Islamic Relief Mencari Konsultan Kesehatan Untuk Penempatan di Kecamatan Kasemen, Kota Serang - Kerja Ngo

Post Top Ad

loading...

Islamic Relief Mencari Konsultan Kesehatan Untuk Penempatan di Kecamatan Kasemen, Kota Serang

Latar Belakang dan Dasar Pemikiran
Islamic Relief Indonesia dengan support dari IR Malaysia dan IR Swedia semenjak April 2018 telah memberikan dukungan penanganan masalah anak gizi buruk di wilayah kota Serang kepada para anak penderita gizi buruk dan para pemangku kepentingan kesehatan anak di Kota Serang.  Dukungan diberikan dalam bentuk penanganan langsung anak-anak gizi buruk yang telah teridentifikasi melalui pendataan Dinas Kesehatan dan para kader untuk pemulihan status gizi anak-anak tersebut dan mencegah kematian ana gizi buruk yang telah sering kali terjadi. Lebih dari 100 anak gizi buruk telah terdata per bulan April 2019 dengan jumlah kematian mencapai 4 anak.


Rangkaian kegiatan proses identifikasi anak gizi buruk, penanganan dan pemberian bantuan telah dilakukan dan cukup efektif berhasil menolong pemulihan status gizi dan kesehatan anak-anak gizi buruk. Untuk pencegahan kemunculan kasus -kasus gizi buruk selanjutnya, project penanganan gizi buruk IR Indonesia dengan dukungan dari IR Swedia  berusaha untuk meningkatkan pemahaman dan memperbaiki perilaku pengasuh anak dan masyarakat luas tentang gizi dan kesehatan keluarga secara umum.

Peningkatan pemahaman dan perbaikan perilaku pengasuh dan masyarakat telah dilakukan melalui kegiatan pembentukan 53 Pos Gizi di 10 Kelurahan Kecamatan Kasemen dengan menggunakan metodologi Positive Deviance. Perpaduan pendekatan Pos Gizi dan Positive deviance menitikberatkan pada masalah perilaku pengasuh, keluarga, dan masyarakat sebagai penyebab utama kekurangan gizi pada tingkat rumah tangga seperti kebiasaan perawatan ibu dan anak yang tidak memadai dalam hal asupan gizi dan pencegahan serta pengobatan penyakit ketika sakit.

Bagian dari strategi Project EHMC berikutnya adalah melibatkan para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk membawa peningkatan pemahaman masyarakat dan keluarga tentang Gizi & Kesehatan serta perubahan perilaku pengasuhan anak. Lebih luas lagi Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama diasumsikan memiliki peran penting di dalam membawa perubahan pemahaman di level masyarakat dan keluarga tentang Kesetaraan Gender, Pernikahan Dini, dan Perlindungan Anak. Ketiga isu tersebut diasumsikan menjadi faktor pendukung dari terjadinya kasus-kasus Gizi Buruk pada anak di Kecamatan Kasemen.

Dengan latar belakang masalah dan kebutuhan implementasi project seperti dijelaskan di atas, Islamic Relief Indonesia membutuhkan jasa layanan konsultasi Mobilisasi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk Pencegahan dan Penanganan Masalah Gizi dan Kesehatan Anak di Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Konsultan akan memberikan masukan dan rekomendasi teknis kepada Tim Project Islamic Relief Indonesia serta memimpin jalannya proses:
  1. Assessment dan Perencanaan implementasi Mobilisasi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk Pencegahan dan Penanganan Masalah Gizi dan Kesehatan Anak
  2. Pelaksanaan Kegiatan Lokakarya Peran Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk Pencegahan dan Penanganan Masalah Gizi dan Kesehatan Anak. Lokakarya akan memberikan bekal bagi Tokoh Agama dan Masyarakat tentang Faktor Utama dan Faktor Pendukung dari Penyebab Masalah Gizi dan Kesehatan Pada Anak.
Faktor utama yaitu pemahaman dan perilaku masyarakat tentang:
  1. Sanitasi dan Kebersihan
  2. Kesehatan Anak
  3. Pemenuhan Gizi Berimbang
  4. Pola Asuh Keluarga yang belum berorientasi pada pemenuhan Hak Anak dan melindungi Anak dari Kekerasan dan Perlakuan Salah
Faktor Pendukung yaitu pemahaman dan perilaku masyarakat tentang:
  1. Praktik Pernikahan Dini di masyarakat
  2. Pemahaman dan Praktik Gender yang belum memunculkan kesetaraan Gender di dalam keluarga dan masyarakat
  3. Isu-isu lain yang relevan dan ditemukan pada saat tahap assessment di level tokoh agama dan tokoh masyarakat 
  4. Implementasi Kegiatan Penyebaran Pesan-Pesan Kesehatan, Gizi Anak, Kesetaraan Gender, dan Perlindungan Anak melalui pertemuan-pertemuan di level masyarakat dalam bentuk pengajian-pengajian berkala dan penyuluhan-penyuluhan.
Pertemuan-pertemuan di level masyarakat akan berfokus pada peningkatan pemahaman tentang Faktor-Faktor Utama dari Penyebab Kesehatan dan Gizi Anak serta Pemahaman dan Perubahan perilaku dari masyarakat tentang Pernikahan Dini dan Kesetaraan Gender.

Cakupan Kerja Pengadaan Konsultan
  1. Melakukan identifikasi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan kasemen dan memetakan peran mereka dalam Pencegahan dan Penanganan Masalah Gizi dan Kesehatan Anak untuk dapat bersinergi dengan para Pemangku Kepentingan lainnya.
  2. Meyusun Modul Pelatihan Lokakarya Mobilisasi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dalam Pencegahan dan Penanganan Masalah Gizi dan Kesehatan Anak
  3. Melaksanakan Pelatihan Lokakarya  Mobilisasi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dalam Pencegahan dan Penanganan Masalah Gizi dan Kesehatan Anak dengan sinergi bersama nara
  4. Memonitor dan mensupervisi para tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dalam melaksanakan pertemuan-pertemuan bersama masyarakat untuk memberdayakan mereka dalam mencegah dan menangani masalah Gizi dan Kesehatan Anak.
Output/ Keluaran Konsultasi
  1. 20 Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan Peran Sinergitas mereka bersama para pemangku kepentingan Gizi dan Kesehatan Anak lainnya yang ada di Kecamatan Kasemen dapat terpetakan dan terdokumentasikan dalam Laporan Assessment
  2. Satu Modul Pelatihan Lokakarya Mobilisasi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dalam Pencegahan dan Penanganan Masalah Gizi dan Kesehatan Anak, Kesetaraan Gender, dan Perlindungan Anak dapat terbuat untuk bahan utama pelaksanaan Pelatihan Lokakarya
  3. Satu Pelatihan Lokakarya selama 4 hari yang diikuti oleh 20 Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Kasemen dapat terdokumentasikan dalam Laporan Pelaksanaan Pelatihan
  4. 10 kali Pertemuan-Pertemuan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat bersama masyarakat dan peserta Pos Gizi/ Posyandu di 10 kelurahan yang ada di kecamatan Kasemen mendapatkan monitoring dan supervise untuk penyempurnaan dan keberlanjutan kegiatan ini di level masyarakat
  5. Satu buah Laporan Akhir Kegiatan Mobilisasi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dalam Peningkatan Kesehatan Anak, Kesetaraan Gender, dan Perlindungan Anak di Kecamatan Kasemen.
Profil Konsultan
  1. Team Konsultan (minimal 2 orang) / Individual konsultan berpengalaman di dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam isu Peningkatan Kesehatan Anak, Gender, dan Perlindungan Anak
  2. Berpengalaman di dalam melakukan penelitian kualitatif dan kuantitatif, evaluasi program, pengumpulan data awal dan akhir sebuah project yang dilengkapi dengan Analisa dan penulisan laporan.
  3. Berpengalaman di dalam merencanakan, mengelola sebuah kegiatan pelatihan dan bertindak sebagai pelatih atau fasilitator
  4. Berpengalaman dalam melakukan  penelitian, survey, dan/ atau pengumpulan data kesehatan di lapangan termasuk pengelolaan dan pemrosesan data dengan menggunakan berbagai alat dan perangkat lunak statistic yang relevant.
  5. Minimal memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Strata 1 di bidang Kesehatan Masyarakat, Ilmu Sosial, Keperawatan, dan disiplin Ilmu lainnya yang relevan.
  6. Berpengalaman bekerja sebagai staff atau konsultan di LSM Asing, National, atau pemerintahan selama +/- 5 tahun.
Pengiriman CV:
Bagi yang berminat silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV ke alamat email: procurement@islamic-relief.or.id,  paling lambat  9 September 2019.
.

Post Top Ad

Donasi