Pulitzer Center Membuka Dana Hibah Untuk Para Tenaga Jurnalisme Hutan Hujan di Asia Tenggara - Kerja Ngo

Post Top Ad

loading...

Pulitzer Center Membuka Dana Hibah Untuk Para Tenaga Jurnalisme Hutan Hujan di Asia Tenggara

Panggilan proposal: Dana Hibah Jurnalisme Hutan Hujan Asia Tenggara

Pulitzer Center mengundang para jurnalis yang mengerjakan proyek terkait dengan hutan hujan tropis untuk memasukkan proposal ke Dana Hibah Jurnalisme Hutan Hujan Asia Tenggara (Rainforest Journalism Fund - RJF). Ada dua tipe hibah yang tersedia:

  1. Hibah bagi jurnalis yang melakukan peliputan bagi media besar di Amerika dan Eropa tentang hutan tropis di seluruh dunia. (Apliksi harus menggunakan bahasa Inggris).
  2. Hibah bagi jurnalis yang berada dan melaporkan untuk media lokal dan regional di Asia Tenggara. Lihat informasi di bawah ini.

Proyek jurnalisme akan fokus pada tema berikut ini:

  1. Peran hutan tropis terhadap iklim dan pola cuaca secara global, regional, dan local, dan berdampak kepada hidup manusia dan kondisi hidup (secara umum) yang disebabkan oleh deforestasi.
  2. Pendorong deforestasi (dalam istilah secara umum)
  3. Solusi untuk menghentikan deforestasi (dalam istilah secara umum)

Pulitzer Center akan membiayai pengeluaran yang berkaitan dengan proyek pelaporan dari hutan tropis, dengan menekankan kepada isu yang belum pernah diberitakan atau jarang diberitakan oleh media lokal dan regional. Jumlah dana bagi individual untuk berpergian akan bergantung kepada proyek dan detail perencanaan dana. Kebanyakan hibah akan memberikan sekitar 2500 dolar AS hingga 7500 dolar AS, namun bisa lebih tergantung spesifikasi proyek.

Bagi proyek yang disetujui, sebagian dari dana tersebut akan dibayarkan sebelum perjalanan dan sisanya akan diserahkan saat submisi material awal untuk publikasi. Beberapa syarat yang spesifik dapat dinegosiasikan seiring berjalannya proses aplikasi.

Distribusi: Proyek yang diajukan harus menyertakan rencana yang kredibel untuk diseminasi hasil peliputan ke media lokal dan/atau regional yang berpengaruh (dapat media cetak, online, dan/atau televisi, atau kombinasi). Para kandidat harus bisa menunjukkan ketertarikan dari para editor dan/atau produser yang bekerja di media yang diajukan tersebut. Kredibilitas dari rencana distribusi secara garis besar akan terlihat dari jejak rekam para kandidat yang bekerja di suatu media tertentu. Mohon tidak mengirimkan surat referensi hanya menyatakan bahwa akan mempertimbangkan publikasi. Surat referensi dari editor dan/atau produser yang sebelumnya pernah bekerja sama, dan tertarik untuk bekerja sama lagi, bisa diterima.

Keamanan: Apabila proposal proyek yang diajukan melibatkan peliputan di lingkungan yang mengancam atau berbahaya, baik Anda dan media Anda harus mengikuti panduan dari ACOS Alliance berikut ini. Jurnalis lepas yang berencana untuk meliput di daerah konflik atau berbahaya harus memiliki penugasan resmi dari organisasi media yang akan sepenuhnya bertanggung jawab. Pulitzer Center berkomitmen untuk mendukung adanya Pelatihan Lingkungan Berbahaya apabila diperlukan.

Kelayakan: Hibah ini terbuka bagi semua jurnalis, penulis, fotografer, produser radio atau pembuat film; jurnalis tetap, juga jurnalis lepas dari seluruh kewarganegaraan berhak untuk mengajukan proposal.

Pengajuan proposal harus menyertakan berikut ini:

  1. Deskripsi terkait dengan proyek yang diajukan, termasuk rencana distribusi, tidak lebih dari 250 kata
  2. Perkiraan pengeluaran awal, termasuk penjabaran pengeluaran dasar. Hibah kami biasanya membiayai pengeluaran yang terkait langsung dengan pelaporan. Fixer/penerjemah/supir bisa dimasukkan dan stipen akan dipertimbangkan sesuai dengan kondisi.
  3. Tiga karya yang sudah dipublikasikan.
  4. Tiga referensi profesional. Bisa berupa kontak informasi, atau surat rekomendasi. Untuk surat rekomendasi disarankan berasal dari editor atau produser yang berminat untuk publikasi.
  5. Curriculum Vitae Anda
  6. Dalam pengajuan juga bisa menyertakan deskripsi yang lebih detail tentang proyek yang diusulkan, namun hal ini hanya dianggap sebagai informasi tambahan. Bagian yang terpenting dari submisi adalah ringkasan sepanjang 250 kata.

Tenggat waktu: Berjalan

Anda akan menerima konfirmasi setidaknya seminggu setelah submisi. Umumnya, proposal yang diterima akan mendapatkan respon paling lambat akhir bulan berikutnya, dengan catatan bahwa proyek Pulitzer Center tergolong sesuai dengan waktu dan bernilai berita. Apabila proposal Anda membutuhkan respon yang cepat, mohon jelaskan kenapa dalam deskripsi.

Pertanyaan? Email ke sea.rjf@pulitzercenter.org

DETAIL INFORMASI KLIK DISINI
.

Post Top Ad

Donasi