KEMITRAAN Partnership Job Vacancy: Field Supervisor Untuk Papua - Proyek Desa Peduli Gambut - Kerja Ngo

Post Top Ad

loading...

KEMITRAAN Partnership Job Vacancy: Field Supervisor Untuk Papua - Proyek Desa Peduli Gambut

Titel Jabatan: Field Supervisor for Desa Peduli Gambut (1 posisi/Papua)
Jangka Waktu: 12 bulan (Jan-Des 2019), dengan kemungkinan perpanjangan hingga Maret 2020
Di bawah arahan dan supervisi langsung dari Project Officer Desa Peduli Gambut dan Project Manager DPG, Field Supervisor (FS) akan menyediakan dukungan pengawasan pada wilayah kerja proyek di level provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa target restorasi yang berada dalam wilayah penugasannya, dan bertanggungjawab terhadap koordinasi pelaksanaan kegiatan proyek.
FS juga bertanggungjawab terhadap keseluruhan perencanaan, implementasi dan pemantauan kemajuan proyek, serta fasilitasi terhadap pemenuhan persyaratan dan kebutuhan untuk kelancaran implementasi proyek, membangun sinergi pelaksanaan pekerjaan dengan staf proyek lainnya serta membangun koordinasi dengan pemangku kepentingan kunci di daerah. FS bertanggungjawab atas kelancaran implementasi dan koordinasi dari kegiatan monitoring dan evaluasi kemajuan proyek dengan mutu keluaran yang diharapkan dan dalam kurun waktu yang sesuai, serta mengikuti semua aturan dan prosedur yang diwajibkan oleh manajemen internal maupun pihak donor terkait implementasi kegiatan.
Field Supervisor akan bekerja dengan intensif dengan Project Officer, Project Manager, Monitoring, Evaluation & Learning Unit, Fasilitator Desa, Tenaga Administrasi Keuangan, Konsultan/Tenaga Ahli dan penasihat serta mitra Pemerintah terkait (BRG, MoEF dan Pemerintah Daerah).
Rangkuman Tugas Utama dan Keluaran yang diharapkan:
Posisi FS akan melaksanakan tugas sebagai pimpinan dan koordinator bagi tim proyek dalam wilayah penugasan spesifiknya, dengan tanggungjawab di bawah ini:
Koordinasi aktivitas terkait projek:
Field Supervisor bertanggungjawab terhadap implementasi yang baik atas projek dan untuk memimpin serta mensupervisi kegiatan proyek yang dilaksanakan di wilayah penugasan yang bersangkutan. Field Supervisor juga akan melaksanakan peran supervisi terhadap penyampaian semua keluaran proyek, konsolidasi serta analisis hasil monitoring dan evaluasi proyek.
Adapun implementasi proyek yang dilakukan meliputi:
  • Memimpin koordinasi, implementasi serta mensupervisi mutu keluaran dari kegiatan dan output proyek yang dilaksanakan pada wilayah penugasannya pada level provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa (bekerjasama secara intensif dengan tenaga Fasilitator Desa, Project Officer, Project Manager, Monitoring-Evaluation & Learning Unit serta Tenaga Administratif Keuangan)
  • Membantu tugas Project Officer dalam pelaksanaan kegiatan operasional sehari-hari proyek di wilayah penugasan.
  • Membantu tim program dalam perencanaan, implementasi, hingga monitoring proyek di daerah dan pada tingkat tapak.
  • Membantu tim dalam mengidentifikasi, mengembangkan serta melaksanakan strategi proyek di daerah dan tingkat tapak
  • Menyiapkan serta menyampaikan laporan kepada Project Officer tentang kemajuan dari pelaksanaan proyek
  • Memastikan semua perihal dan keperluan administrative, pengadaan dan keuangan dilakukan tepat waktu (berkoordinasi dengan Admin & Finance Asssitant, serta Finance & Grant Officer di Jakarta)
  • Mengelola serta memelihara dokumentasi hasil proyek seperti database, laporan dan catatan kesepakatan/pertemuan/konsultasi.
  • Memastikan bahwa dokumen proyek disiapkan dan disampaikan sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan proyek
Monitoring dan evaluasi:
  • Melakukan monitoring regular terhadap implementasi proyek dan kemajuannya pada level tapak (kampung)
  • Melaksanakan penilaian kapasitas dan kebutuhan bersamaan dengan Knowleged, Monitoring-Evaluation & Learning (KML) Unit.
  • Dengan berkolaborasi dengan KML unit, mengelaborasi serta memastikan kegiatan monitoring dilakukan sesuai dengan kerangka proyek.
  • Memastikan bahwa semua indicator dan kewajiban kepada BRG dan Donor terkait dengan proyek telah dipenuhi
  • Memastikan bahwa biaya langsung proyek dipergunakan sesuai dengan anggaran biaya yang telah ditetapkan
  • Menyiapkan serta menyampaikan laporan kemajuan proyek triwulanan kepada Project Officer, National Project Manager, and Monitoring, Evaluation, and Learning unit sambil berkoordinasi dengan Admin & Procurement Officer, and Project, Finance and Admin Assistants.
Hubungan eksternal:
  • Membantu Project Officer dalam menjalin komunikasi strategis dengan pejabat/perangkat pemerintah di level kabupaten, kecamatan dan desa/kampung.
  • Mengembangkan serta mengelola hubungan yang proaktif, positif serta professional dengan pemangku kepentingan pemerintah kunci pada tingkat lokal dan akar rumput, termasuk dengan mitra organisasi lainnya, CSO dan media lokal;
  • Mengelola hubungan yang baik dengan media lokal untuk diseminasi dan outreach proyek dengan berkoordinasi dengan Project Officer dan Communication Specialist.
Administrasi:
  • Memastikan bahwa semua kebutuhan administrasi proyek (penyimpanan data, korespondensi dengan pihak luar, dukungan untuk kegiatan proyek, dll) terpenuhi
  • Memastikan ketaatan pelaksanaan proyek dengan kebijakan dan prosedur organisasi (Kemitraan)
MENSUPERVISI:
Fasilitator Desa

BERKOORDINASI DENGAN:
  • Project Officer
  • National Project Manager
  • Monitoring, Evaluation and Learning Manager unit (2 persons)
  • Admin & Procurement Officer
  • Finance & Grant Officer
  • Project Finance & Administration Assisstant
  • Consultants/Experts and Advisors
Kualifikasi Teknis
Pendidikan Memiliki latar belakang pendidikan minimum sarjana (S1) dalam bidang yang terkait dengan kehutanan, pertanian, ilmu sosial dan disiplin ilmu lainnya dengan pengetahuan yang memadai tentang isu kehutanan, lingkungan hidup, dan ekosistem gambut; memiliki pengetahuan yang baik tentang pengelolaan hutan dan gambut, perubahan iklim dan isu pembangunan lainnya yang terkait; komitmen yang tegas terhadap reformasi tata kelola

Pengalaman: Min. 2-3 tahun dalam fasilitasi serta penelitian partisipatif;
Min. 2-3 tahun dengan pengalaman khusus bekerja dengan jejaring masyarakat sipil/ upaya advokasi; Jejaring yang luas dalam bidang perubahan iklim, kehutanan dan lingkungan hidup di tingkat komunitas/daerah penugasan; Pemahaman akan lingkungan dan konteks politik lokal terkait dengan perubahan iklim dan tata kelola hutan dan lahan gambut; Pengalaman bekerja dengan institusi internasional adalah nilai tambah
Surat Lamaran dan Curriculum Vitae dikirimkan ke recruitment@kemitraan.or.id dengan menempatkan posisi yang dilamar di subjek email paling lambat tanggal 11 Januari 2019.

Post Top Ad

Donasi