Lutheran World Relief Mencari Tenaga Pelatih Untuk Inventarisasi Hasil Hutan Bukan Kayu, Buleleng - Kerja Ngo

Post Top Ad

loading...

Lutheran World Relief Mencari Tenaga Pelatih Untuk Inventarisasi Hasil Hutan Bukan Kayu, Buleleng

Vacancy Urgently required: Pelatih untuk Inventarisasi Hasil Hutan Bukan Kayu
Lutheran World Relief, lembaga kemanusian Internasional akan mengadakan pelatihan Inventarisasi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) untuk memperkuat Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD), Kelompok Tani Hutan dan Beberapa Masyarakat Terpilih di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.
Saat ini baik masyarakat ataupun pengurush LPHD memiliki pemahaman terbatas tentang (1) hasil hutan bukan kayu yang punya nilai ekonomis dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat (2) keterampilan dalam menginventarisir HHBK yang ada di hutan desa mereka.
Untuk itu LWR mengadakan  pelatihan yang secara khusus memampukan mereka untuk mengenali dan menginventarisasi produk HHBK yang punya nilai ekonomis dan potensial dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Pelatihan direncanakan  tanggal 1-5 Agustus 2019. Di hari pertama sebanyak 40 peserta dari 4 desa akan dilatih dalam ruang kelas. Topik yang diharapkan di hari pertama adalah: Pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai jenis HHBK yang ada didalam Hutan, Pengetahuan dan pemahaman tentang metoda inventarisasi HHBK, Penyusunan laporan hasil inventarisasi HHBK.
Di hari kedua sampai kelima, pelatihan akan dilakukan di masing-masing hutan desa dengan jumlah peserta 10 orang. Pelatihan akan langsung mempraktekkan apa yang mereka dapatkan di kelas.
Kriteria yang diharapkan dari pelatih adalah:
  • Memiliki pemahaman dan penguasaan yang baik tentang  Hasil Hutan Bukan Kayu.
  • Memiliki pengalaman dalam melatih masyarakat dan LPHD dalam inventarisasi HHBK.
  • Memiliki kemampuan membuat laporan dalam inventarisasi HHBK.
  • Mempunyai pengalaman dalam pendampingan pengembangan usaha produk HHBK.
  • Sangat diharapkan memiliki Alat pendukung dalam inventarisasi Hasil Hutan Bukan Kayu seperti GPS, Klinometer, Phiband, Tally Sheet.
Calon pelatih diharapkan mengirimkan CV dan proposal pelatihan dengan mencantumkan:
  • Gambaran besar kurikulum pelatihan, termasuk metode pelatihan. Gambaran topik yang diharapkan antara lain namun tidak terbatas sebagai berikut:
    • Pengenalan berbagai jenis HHBK didalam Hutan
    • Berbagai metoda inventarisasi HHBK
    • Penyusunan laporan hasil inventarisasi Hutan
  • Biaya pelatihan yang meliputi: honor pelatih, biaya perjalanan, kebutuhan/stationary pelatihan, biaya akomodasi dan biaya lain yang dianggap relevan
  • Metode pembayaran
  • 3 kontak reference yang bisa memberikan informasi kemampuan pelatih dalam inventarisasi Hasil Hutan Bukan Kayu.
Proposal diharapkan diterima paling lambat tanggal 4 Juli 2019. Proposal dan CV dapat dikirim ke: JobsIndo@lwr.org dengan format “Pelatih Inventarisasi HHBK_<nama anda>” di tuliskan dalam Judul Subject dan tuliskan nama anda dalam file CV dan Proposal (contoh: CV_<nama anda>,Proposal_<nama anda>.  Hanya pelamar terpilih akan diundang untuk wawancara.
.

Post Top Ad

Donasi