Yayasan BaKTI - BANGGA PAPUA Project Membuka 2 Posisi Lowongan Pekerjaan Untuk Penempatan di Papua - Kerja Ngo

Post Top Ad

loading...

Yayasan BaKTI - BANGGA PAPUA Project Membuka 2 Posisi Lowongan Pekerjaan Untuk Penempatan di Papua

Provinsi Papua memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi dan perkembangan anak yang sangat rendah di Indonesia. Selain itu, Program perlindungan sosial nasional memiliki cakupan yang terbatas dan tantangan dalam pelaksanaannya. Tantangan tidak hanya dari keterbatasan geografis, dan infrastruktur, tetapi juga dari kompleksitas politik di Papua.
Untuk menjawab tantangan tersebut, pada tahun 2017, Pemerintah Provinsi Papua meluncurkan sebuah program yang diberi nama BANGGA Papua. BANGGA adalah akronim dari Bangun Generasi dan Keluarga Papua Sejahtera. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi anak berusia 0-4 tahun yang merupakan periode kritis dalam perkembangan anak. Dukungan tersebut digunakan untuk meningkatkan nutrisi dan kesehatan anak. Sebagai tahap awal, program ini dilaksanakan di 3 (tiga) kabupaten percontohan  yakni Kabupaten Asmat, Paniai dan Lanny Jaya. Dan pada tahun 2021 direncanakan pengembangannya di seluruh provinsi.
Guna menciptakan “Generasi Emas”, BANGGA Papua juga memberikan bantuan sebesar Rp.200.000,- per bulan bagi anak yang memenuhi syarat. Bantuan tersebut diharapkan bisa digunakan oleh orang tua penerima manfaat untuk menjaga atau memperbaiki gizi anak dan meningkatkan akses anak kepada layanan kesehatan.
Transfer pertama dilakukan pada akhir 2018 dan mencapai 16.000 Ibu dan 20.000 anak di 3 kabupaten. Perluasan ke kabupaten-kabupaten lainnya akan dilakukan pada akhir 2019 atau awal 2020.
Mengingat bahwa fase persiapan yang panjang dan dua pembayaran selesai pada Juli 2019, maka untuk mengetahui tingkat efektifitas dari pelaksanaan Program ini, pemangku kepentingan di tingkat nasional maupun provinsi menginisiasi adanya evaluasi untuk mengetahui proses program, tentang kesesuaiannya dari disain awal, serta bagaimana dampak terhadap rumah tangga penerima dan masyarakat lokal hingga saat ini.
Disamping itu, guna menggali informasi dan bukti-bukti yang terkait proses dan issu-issu dalam Program BANGGA Papua, Yayasan BaKTI melalui dukungan Pemerintah Australian, MAHKOTA dan KOMPAK, akan merekrut Tim Evaluasi yang berkualitas dan berdedikasi tinggi untuk posisi :
  • Governance/Political Economy Specialist, 1 orang
  • Research Assistants,  6 orang

Tujuan
Term of Reference (TOR) ini bertujuan sebagai dasar dalam merekrut tim yang sesuai dengan syarat dan kualifikasi dalam melakukan evaluasi proses BANGGA Papua. Dalam TOR ini juga dijelaskan tentang pendekatan dalam proses evaluasi, pertanyaan-pertanyaan kunci yang harus dijawab, ruang lingkup pekerjaan, posisi, kompetensi, tugas spesifik yang dibutuhkan, pelaporan dan timeline (TOR detail terlampir).
Selain kunjungan lapangan, tim juga akan melakukan evaluasi dengan merujuk pada dokumen operasional BANGGA Papua, dokumen disain program untuk mengukur sejauh mana Pemerintah Provinsi Papua telah mengimplementasikan proses program. 
Pengiriman Pernyataan Minat dan CV
  • Bagi individu yang berminat, kirimkan CV anda ke:  info@bakti.or.id  paling lambat tanggal 19 Agustus 2019.
  • Mohon tuliskan judul/subject  surel  anda sebagai berikut : “…(posisi yang dilamar)… - …(nama anda)…”.
Kriteria:
Kualifikasi yang dibutuhkan dan Uraian tugas secara detail tercantum dalam TOR melalui tautan berikut KLIK DISINI.
Catatan:
Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi yang akan diproses.
.

Post Top Ad

Donasi