Serikat Petani Kelapa Sawit Indonesia Membutuhkan Tenaga Geographic Information System Untuk Wilayah Sumatera & Kalimantan - Kerja Ngo

Post Top Ad

Serikat Petani Kelapa Sawit Indonesia Membutuhkan Tenaga Geographic Information System Untuk Wilayah Sumatera & Kalimantan

Serikat petani Kelapa Sawit (SPKS) adalah organisasi petani kelapa sawit skala kecil yang didirikan pada 9 Juni 2006 dan dideklarasikan pada 2013. Organisasi ini bersama anggotanya yakni petani sawit memperkuat skala keberlanjutan, kesejahteraan dan kemandirian petani melalui pembangunan kapasitas, kelembagaan ekonomi dan fasilitasi akses petani dalam berbagai sektor keuangan, kebijakan yang berpihak, dan akses pemasaran dan keberlanjutan.

Saat ini, SPKS sudah berada di lima Provinsi dan delapan Kabupaten. Delapan kabupaten tersebut di antaranya Labuhan Batu Utara (Sumut), Tanjung Jabung Barat (Jambi), Rokan Hulu (Riau), Kuantan Singingi (Riau), Sanggau (Kalbar) Sekadau (Kalbar), Sintang (Kalbar) dan Paser (Kaltim). Anggota SPKS sebanyak 48 ribu petani kecil dengan skala lahan kurang dari 25 hektar dan bekerja langsung dikebun.

Selain memperkuat keorganisasian SPKS baik struktur, program kerja organisasi, keanggotaan, penguatan, pendidikan organisasi dan pelatihan manajemen keuangan SPKS juga tengah melakukan upaya pengembangan organisasi di daerah Kabupaten lainnya di Indonesia yang berpotensi dan memiliki komitmen dan kemauan berorganisasi dari para petani sawit di daerah. Pembentukan dan pengembangan organisasi dilakukan mulai dari komunitas di bawah sampai pada tingkat Nasional.

SPKS membuka kesempatan untuk Posisi GIS

SPKS mencari tim untuk mengisi Posisi geographic information system  (GIS) Assistant Surveyor untuk membantu SPKS dalam kegiatan pemetaan petani sawit swadaya di indonesia. SPKS Sejak tahun 2015 hingga tahun 2018 terus melakukan pemetaan petani kelapa sawit swadaya di indonesia, saat ini telah berjalan di 11 Kabupaten, 5 Propinsi;  telah sekitar dipetakan 7.269 bidang lahan dengan luas 12.154 hektar Labuhan Batu (Sumut), Labuhan Batu utara (Sumut), Tanjung Jabung Barat (Jambi), Batanghari (Jambi), Musi Banyuasin (Sumsel), Sekadau (Kalbar), Sintang (Kalbar), Bengkalis (Riau), Rokan Hulu (Riau), Pelalawan (Riau), Siak (Riau), Paser (Kaltim), Sanggau (Kalbar).

Tugas dan Tanggung Jawab 

  • Mengelola data-data yang sudah ada dan sementara dilakukan di SPKS dalam sebuah sisitim database.
  • Melakukan pelatihan tim SPKS dilapangan lokasi pemetaan petani sawit swadaya di indonesia
  • Melakukan evalusi dan monitoring terhadap kegiatan pemetaan petani sawit swadaya yang dilakukan oleh SPKS di seluruh indonesia.

Kriteria 
Pendidikan, Pengetahuan dan Pengalaman

  • Sarjana Strata 1 (S1) Kehutanan, Geografi, Geofisika, Pertanian, Perkebunan atau yang berhubungan.
  • Menguasai pengelolaan Database & GIS (ArcGIS, KOBO, dll).
  • Memiliki pengalaman bekerja dilapangan dan pernah melakukan survei/pemetaan berhubungan dengan pertanian/perkebunan (Fresh Graduate dipersilahkan melamar).
  • Mampu berbahasa indonesia dengan baik, menguasai bahasa Inggris merupakan nilai tambah
  • Memiliki pengalaman bekerja di NGO merupakan nilai tambah

Proses Aplikasi

  • Batas waktu pengiriman aplikasi lamaran 31 juli 2018
  • Kami akan mempertimbangkan semua aplikasi lamaran yang masuk tetapi hanya akan memanggil beberapa kandidat terpilih.
Silahkan mengirimkan aplikasi lamaran berupa surat lamaran dan CV kepada serikat petani kelapa sawit:

  • Sabarudin : sabarudin.spks@gmail.com
  • Ibrahim : ibrahim.spks@gmail.com

Post Top Ad