Project HOPE Indonesia Membutuhkan Tenaga Field Officer - Healthy Lung Project, Banjar - Kalimantan Selatan

Project HOPE Indonesia membuka lowongan Field Officer – Healthy Lung Project, Penempatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan

POSITION DESCRIPTION:
  1. Posisi: Field Officer
  2. Area/ Program: Penyakit Tidak Menular/ Healthy Lung
  3. Lokasi: Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan
  4. Atasan langsung: Program Manager
Latar belakang : Project HOPE adalah organisasi bantuan kesehatan dan kemanusiaan global, memberikan solusi jangka panjang untuk masalah kesehatan dengan misi membantu masyarakat. Project HOPE terdaftar sebagai Yayasan di Indonesia

Program Overview: Gangguan pernapasan, khususunya Asma merupakan penyebab penting morbiditas dan mortalitas di Indonesia. Penyedia layanan kesehatan dan masyarakat memiliki informasi yang beragam tentang gangguan ini. Oleh karena itu, masih terdapat beberapa tantangan/ gap multidimensi terkait dengan manajemen Asma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beban gangguan pernafasan dapat sangat dikurangi jika tindakan preventif dan kuratif yang hemat biaya dilaksanakan secara efektif. Proyek ini bertujuan untuk berkontribusi pada pengurangan morbiditas dan mortalitas terkait Asma di antara populasi berisiko tinggi di lokasi program tertentu di Indonesia.

Ringkasan Tugas:. Field Officer akan menjadi perwakilan Project HOPE Jakarta dalam mengkoordinasikan kegiatan kepada stakeholder terkait, melakukan pengumpulan data pasien, melaporkan hasil kegiatan dan memastikan hubungan yang baik dengan stakeholder, terutama Dinas Kesehatan Kabupaten setempat.

Durasi KontrakJanuary-Oktober 2020

Tanggung jawab utama namun tidak terbatas dari FO, yaitu antara lain:
  1. Mewakili Project HOPE  dalam mengkoordinasikan kegiatan Healthy Lung dengan Dinas Kesehatan dan pihak terkait lainnya di Kabupaten/Kota tempat FO bertugas.
  2. Menginventarisasi kegiatan yang telah terlaksana, capaian yang diperoleh (termasuk keluaran kegiatan, a.l dokumen, foto, TOR, etc),  serta  tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan proyek, kemudian melaporkannya secara berkala sesuai dengan tenggat waktu, format dan media yang ditentukan.
  3. Melakukan pemantauan dan melaporkan secara berkala hasil pemantauan “Implementasi Kegiatan Manajemen Asma” di Puskesmas kepada Project HOPE dan Dinas Kesehatan tempat FO bertugas
  4. Memastikan Data Register pasien di Puskesmas yang di intervensi  terkumpul, berkualitas dan dilaporkan tepat waktu ke Dinas Kesehatan dan Project HOPE dengan format yang telah ditentukan.
  5. Field Officer harus memberikan umpan balik yang konstruktif terkait kualitas data kepada Puskesmas.
  6. Melakukan upaya yang optimal dan aktif  untuk memastikan rencana kerja Healthy Lung Project terlaksana dan dengan hasil yang berkualitas.
  7. Membuat laporan kegiatan dan keuangan  kegiatan Healthy Lung  yang telah dilakasanakan di Kabupaten/Kota dan diserahkan kepada Program Officer
  8. Memantau pelaksanaan  rencana tindak lanjut yang telah disusun dalam pertemuan, pelatihan dan kunjungan lapangan.
  9. Menjalankan tugas-tugas lain yang  ditugaskan oleh atasan langsung
Persyaratan:
  1. Pendidikan S1 dari latar belakang Kesehatan, yaitu Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Biostatistik, Epidemiologi
  2. Memiliki pengalaman kerja yang sama di bidang kesehatan masyarakat dengan Pemerintah, swasta maupun Lembaga Swadaya Masyarakat, minimum 2 tahun,
  3. Mahir menggunakan Microsoft Office (Excel, Power Point, Word), dapat menggunakan Pivot akan menjadi keuntungan.
  4. Memiliki pengetahun tentang system kesehatan dan fasilitas kesehatan, terutama di Kab.Banjar.
  5. Memiliki kemampun komunikasi serta interpersonal yang baik.
  6. Memiliki kemampuan untuk dapat bekerja secara mandiri, bekerja dengan prioritas, responsive, bertanggung jawab dan dapat bekerja dibawah tenggat waktu.
  7. Lancar berbahasa Indonesia yang baik dan benar, diutamakan dapat berbahasa Inggris.
  8. Diutamakan domisili di Kabupaten Banjar dan sekitarnya.
Tenggat waktu
Tanggal akhir penerimaan lamaran adalah 31 Desember 2019.  Bagi yang berminat mohon untuk mengirimkan lamaran sesegera mungkin karena wawancara akan dilakukan secara bergilir dan posisi akan segera diisi apabila kami mendapatkan kandidat yang sesuai.

Cara mengajukan lamaran:
Kandidat yang berminat mengirimkan surat elektronik (e-mail) dengan melampirkan Cover Letter (yang ditulis tangan sendiri) dan CV dan menyebutkan posisi yang dilamar pada bagian judul (subject) surat elektronik.

Ditujukan ke email: yphjakarta@gmail.com cc eramadhinie@projecthope.org