Yayasan Walang Perempuan Ambon Membutuhkan Tenaga Eksternal Audit - Kerja Ngo

Post Top Ad

Yayasan Walang Perempuan Ambon Membutuhkan Tenaga Eksternal Audit

TERM OF REFFERENCE AUDIT EKSTERNAL
PROYEK MEMBERDAYAKAN KAPASITAS DAN PERAN PEREMPUAN ADAT MELALUI PENGUATAN LEMBAGA ADAT DI 5 NEGERI ADAT 
YANG DILAKSANAKAN OLEH YAYASAN WALANG PEREMPUAN

LATAR BELAKANG
Proyek penguatan perempuan adat yang dilaksanakan oleh Yayasan Walang Perempuan Ambon (YWP) tahap I telah dilaksanakan. Selanjutnya YWP kembali lagi dipercaya untuk melanjutkan program ini untuk 2 tahun program yaitu tahun 2016-2017 dan 2017-2018. Program akan berakhir di Juni 2018.
Dalam melaksanakan proyeknya, YWP telah berusaha menerapkan standar administrasi proyek sebaik mungkin dalam segala aspek, baik perencanaan, pelaksanaan, monitoring, audit, adminitrasi, keuangan, pembagian kerja, pengadaan barang dan lain-lain.
Untuk mengetahui sejauhmana efektifitas, kepatutan, kepatuhan dan kebenaran manajemen dalam melaksanakan kegiatan baik di dalam kantor maupun di lapangan, maka proyek ini perlu untuk di audit. Audit ini dilakukan untuk memperoleh pembelajaran terbaik dari setiap langkah manajemen dan mendapatkan catatan yang layak agar menjadi rekomendasi selanjutnya. Audit dilaksanakan baik secara internal maupun eksternal untuk menjamin adanya keadilan dan keseimbangan penilaian. Kegiatan Audit Eksternal lebih di fokuskan pada tahun 2017-2018 ( 1 tahun )
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup audit ini meliputi :
  • Audit keuangan  program, berhubungan dengan sejauhmana pengelolaan keuangan yang dilakukan sesuai dengan prosedur. Audit ini meliputi pengelolaan dana hibah pada rekening bank, rekening kas kecil, prosedur dan cara pembayaran, bukti-bukti pendukung pembayaran atau pengeluaran.
  • Audit kepatuhan, berhubungan dengan  pengelolaan keuangan  lembaga  sejak  Januari s/d Desember  2016  dan Januari s/d Desember 2017 dengan merujuk pada SAK.
  • Audit Manajemen/Operasional, berhubungan dengan bagaimana administrasi kantor di jalankan sehingga tercapai keefisiansi dan efektiftifan dalam bekerja yang menyangkut pemeriksaan administrasi : struktur organisasi, uraian tugas  dan surat menyurat. Waktu pelaksanaan audit di laksanakan sejak tanggal 15 Mei – 15 Juni 2018. 

TUJUAN AUDIT
Tujuan audit ini adalah untuk:
  • Memperoleh informasi proses, ketaatan, dan kepatuhan YWP dalam semua aspek terkait pencatatan keuangan, adminitrasi dan dokumentasi proyek.
  • Memperoleh penilaian atas  pelaksanaan program baik dari sisi transparency maupun accountability.
  • Menilai kesesuaian penyajian laporan keuangan dengan standart akuntansi yang berlaku(SAK)

FORMAT LAPORAN
Auditor wajib menyusun laporan audit dengan outline sekurang-kurangnya sebagai berikut:
  1. Opini auditor independen atas laporan keuangan yang terdiri dari :
    • Laporan sumber dan pengunaan dana
    • Laporan budget dan realisasi.
    • Catatan atas laporan keuangan.
  1. MANAGEMEN LETTER :
    • Kesesuaian antara kebijakan/ketentuan yang telah ditetapkan dengan pelaksanaanya.
    • Kelemahan sistim pengendalian intern.
  1. Standart pelaporan mengikuti standar baku pelaporan audit independent.
PEMBIAYAAN
Untuk biaya audit ini, para calon auditor dapat mengajukan rencana anggaran biaya untuk dinegosiasikan dengan Pimpinan Yayasan Walang Perempuan Ambon. Anggaran yang disepakati menjadi bagian dari materi dalam MOU antara pihak eksternal auditor dan YWP.

Letter of interest dapat diajukan ke Direktur Yayasan Walang Perempuan melalui email: ellaloupatty @yahoo.com , paling lambat tanggal 13 Mei 2018 Pukul 17 WIB

PENUTUP
Demikian TOR audit final ini dibuat oleh YWP, untuk menjadi acuan bagi semua pihak dan agar dapat dipedomani dengan sebaik-baiknya.

Ambon, 30 April 2018.
Yayasan Walang Perempuan Ambon

Daniella  Loupatty
Direktur

Post Top Ad