertanian kebun/ladang; dengan imbalan uang electronik yang akan mereka terima dari proyek ini.

Hal ini akan dicapai dengan mendukung pemulihan mata pencaharian keluarga yang paling miskin di wilayah tersebut. Rumah tangga dengan kepala keluarga wanita akan mendapatkan perioritas utama untuk menjadi penerima manfaat dan keluarga yang dikepalai oleh orang orang penyandang cacat serta keluarga miskin.

Tujuan dan ruang lingkup kerja pengadaan konsultan / relawan pendataan dan distribusi Project LIRAD

  • Melakukan perekrutan tim konsultan / relawan untuk menjalankan proses pendataan dan distribusi.
  • Sosialisasi dan kerjasama dengan pihak terkait berkenaan dengan methodology pemberian bantuan. termasuk dengan pemerintah daerah setempat, supplier dan pihak perbankan dalam penyediaan fasilitas e-money.
  • Penjaringan dan pendataan 522 calon penerima manfaat dengan kriteria: pedagang kios kecil dan petani ladang, miskin; yang berlokasi di wilayah terdampak gempa Pidie Jaya pada bulan Desember 2016 lalu.
  • Pengindentifikasikan kebutuhan penerima manfaat, melaksanakan pendataan dan melakukan rekapitulasi kebutuhan barang maupun bahan per individu calon penerima manfaat sebanyak 522 orang
  • Melakukan input data detail (pribadi dan keluarga) calon penerima manfaat dengan telpon genggam pintar menggunakan aplikasi epicollect+ dan website beneficiary.or.id Islamic Relief.
  • Melakukan persiapan distribusi tunai bersyarat, persiapan dan top up e money, melakukan proses distribusi, serta pengawasan proses transaksi pemberian bantuan dengan uang elektronik di poin of sales.

Output:

  • Daftar dan data lengkap penerima manfaat yang terpampang di website beneficieriest sebanyak 522 (Lima ratus dua puluh dua) individu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
  • Daftar dan rekapitulasi kebutuhan barang barang dari 522 penerima manfaat, lengkap dengan nilai barang barang yang didistribusikan
  • Rekapitulasi jumlah dan nilai barang yang di adakan oleh setiap pedagang yang telah ditetapkan sebagai point of sale untuk kepentingan pembayaran.
  • Daftar distribusi penerimaan barang barang kepada 522 penerima manfaat terpampang dalam website beneficiary.or.id dan dalam hard copy.
  • Pelaporan kegiatan Pendataan dan distribusi
Alur Waktu Kegiatan Pengumpulan data, distribusi dan pelaporan
Alur waktu untuk kegiatan ini akan dikerjakan dalam masa waktu 2 bulan ( Juli-August 2017)

Profil Konsultan Data Awal dan Enumerator yang dicari

  • Berpengalaman di dalam mengelola survey, dan/ atau pengumpulan data di lapangan
  • Koordinator tim konsultan / relawan pendataan minimal memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Strata 1 di bidang ekonomi, ilmu social, hukum, dan bidang pengetahuan lain yang relevan dengan project LIRAD
  • Berpengalaman di dalam pengelolaan dan pemrosesan data dengan menggunakan berbagai alat dan perangkat lunak statistic yang relevant.
  • Berpengalaman dalam bekerja dalam tim
Penyampaian Proposal Konsultansi
Dokumen berikut harus disampaikan dalam proposal penawaran:

  • CV dan daftar riwayat hidup konsultan / coordinator relawan
  • Proposal rencana dan metodologi kerja
  • Proposal Biaya
  • List dan resume dari tim relawan pendataan yang akan dilibatkan dalam proses pelaksanaan kegiatan pendataan dan distribusi

Proposal di kirimkan melalui email : procurement@islamic-relief.or.id Batas Akhir Pemasukan Proposal: 22 Juni 2017

Kontak & Mekanisme Komplain Islamic Relief Indonesia
Untuk klarifikasi lebih lanjut dan penyampaian dokumen yang dibutuhkan untuk tahap penseleksian dan pemilihan konsultan dapat menghubungi:

Untuk penyampaian saran dan keluhan berkaitan dengan seleksi dan pemilihan konsultan data awal project dan keseluruhan dari siklus project ini dapat menghubungi dan menyampaikannya kepada:

  • e-mail: lapor@islamic-relief.or.id
  • Telepon: 0813 1956 7256
(Please submit your complaint during official working hours: Monday – Friday, 09.00 – 17.000/ Silahkan sampaikan pengaduan anda pada Hari & Jam Kerja: Senin – Jum’at, jam 09.00 – 17.00)

Post Top Ad