Borneo Nature Foundation Job Vacancy: KHDTK Field Coordinator, Palangkaraya

BNF Job Vacancy: KHDTK Field Coordinator

Deskripsi Posisi:
Bertanggung jawab mengarahkan manajemen dan pengembangan kawasan KHDTK, termasuk tanggung jawab seperti tertulis berikut ini, dan mendelegasikan tugas-tugas tertentu kepada deputi sesuai kebutuhan; memastikan kegiatan lapangan di KHDTK UMP berjalan lancar, bekerjasama dengan para pimpinan, pelaksana proyek di BNF serta pihak luar terkait. Posisi ini meliputi cakupan tanggung jawab manajerial yang luas sebagai berikut:
  • Mengelola kesejahteraan, kesehatan dan keselamatan kerja serta mengkoordinasi personil sebagaimana diperlukan bersama dengan Divisi SDM termasuk melakukan rekrutmen, menangani kontrak dan prosedur disiplin kerja pegawai.
  • Menetapkan strategi implementasi dalam Proyek KHDTK, seperti rencana kerja tahunan, peta jalan dan strategi pembangunan lainnya (mis. Protokol manajemen area, program pengembangan staff,dsb) bersama dengan Direktur dan Manajer terkait dan sesuai dengan tujugan yang telah ditetapkan BNF untuk kawasan ini.
  • Mengemban tanggung jawab utama untuk mengelola jadwal penelitian harian di lapangan dan dengan staf proyek yang ada di kawasan KHDTK UMP, bekerja bersama dengan Programme Development Manager, Field Director dan staf manajerial lainnya bilamana diperlukan.
  • Berkoordinasi, mengembangkan dan melaksanakan kegiatan penelitian di kawasan KHDTK, meliputi: riset tentang primata, monitoring habitat, keanekaragaman hayati, kehutanan, … memastikan data terkumpul dengan baik sesuai dengan SOP dan standar kualitas yang sudah ditetapkan; serta memastikan bahwa data diinput dengan baik, disimpan dan diback-up dalam basis data digital. Tugas ini termasuk pula berkoordinasi dengan para ahli BNF, ilmuwan dan mahasiswa terkait dari pihak luar (sebagaimana disebutkan pada poin #9).
  • Berkoordinasi dengan KHDTK UMP dan UPT untuk memastikan kamp dikelola dengan baik dan memuaskan, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan, protokol, pengiriman konsumsi dan pengolahannya, pengelolaan infrastruktur, koordinasi tamu dan pengunjung, dsb. Mengawasi pengelolaan fasilitas KHDTK dan pengembangannya secara menyeluruh, termasuk memastikan fasilitas dari BNF dan umum di kamp dirawat dengan baik dan aman untuk digunakan.
  • Mendukung dan melaksanakan kegiatan penjangkauan lapangan sebagai bagian dari komitmen BNF kepada desa Mungku Baru dan Kecamatan Rakumpit, di mana di dalamnya termasuk kegiatan sosialisasi rutin, sesi pendidikan, pertemuan diskusi strategis, lokakarya peningkatan kapasitas, dsb.
  • Mengatur dan memimpin ekspedisi yang kemungkinan beranggotakan kombinasi mahasiswa dari UMP, internasional, sukarelawan dan tenaga ahli dari dalam dan luar BNF, untuk melakukan kegiatan riset seperti yang dituliksan pada poin #4 (Service #4) dan memberikan kesempatan pelatihan untuk mahasiswa setempat maupun internasional serta peserta dari sukarelawan ekspedisi.
  • Bertindak sebagai kontak penghubung utama antara Programme Development Manager, BNF Directors dan semua staf lapangan KHDTK dan BNF serta pihak lokal dari luar. Tugas ini termasuk memastikan komunikasi dan hubungan yang baik, instruksi terlaksana dengan baik, tugas terlaksana dan masalah dapat teridentifikasi dan diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
  • Bekerja bersama Programme Development Manager dan para rekan peneliti BNF sebagaimana diperlukan untuk menetapkan tujuan kerja Tim, serta tanggung jawab dan tugas-tugasnya; melatih semua anggota tim KHDITK; mengajukan saran untuk peningkatan dan potensi pengembangan baru; serta bekerja sama dengan semua anggota tim Proyek yang terkait dalam melaksanakan dan mencapai tujuan kerja, serta menerapkan peningkatan dan pengembangannya.
  • Mengawasi kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa (lokal dan internasional) di lapangan bersama dengan para peneliti BNF, termasuk pelaksanaan pelatihan dan riset sesuai dengan SOP BNF. Kemungkinan besar pula, tugas ini termasuk mendukung para mahasiswa dalam menyusun laporan dan analisis data di kantor.
  • Melakukan supervisi terhadap pengelolaan aset komputer Proyek, pengelolaan dokumen elektronik dan sistem penyimpanannya di komputer kantor maupun online (mis. Menggunakan Dropbox), memperbaharui dokumen bilamana diperlukan dan memastikan semua kopi cetak untuk dokumen tersimpan dengan baik di kantor maupun di kamp.
  • Pelaporan, termasuk menyusun laporan bulanan BNF secara internal dan memastikan semua laporan riset didistribusikan ke UMP/UPT KHDTK; serta berkontribusi untuk pelaporan internal dan eksternal, makalah, protokol serta dokumen dan atau materi lainnya, bersama dengan Project Directors dan Scientists, sesuai dengan permintaan dan arahan terkait.
Tugas umum
  • Menyerahkan informasi, tulisan, foto, video dan artikel pendek untuk blog BNF kepada Tim Komunikasi. Termasuk pula di dalamnya memberikan tulisan rutin setiap bulan dan mendukung serta menginformasikan kepada Communications Manager tentang perkembangan program.
  • Bertanggung jawab mencatat semua pengeluaran lapangan dan staf dan menyerahkannya kepada Akutan/SDM di akhir bulan.
  • Bertanggung jawab terhadap perilaku, sikap dan keselamatan semua staf sukarelawan, magang dan asisten lapangan serta pihak lainnya yang ada di bawah supervii anda. Memastikan bahwa semua aturan keselamatan kerja ditaati, cepat tanggap terhadap masalah yang muncul dan secara rutin memeriksa semua staf yang bekerja dengan anda untuk memastikan mereka sehat dan fit. Memastikan semua catatan kecelakaan/sakit selama kerja terlaksana dan tersimpan dengan baik.
  • Mendelegasikan tugas kepada asisten lapangan, staf magang dan staf proyek lainnya di bawah supervisi anda sesuai dengan perannya masing masing, untuk memastikan bahwa mereka melaksanakan tugas dan mendukung anda dalam tanggung jawab yang sudah disebutkan di atas.
  • Bertanggung jawab untuk semua perlengkapan yang anda dan tim riset gunakan (termasuk peralatan lapangan dan kantor, baik di kamp maupun di Palangka Raya). Memastikan peralatan disimpan dengan bersih dan bisa digunakan dengan baik; tersimpan dengan baik (termasuk tata cara menyimpan peralatan elektronik yang memerlukan kondisi bebas kelembapan); dikembalikan ke tempat semula setelah digunakan, dan semua barang yang dipinjam jangka panjang oleh staf dicatat dengan baik. Memperbaiki dan mengganti peralatan sesuai kebutuhan.
  • Mencatat semua pengeluaran keuangan proyek dan menyerahkannya kepada Manajer keuangan di akhir bulan.
  • Menyerahkan laporan bulanan terkait perkembangan kerja di semua kawasan yang menjadi tanggung jawab anda, yang nantinya akan diserahkan kepada para pimpinan proyek melalui direksi lapangan.
  • Memenuhi semua permintaan sewajarnya yang diajukan oleh Jajaran Direksi sesuai dengan jadwal kerja anda dan tim, kegiatan riset, manajemen data dan kegiatan lainnya.
Kualifikasi dan Pengalaman:
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan bekerja sama yang baik dalam tim.
  • Memiliki pengalaman penelitian atau proyek konservasi di hutan tropis (minimal 1 tahun).
  • Memiliki pengalaman dalam mengkoordinasi pengumpulan data di lapangan, pelatihan dan memanajemen asisten lapangan.
  • Memiliki pengalaman bekerja sama dengan masyarakat, pemangku kepentingan dan pemerintah lokal.
  • Memiliki kemampuan mengoperasikan program komputer dengan baik (termasuk Access, Excel, Word, dll.).
  • Mempunyai pengalaman bekerja di Indonesia sebelumnya (WNA) dan mampu berbahasa Indonesia.
  • Tingkat pendidikan minimal S1 Biologi atau di bidang terkait.
  • Memiliki kemampuan bahasa yang baik (lisan dan tulisan) - Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Memiliki pengalaman kerja sebelumnya yang berada dalam lingkungan multi budaya
Jalur laporan:
Rungan Programme Manager/ Jajaran Direksi

Jangka waktu kontrak:
Satu tahun (dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak)

Batas waktu lamaran:
Diterima paling lambat 30 Januari 2020.

Catatan untuk pelamar:
Silakan isi form lamaran Secara Online KLIK DISINI 

No comments: