University of Hawaiʻi Membutuhkan 8 Orang Tenaga Asisten Penelitian Lapangan Untuk Wilayah Indonesia - Kerja Ngo

Post Top Ad

University of Hawaiʻi Membutuhkan 8 Orang Tenaga Asisten Penelitian Lapangan Untuk Wilayah Indonesia

Lowongan Untuk Asisten Peneliti Lapangan

Kami mencari 8 tenaga asisten peneliti lapangan dengan pengalaman melakukan riset dengan metode etnografi. Mereka akan berpartisipasi dalam sebuah proyek penelitian yang didukung oleh Nasional Science Foundation, dengan topik “Labor Migration and Effects of Remittances and Commodity Enclosures on Industrial Agricultural and Forest Landscapes.” Setiap asisten peneliti lapangan akan bekerja di salah satu dari empat lokasi riset yang berada di Sumatera Utara, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan Barat. Asisten peneliti lapangan akan bekerja dengan dan berkontribusi pada suatu penelitian yang interdisiplin yang dikoordinir oleh Dr. Nancy L. Peluso (University of California, Berkeley), serta termasuk Dr. Kimberly Carlson (University of Hawaii-Manoa), Dr. Lisa Kelley (University of Hawaii-Manoa), dan Suraya Afiff (Universitas Indonesia).

Asisten peneliti akan melakukan penelitian etnografi dan atau melakukan wawancara mendalam dan survey di lokasi yang relatif terpencil di pedesaan.

Dua asisten peneliti untuk setiap lokasi penelitian akan bekerja mengumpulkan data lapangan dan menulis laporan selama paling sedikit 4 bulan per tahun dalam rentang waktu 3 tahun total waktu proyek penelitian (2018-2020).

Proyek penelitian akan menggunakan pendekatan ekologi politik, dan para asisten peneliti lapangan bertugas mengumpulkan informasi tentang pemanfaatan lahan, tenaga kerja, dan life histories dari para migran yang pulang, serta dari para keluarga petani dengan dan tanpa anggota keluarga yang pergi bermigrasi, termasuk pula dari pemerintah, dan lembaga-lembaga nonpemerintah lainnya. Riset ini bermaksud menjawab tiga pertanyaaan penelitian utama tentang hubungan antara tenaga kerja migran, pemanfaatan lahan, dan pengaturan tenurial lahan di pedesaan yang berada di sekitar perusahaan perkebunan dan kehutanan skala besar:
  • Bagaimana perusahaan perkebunan dan kehutanan skala besar mempengaruhi tingkat dan pola dari migrasi tenaga kerja di komunitas sekitarnya?
  • Bagaimana migrasi tenaga kerja merubah pembagian kerja dalam rumah tangga dan kontrol atas sumberdaya di pemukiman agraris disekeliling konsesi-konsesi besar?
  • Bagaimana remitansi dan pola-pola baru dari kontrol sumberdaya oleh rumah tangga dari tenaga kerja migran selanjutkan menghasilkan efek pada pemanfaatan lahan dan tutupan lahan di lansekap pedesaan yang didominasi oleh konsesi komoditi skala besar.
Asisten peneliti lapangan diharapkan bersedia untuk menghabiskan waktunya, tinggal, dan bekerja di lokasi penelitian di pedesaan di dalam dan sekitar konsesi perusahaan skala besar.

Kami mencari individu yang memiliki keingintahuan yang besar, memiliki kemampuan pengorganisasian yang baik, kemampuan bekerja mandiri, dan kemampuan berkomunikasi baik lisan dan tertulis, dan memiliki perhatian pada hal-hal detail dalam penelitian. Mereka haruslah individu yang mudah bergaul dengan orang-orang yang beragam tingkat dari mulai kepala desa hingga pegawai kabupaten dan masyarakat desa umumnya.

Sebagai tambahan dari pendekatan etnografi, asisten peneliti lapangan harus bersedia melakukan perjalanan cukup banyak, tidak tertutup kemungkinan dengan berjalan kaki, untuk mengumpulkan data-data landskap sekeliling tempat penelitiannya secara berkala.

Meskipun ketika bekerja asisten peneliti lapangan tidak selalu akan didampingi oleh peneliti utama, mereka akan mendapatkan pelatihan terkait metodologi yang relevan sebagaimana diperlukan. Asisten peneliti lapangan juga akan mendapatkan pendampingan secara profesional dan dukungan dari rekan peneliti utama dari proyek riset ini di setiap lokasi.

Para peminat untuk posisi ini diharapkan untuk memasukkan surat aplikasi, yang dilampiri oleh sejumlah dokumen sebagai berikut:
  • Riwayat pendidikan dan pengalaman bekerja (CV) yang menjelaskan dengan rinci pengalaman penelitian mereka di masa lalu
  • Dua surat rekomendasi dari atasan peneliti sebelumnya atau dari dosen pembimbing mereka, dan
  • Contoh singkat dari hasil tulisan mereka sebelumnya terkait penelitian.
Dalam surat aplikasi, harus dijelaskan pengalaman dan kualifikasi untuk bekerja di salah satu atau lebih tempat yang menjadi lokasi dari proyek riset ini. Para pengusul diminta untuk memasukkan aplikasi yang ditujukan ke semua peneliti utama proyek riset ini (npeluso@berkley.edu, surayaafiff@yahoo.com, kimberly.carlson@hawaii.edu, dan lckelley@hawaii.edu) tidak lebih dari tanggal 15 Desember 2017. Kami hanya akan mengontak para pengusul yang masuk daftar seleksi untuk wawancara, di awal Januari 2018. Wawancara untuk para calon yang terseleksi akan dilakukan lewat skype atau tatap muka di Jakarta.

Konsekuensi transportasi, akomodasi, atau kebutuhan lain yang diperlukan untuk keperluan wawancara, apa bila ada, diluar tanggungan kami.

Post Top Ad