Lembaga Konservasi Burung Indonesia Membutuhkan Tenaga Relawan Asisten Lapangan, Penempatan di Provinsi Jawa Barat - Kerja Ngo

Post Top Ad

loading...

Lembaga Konservasi Burung Indonesia Membutuhkan Tenaga Relawan Asisten Lapangan, Penempatan di Provinsi Jawa Barat

Burung Indonesia adalah organisasi nirlaba yang telah bergiat sejak 15 Juli 2002, bertujuan melestarikan seluruh jenis burung dan habitatnya di Indonesia, serta bekerjasama dengan masyarakat untuk mencapai pembangunan yang lestari. Sejak awal berdirinya, Burung Indonesia telah menjalankan berbagai progam konservasi.


Pada saat ini Burung Indonesia sedang mencari Relawan Asisten Lapangan (Volunteer Field Assistant) untuk membantu dalam kegiatan survei keanekaragaman hayati di Jawa bagian barat. Survei ini dilaksanakan oleh Burung Indonesia bersama dengan Manchester Metropolitan University. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan survei burung, herpetofauna, dan mamalia pada hutan pegunungan di Jawa bagian barat menggunakan kamera jebak, perekam suara, dan observasi langsung.

Kondisi medan pada area survei cukup berat, melibatkan aktivitas berkemah di hutan dengan kondisi yang basah, termasuk berjalan pada jalur survei yang telah ditentukan pada medan yang mendaki. Namun, kegiatan ini menawarkan pengalaman berharga dalam pengambilan data lapangan dan dapat mengetahui lebih banyak tentang keragaman fauna di salah satu hotspot keanekaragaman hayati di dunia.


Survei ini bagian dari proyek besar yang dipimpin oleh Burung Indonesia yang bertujuan untuk mengidentifikasi area prioritas untuk konservasi di dataran tinggi Pulau Jawa. Hasil kegiatan survei lapangan akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan pemilihan kandidat hutan pegunungan prioritas yang akan ditindak lanjuti dalam aksi konservasi untuk peningkatan upaya pengelolaan dan perlindungan kawasan.


Tugas Volunteer Field Assistant:

  1. Bersama tim merencanakan pelaksanaan kegiatan survei;
  2. Melakukan kegiatan survei keanekaragaman hayati di lokasi-lokasi yang telah ditentukan;
  3. Melakukan tabulasi dan analisis data dari hasil survei;
  4. Menyusun laporan teknis pelaksanaan kegiatan survei.
Kualifikasi:
  1. Fresh graduate/ early career conservationist.
  2. Pendidikan S1 Biologi/ Kehutanan/ kelompok ilmu-ilmu hayati.
  3. Memiliki pengalaman dalam melaksanakan kegiatan survei lapangan dan kemampuan mengidentifikasi burung dengan baik.
  4. Mampu bekerja secara mandiri maupun di dalam tim, serta mengutamakan pencapaian hasil.
  5. Penguasaan bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan merupakan nilai tambah.
Kami mengharapkan kandidat yang terpilih akan dapat berpartisipasi dalam kegiatan survei lapangan mulai dari bulan Desember 2019 hingga April 2020 (durasi 5 bulan). Sebagian besar waktunya akan dihabiskan di lapangan, dan berada di Bogor selama jeda waktu kegiatan survei untuk pelaporan dan analisis data.

Surat lamaran dan CV dikirim ke alamat email: recruit@burung.org dengan subyek : (POSISI)_(NAMA LENGKAP) atau bisa langsung kirim ke alamat dibawah ini, paling lambat tanggal 27 November 2019. Hanya pelamar yang memenuhi syarat yang akan dipanggil wawancara.
.

Post Top Ad

Donasi