KEMITRAAN Partnership Membutuhkan Tenaga Konsultan Untuk Program Restorasi Gambut Tahun 2018 - Kerja Ngo

Post Top Ad

KEMITRAAN Partnership Membutuhkan Tenaga Konsultan Untuk Program Restorasi Gambut Tahun 2018

Kemitraan Bagi Pembaruan Tata Pemerintahan di Indonesia saat ini sedang mencari Konsultan untuk Economic Empowerment & Sustainable Livelihood Specialist (1 orang) dan Civil Engineer Specialist (1 orang) untuk Peat Restoration (Restorasi Gambut).

Jenis Kontrak: Konsultan

Periode: Januari - Desember 2019

Latar Belakang
Kemitraan diberikan mandat untuk mendukung implementasi kegiatan Program Desa Peduli Gambut (DPG) di 109 desa sasaran (setara dengan 11% dari total target restorasi BRG) di 7 provinsi prioritas BRG melalui dukungan dana bantuan Pemerintah Norwegia.

Program DPG merupakan salah satu bagian dari fungsi penghimpunan dan pengakomodasian partisipasi dan dukungan masyarakat dalam restorasi gambut. DPG dengan demikian menjadi kerangka program untuk intervensi pembangunan pada desa-desa/kelurahan di dalam dan sekitar Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) yang menjadi target restorasi gambut. Oleh karena itu, Program DPG menggunakan pendekatan pembangunan desa partisiapatif berbasiskan lanskap ekosistem gambut dan berupaya untuk mendorong pengelolaan gambut dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar lahan gambut yang lebih berkelanjutan.

Dalam rangka merealisasikan pendekatan tersebut, terdapat 5 pilar muatan program yang dijadikan sebagai aras utama pelaksanaan program yakni:
  • Restorasi dan konservasi ekosistem gambut (revegetasi, pembangunan sekat kanal dan sumur bor, skema kemitraan pengelolaan gambut)
  • Perencanaan Desa Partisipatif untuk integrasi restorasi gambut (RPJMDes, RKPDes, APBDes)
  • Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di lahan gambut (UMKM/BUMDes, Pembibitan, Budidaya Pertanian & Perikanan)
  • Revitalisasi Kultural (Pengakuan Hak Masyarakat Adat, Pelestarian Nilai Kearifan Lokal)
  • Resolusi Konflik (Pemetaan potensi konflik terkait upaya restorasi gambut)
Sementara pada level outcome, terdapat 3 outcome utama yang diharapkan dari program ini adalah: (1) Pola pengelolaan gambut yang berkelanjutan dipraktekkan di desa-desa DPG; (2) Terintegrasinya upaya restorasi gambut ke dalam perencanaan desa dan terpenuhinya hak-hak tenurial masyarakat di desa-desa DPG; dan (3) Program DPG teradministrasi dengan baik dan dampaknya dapat diperluas serta direplikasi ke daerah yang lain.

Salah satu pilar Utama  terkait dengan program Desa Peduli Gambut adalah  Revitalisasi Sosial Ekonomi Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan DPG. Revitalisasi sosial ekonomi atau juga yang dikenal dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat ini mencakup berbagai inisiatif terkait pengembangan  ekonomi dan sumber penghidupan berbasis lahan gambut bagi  masyarakat seperti  pengembangan pertanian berbasis paludikultur, budidaya tanaman perkebunan dan kehutanan, pengembangan kegiatan perikanan,  pengembangan wirausaha kelompok di desa, peningkatan kapasitas produksi dan paska panen hingga pengembangan pasar dan tata niaga komoditas unggulan di kawasan DPG. Guna membantu tim dalam merancang strategi serta metode pendekatan yang efektif bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat di lahan gambut, Economic Empowerment & Sustainable Livelihood Specialist diperlukan.

Spesialis akan bertanggungjawab dan melapor langsung kepada Project Manager DPG serta berkoordinasi dengan Project Officer DPG dalam implementasi kegiatan. Spesialis akan berkantor di Jakarta untuk melakukan koordinasi dengan tim dengan merancang beberapa kali kunjungan lapang ke lokasi program untuk memberikan asistensi teknis jika diperlukan.Specialis juga akan bekerja dan memberikan asistensi teknis kepada tenaga ahli pemberdayaan ekonomi dan penghidupan berkelanjutan di tingkat provinsi, staff DPG di tinkat provinsi dan fasilitator desa.

DETAIL INFORMASI TENTANG LOWONGAN INI ----> KLIK DISINI

Surat Lamaran dan Curriculum Vitae dikirimkan ke recruitment@kemitraan.or.id dengan menempatkan posisi yang dilamar di subjek email paling lambat tanggal 13 Desember 2018.  

Post Top Ad

......