Seefar Membuka Lowongan Liaison Officer - Koordinator Hubungan Antar Lembaga Untuk Jawa Barat & Jawa Tengah - Kerja Ngo

Post Top Ad

Seefar Membuka Lowongan Liaison Officer - Koordinator Hubungan Antar Lembaga Untuk Jawa Barat & Jawa Tengah

SEEFAR - Program Penjangkauan Masyarakat bagi Perbaikan Perekrutan CTKI

Lowongan: Liaison Officer – Koordinator Hubungan antar Lembaga


Batas waktu pendaftaran: 18 Sep 2017

Ringkasan
Seefar membuka lowongan untuk posisi Liaison Officer – Koordinator Hubungan antar Lembaga, dan mencari seseorang yang berbakat dan berdedikasi tinggi untuk mengisi lowongan ini. Liaison Officer – Koordinator Hubungan antar Lembaga ini adalah bagian dari Tim Program Penjangkauan Masyarakat bagi Perbaikan Perekrutan CTKI (Calon Tenaga Kerja Indonesia) yang sedang dilaksanaakan oleh Seefar dan akan melapor langsung kepada Manajer Program di Jakarta. Ini adalah posisi penuh waktu untuk jangka waktu kontrak 10 bulan, dengan kemungkinan perpanjangan. Posisi ini akan berbasis di Kota Cirebon dengan perjalanan dinas ke beberapa lokasi program di tiga kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Uraian Tugas
Kami adalah perusahaan sosial (“social enterprise”) dengan misi bekerja dengan masyarakat marjinal dan rentan untuk membangun masa depan yang lebih baik. Kami mengkhususkan diri pada isu keadilan, migrasi dan inklusi sosial. Keahlian kami ada dalam bidang komunikasi strategis, konseling, konsultasi, monitoring dan evaluasi, serta penelitian. Kami bekerja di Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika Timur, Afrika Utara, Sahel dan Eropa. Untuk informasi lebih lanjut tentang kami, silakan kunjungi DISINI. Untuk mengetahui tentang program serta bidang keahlian kami, silakan kunjungi DISINI.

Perbudakan modern telah menjadi salah satu isu global saat ini, terutama sekali di beberapa kawasan Asia. Korban perbudakan modern seringkali tidak muncul dipermukaan dan tersembunyikan, terutama sekali para pekerja rumah tangga yang tinggal dan bekerja di rumah majikan mereka. Ada banyak sekali calon-calon korban perbudakan diantara jutaan perempuan di beberapa belahan dunia – utamanya dari Indonesia dan Filipina - yang meninggalkan rumah dan keluarga mereka untuk bekerja di negara-negara tujuan seperti Hong Kong dan Singapura. Untuk mendapatkan gambaran tentang proyek ini, silakan kunjungi: CLICK HERE

Posisi Liaison Officer – Koordinator Hubungan antar Lembaga adalah sebuah posisi baru dalam Program Penjangkauan Masyarakat bagi Perbaikan Perekrutan CTKI yang akan memdukung tim program dalam mengkoordinasikan kegiatan penjangkauan dan strategi kampanye lainnya dengan agen-agen (perusahaan), serta pemangku kepentingan terkait perekrutan/penempatan TKI. Liaison Officer – Koordinator Hubungan antar Lembaga bertugas mengembangkan dan mengkoordinasikan kampanye penjangkauan dan kemitraan dengan instansi penempatan dan perekrutan (PPTKIS) yang memiliki kapasitas dan kemauan untuk memperbaiki pelaksanaan penempatan dan perekrutan CTKI.

Peran dan tanggung jawab meliputi:

  • Bekerja sama dengan Tim Program Penjangkauan Masyarakat bagi Perbaikan Perekrutan CTKI dalam menerapkan strategi dan kegiatan penjangkauan di tiga kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Tengah.
  • Secara aktif terlibat dalam diskusi dan menjalin kemitraan atau kerja sama dengan PPTKIS dan aktor perekrutan lain untuk  memperbaiki praktik-praktik pelaksanaan perekrutan
  • Menjalin dan membina hubungan dengan instansi pemerintah daerah yang terkait dalam perekrutan dan penempatan TKI (BNP2TKI, P3PTKI, P4TKI, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi), dan pemangku kepentingan lainnya yang memiliki peran potensial dalam memperbaiki praktik agen perekrutan di tiga kabupaten di Jawa Barat / Tengah. 
  • Berkoordinasi dengan tim program dalam mengembangkan strategi penjangkauan dan materi kampanye guna mempengaruhi praktik perekrutan oleh PPTKIS 
  • Membantu perekrutan fasilitator lokal dari masyarakat sasaran
  • Bekerja dengan tim fasilitator lokal untuk bersama-sama mengembangkan dan melaksanakan kegiatan penjangkauan dan kampanye yang menargetkan PPTKIS dan pekerja rumah tangga migran yang akan berangkat untuk pertama sekali ke luar negeri
  • Membuat instrumen dan melakukan pengumpulan data untuk memantau perubahan praktik agen perekrutan
  • Berdasarkan pemantauan dan pengumpulan data berkala, menyiapkan laporan bulanan kepada manajer program, termasuk melaporkan peluang dan tantangan di lapangan
  • Membantu manajer program dalam mengatur pengumpulan data dari fasilitator lokal dari komunitas sasaran kegiatan

Bekerja dengan Seefar
Personel dan mantan personel Seefar telah mencatat beberapa poin di bawah ini sebagai hal positif tentang lingkungan dan budaya kerja Seefar:

  • Perusahaan menggabungkan kewiraswastaan dengan fokus pada dampak sosial.
  • Anda bekerja dengan orang-orang yang sangat beragam di berbagai konteks pekerjaan.
  • Adanya tingkat kepercayaan yang tinggi yang akan membantu Anda bekerja secara mandiri.
  • Orang-orang di perusahaan mendorong inovasi dan eksperimen.
  • Pencapaian hasil lebih diprioritaskan dibandingkan dengan struktur dan alur kerja yang kaku.
  • Anda tidak pernah bosan dan selalu tertantang.
Personel dan mantan personel Seefar telah pula mencatat hal-hal di bawah ini sebagai beberpa kelemahan dari ingkungan dan budaya kerja Seefar:

  • Berkolaborasi dengan tim yang tersebar jauh secara geografis membutuhkan fleksibilitas dan kesabaran.
  • Bekerja dari jarak jauh dapat membuat Anda merasa terisolasi dan mengharuskan Anda menginvestasikan waktu dalam berkomunikasi.
  • Jadwal perjalanan terkadang berat.
  • Fase kerja dan pertumbuhan tinggi mensyaratkan pemecahan masalah yang cepat karena sistem perusahaan yang juga berkembang dengan cepat.
  • Kegiatan akan berlangsung sangat cepat sehingga Anda dituntut untuk produktif dan mampu memprioritaskan pekerjaan secara efektif.
Kandidat yang diinginkan:
Untuk posisi ini, kami memprioritaskan kandidat yang cerdas, antusias dan fokus mendukung pelaksanaan program guna membantu kelompok-kelompok masyarakat rentan. Calon yang ideal diwajibkan memiliki pengalaman setidaknya tiga tahun dalam bidang migrasi atau tema terkait tenaga kerja. Idealnya adalah yang telah berpengalaman dalam menjalin hubungan antar lembaga, penjangkauan dan komunikasi strategis. Memiliki pengalaman bekerja dengan orang-orang dari berbagai budaya dan kepekaan terhadap isu pekerja rumah tangga. Pengalaman sebelumnya bekerja dengan PPTKIS akan sangat dipertimbangkan. Anda harus memiliki kecakapan tinggi dalam koordinasi, implementasi, komunikasi dan pengawasan. Liaison Officer – Koordinator Hubungan antar Lembaga akan bekerja di bawah arahan Manajer Program dan akan berkoordinasi secara teratur dengan tim fasilitator lokal yang bertindak sebagai influencer pasar ketenagakerjaan (TKI – PRT) di daerah sasaran.

Untuk melamar, Anda setidaknya memiliki gelar sarjana (S1 sederajat) di bidang ilmu sosial, hukum atau bidang yang serupa. Anda memiliki setidaknya 3 tahun pengalaman kerja, idealnya dalam tugas-tugas yang sama. Anda memiliki kemampuan dalam menjalin dan membina hubungan dengan instansi pemerintah dan pemangku kepentingan terkait lainnya serta memiliki pengalaman bekerja dengan fasilitator lokal. Anda juga memiliki kemampuan untuk mengelola dan memprioritaskan beban kerja Anda sendiri secara mandiri dan dengan pengawasan terbatas. Anda dapat mengatur dan mengkoordinasikan orang lain dengan cara yang positif dan bermanfaat. Anda cakap dalam membangun hubungan baik dan bekerja sama dengan agen perekrutan untuk mengidentifikasi cara untuk memperbaiki praktik saat ini dan mengembangkan strategi kampanye terkait. Anda dapat melaporkan kemajuan dengan jelas dan singkat, memberikan bukti yang diperlukan berdasarkan pengumpulan data. Anda menyadari pentingnya umpan balik dan akan termotivasi oleh kerangka kerja dan kinerja perusahaan yang berfokus pada dampak sosial. Anda juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk penggunaan dasar perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan internet.

Untuk melamar posisi ini:
Kirimkan lamaran anda pada atau sebelum 18 September 2017, dengan memastikan dan menyertakan beberapa hal berikut melalui email ke amron@seefar.org:

1. Anda memenuhi persyaratan minimum ini:

  • Memiliki gelar sarjana di bidang ilmu sosial, hukum atau sejenisnya.
  • Memiliki kemampuan berkoordinasi, komunikasi dan analisis yang baik.
  • Telah dan atau bersedia berdomisili di Kota Cirebon.
  • Berpengalaman dalam bermitra dan bekerja sama dengan lembaga pemerintah daerah.
  • Pengalaman kerja selama 3 tahun dalam bidang migrasi atau tema terkait dengan ketenagakerjaan, idealnya adalah dengan pengalaman menjalin hubungan antar lembaga dan komunikasi strategis.
2. Lampirkan CV dalam format Word atau PDF.

3. Dalam format Word atau PDF, siapkan surat pengantar yang mencakup poin-poin di bawah ini.

  • 1 atau 2 paragraf yang menunjukkan keberhasilan anda dalam menjalin hubungan atau berkoordinasi dengan aktor lokal, yang membuahkan hasil yang nyata. Apa konteksnya? Apa peran Anda? Bagaimana Anda menemukan solusinya? Apa hasilnya?
  • 1 atau 2 paragraf yang menjelaskan bagaimana Anda akan mendekati dan membangun hubungan baik dengan agen perekrutan (PPTKIS)

Post Top Ad