Borneo Nature Foundation Membuka Lowongan Koordinator Lapangan Untuk Program Barito Ulu - Kamp Rekut, Puruk Cahu - Palangka Raya - Kerja Ngo

Informasi Lowongan Kerja Ngo

Post Top Ad

Borneo Nature Foundation Membuka Lowongan Koordinator Lapangan Untuk Program Barito Ulu - Kamp Rekut, Puruk Cahu - Palangka Raya

Deskripsi Posisi:
BNF mencari Koordinator Lapangan untuk mengelola manajemen dan kegiatan penelitian di lapangan dari Program baru kami di Barito Ulu di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan, Indonesia. Kawasan ini sebelumnya adalah kawasan Proyek Barito Ulu, Sungai Busang. BNF bermaksud untuk membangun dan menghidupkan kembali proyek penelitian dan konservasi di Kamp Rekut, Kabupaten Murung Raya. Tugas pertama adalah membantu merekrut dan melatih tim peneliti lapangan lokal, membantu kegiatan sosialisasi proyek kepada multistakeholder lokal, mengkoordinir rencana dan proses renovasi kamp. Setelah itu, juga akan terlibat dalam kegiatan penelitian dan manajemen logistik.

Lebih disukai pelamar yang berkewarganegaraan Indonesia, berpengalaman kerja di bidang penelitian lingkungan, mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tim, dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang baik, secara lisan maupun tulisan. Posisi ini akan berbasis di lapangan, yaitu di Kamp Penelitian Rekut, dimana fasilitasnya masih sangat minim. Walaupun demikian, posisi ini akan mencakup kunjungan rutin ke kantor-kantor (BNF, pemerintah, dan multistakeholder) di Puruk Cahu dan Palangka Raya.

Lokasi Kerja:
Kamp Rekut, Puruk Cahu

Tugas dan Tanggung Jawab:
Koordinator Lapangan akan bekerja bersama dengan Staf yang mensupervisi, Direktur dan pihak-pihak Eksternal yang relevan di BNF, dalam:

  • Tugas dan tanggung jawab utama adalah memastikan kelancaran kegiatan Program Barito Ulu (PBU) di lapangan. Mencakup berbagai tanggung jawab, namun beberapa di antaranya tidak selalu dapat diantisipasi sebelumnya, dan bersedia untuk menerima fleksibilitas dalam tugas jika diperlukan.
  • Membantu mengkoordinir renovasi kamp penelitian Rekut, termasuk bekerjasama dengan staf lokal untuk mengkoordinir material dan tenaga konstruksi yang diperlukan. Bertanggung jawab dalam mengelola kamp, termasuk mengkoordinir keperluan logistik dan suplai makanan.
  • Membantu merekrut dan melatih tim peneliti lokal dan asisten logistik (misalnya: juru masak), sesuai dengan arahan Staf Pengembangan Program PBU-BNF.
  • Mengelola jadwal harian dan personil proyek penelitian di Kamp Rekut- PBU. Kegiatan mencakup penelitian habitat, populasi primata, keanekaragaman hayati, pemetaan dan survei sosial di kamp penelitian Rekut dan kawasan hutan yang lebih luas di Barito Ulu.
  • Memastikan bahwa data telah terkumpul dengan benar sesuai dengan SOP yang relevan dan standar kualitas, memasukan data dengan benar, disimpan dan diback-up ke dalam database elektronik.
  • Membantu mengkoordinir siswa, relawan dan ekspedisi lainnya di hutan Barito Ulu.
  • Menjadi orang yang utama dalam memfasilitasi komunikasi antara BNF Pusat dengan personil di lapangan.
  • Berkontribusi untuk analisis data, laporan internal dan eksternal, surat- menyurat, protokol dan dokumen atau bahan yang berkaitan dengan PBU lainnya, apabila diperlukan sesuai dengan arahan.
  • Memberikan informasi, cerita, foto, video, dan artikel pendek secara regular diberikan kepada Tim Komunikasi untuk blog BNF.
  • Mengelola dana lapangan PBU, termasuk membayar gaji bulanan untuk staf lapangan, dan memberikan semua catatan/ laporan pengeluaran untuk Akuntan BNF setiap bulan.
  • Menghadiri pertemuan tim BNF, masyarakat, pemerintah, industri dan pertemuan lainnya  di Muara Joloi, Puruk Cahu, Palangka Raya dan lokasi lainnya, serta dapat berperan sebagai penghubung Antara BNF dengan para pemangku kepentingan lokal, jika diperlukan.
Kualifikasi/ Pengalaman:

  • Memiliki pengalaman penelitian atau proyek konservasi di hutan tropis (minimal 1 tahun). *Penting 
  • Memiliki pengalaman dalam mengkoordinasi pengumpulan data di lapangan, pelatihan dan memanajemen asisten lapangan.*Penting
  • Memiliki pengalaman bekerja sama dengan masyarakat, pemangku kepentingan dan pemerintah lokal. *Sangat disukai
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan program komputer dengan baik (termasuk Access, Excel, Word, dll.).*Penting
  • Bagus dalam berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. *Penting
  • Mempunyai pengalaman bekerja di Indonesia sebelumnya (WNA) dan mampu berbahasa Indonesia.*Penting
  • Sarjana S2: ekologi, konservasi, primatologi atau disiplin ilmu yang berkaitan.*Disukai (Sarjana S1 dengan pengalaman yang relevan dapat dipertimbangkan).
  • Berpengalaman dalam mengkoordinasi pembangunan kamp. *Disukai
Gaji dan tunjangan: disesuaikan dengan kualifikasi dan pengalaman kerja.

Fasilitas yang disediakan:

  • Biaya transportasi (udara/darat/air) yang relevan, bagi pelamar Indonesia yang berasal dari luar Kalimantan Tengah.
  • Akomodasi dan makan selama berada di kamp penelitian PBU, ditambah akomodasi di Puruk Cahu dan Palangka Raya.
Jangka waktu kontrak:

  • Satu tahun (dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak)
Batas waktu Lamaran:
Tanggal 15 Oktober 2017 atau sampai posisi telah terisi.

Wawancara akan dilaksanakan di minggu 2 (dua) bulan November 2017. 

Catatan:
Silakan mengirim alamat email ataupun no telpon/ hp surat pengantar dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang menjelaskan mengapa Anda yakin bahwa Anda sesuai untuk posisi ini dan dari mana anda mendapatkan informasi tentang lowongan ini, cantumkan CV terbaru dan 2 alamat email dan kontak pemberi referensi yang bisa dihubungi ke HRD BNF: wiwin@borneonature.org dengan judul posisi yang dilamar dan nama anda sebagai subjeknya.

Post Top Ad