Lowongan Konsultan Penelitian Kolaboratif Pemetaan dan Resolusi Konflik Perkebunan - Kerja Ngo

Informasi Lowongan Kerja Ngo

Post Top Ad

Lowongan Konsultan Penelitian Kolaboratif Pemetaan dan Resolusi Konflik Perkebunan

LOWONGAN KONSULTAN
OXFAM adalah sebuah Organisasi Non Governmental Internasional bekerja di seluruh dunia dengan visi dunia tanpa kemiskinan: sebuah dunia di mana orang dapat mempengaruhi keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka, menikmati hak-hak mereka, dan memikul tanggung jawab mereka sebagai warga  dunia di mana semua manusia dihargai dan diperlakukan sama.

Saat ini Oxfam sedang mencari; Konsultan Penelitian Kolaboratif Pemetaan dan Resolusi Konflik Perkebunan

LATAR BELAKANG
Oxfam di Indonesia sedang mengimplementasikan proyek hak atas pangan, dengan salah satu kegiatannya adalah melakukan pemetaan dan mendorong resolusi konflik di perkebunan kelapa sawit. Hasil pemetaan dan resolusi konflik diprioritaskan untuk memperkuat akses dan kontrol masyarakat miskin dan petani skala kecil terhadap hak atas tanahnya. Konflik perkebunan merupakan satu tipe konflik agrarian yang terjadi merata di seluruh wilayah Indonesia. Konflik dapat terjadi di dalam maupun di luar kawasan hutan dengan melibatkan banyak pihak, mulai petani skala kecil, perusahaan atau grower hingga pemerintah daerah dan pemerintah.Saat ini pemerintah berupaya mendorong percepatan implementasi redistribusi lahan kepada masyarakat miskin dan petani skala kecil. Lahan merupakan satu komponen dalam pemenuhan hak atas pangan dalam dimensi accessibility.

Lahan merupakan sarana utama untuk meningkatkan kesejahteraan. Namun seringkali upaya masyarakat untuk mendapatkan haknya mengalami hambatan karena konflik, sehingga resolusi perlu segera dilakukan. Pengakuan atas lahan bagi masyarakat miskin dan petani dapat menjamin kepastian dan kejelasan penguasaannya (tenurial security).

Salah satu pihak yang penting didorong terlibat aktif dalam resolusi konflik adalah Kementerian ATR/Kepala BPN dalam merespons konflik perkebunan yang melibatkan masyarakat miskin dan petani berskala kecil. Berlatar belakang dari kondisi tersebut, Oxfam di Indonesia membuka penawaran konsultan untuk melakukan penelitian tentang pemetaan dan resolusi konflik perkebunan. Focus penelitian adalah memetakan peluang legal dan resolusi konflik bagi Kementerian ATR/Kepala BPN dalam merespons peluang redistribusi lahan untuk petani perkebunan rakyat.

TUJUAN

  • Tersusunnya penelitian kolaboratif pemetaan legal sebagai upaya resolusi konflik perkebunan berbasis studi kasus empirik;
  • Tersedianya rekomendasi kebijakan untuk meresponse peluang implementasi redistribusi lahan perkebunan yang melibatkan masyarakat miskin dan petani skala kecil.

HASIL YANG DIHARAPKAN
Laporan penelitian kolaboratif tentang pemetaan legal dan upaya resolusi konflik perkebunan dalam kerangka redistribusi lahan.

PENGETAHUAN & PENGALAMAN YANG DIBUTUHKAN
Oxfam membutuhkan konsultan penelitian baik sebuah tim atau organisasi dengan syarat – syarat sebagai berikut:

  • Memiliki pengalaman minimal 5 tahun dalam mengadakan event, tentang /pertanian/ hak atas tanah/ pemetaan;
  • Pemahaman yang baik mengenai advokasi yang menggunakan pendekatan berbasis hak atas pangan;· Memiliki jejaring luas dengan multistakeholders perkebunan;
  • Memiliki konsen dalam advokasi hak atas tanah dan isu-isu perempuan;
  • Bekerja dengan orientasi output atau keluaran;

Durasi Waktu Penelitian
11 September – 14 Desember 2017

Proposal
Pengajuan proposal serta perkiraan budget dan detail pembiayaan dapat dikirimkan lengkap bersama dengan lampiran CV dan portfolio melalui email ke jakarta@oxfam.org.uk, dengan subject Proposal Penelitian Kolaboratif Pemetaan dan Resolusi Konflik Perkebunan.

Batas pengiriman proposal: 6 September 2017

Promotes equality and diversity

Oxfam works with others to overcome poverty and suffering.

Oxfam GB is a member of Oxfam International and a company limited by guarantee registered in England No. 612172.

Registered office: Oxfam House, John Smith Drive, Cowley, Oxford, OX4 2JY.

A registered charity in England and Wales (no 202918) and Scotland (SC 039042)

Post Top Ad