Hivos Southeast Asia Job Vacancy: Freelance Writer for Storytelling Article on Open Contracting, Jakarta

Hivos merupakan sebuah organisasi International yangmencari solusi mutakhir untuk masalah global yang terus-menerus ada. Didirikanpada tahun 1968 dan terinspirasi oleh nilai-nilai kemanusiaan, Hivos menentangdiskriminasi, ketidaksetaraan, penyalahgunaan kekuasaan, dan penggunaan sumberdaya planet kita yang berlebihan dan tidak berkelanjutan. Kantor kami di Asia Tenggara berlokasi di Jakarta,Indonesia, dengan kantor di Filipina, dan Timor-Leste. Hivos sedang mencari kandidat untuk menempati posisi sebagai berikut:


Posisi: Freelance Writer for Storytelling Article on Open Contracting
Durasi: 6 (enam) bulan - Maret sampai dengan Agustus 2020

Latar Belakang
Hivos dan ARTICLE 19 saat ini mengimplementasikan program Keterlibatan Masyarakat untuk Keterbukaan Kontrak yang mendukung para jurnalis independen, aktivis, pebisnis dan organisasi masyarakat sipil dalam upaya mereka untuk menggunakan data kontrak dan aliran dana publik untuk pengawasan publik, kampanye dan menerjemahkannya menjadi informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat. Hal ini ditujukan agar Pemerintah Indonesia baik di tingkat nasional dan subnasional meningkatkan akses untuk reformasi informasi dalam meningkatkan kondisi lokal demi efisiensi, efektivitas dan integritas kontrak publik serta untuk meningkatkan mekanisme bagi otoritas pengawas untuk merespons dan menindaklanjuti umpan balik warga terkait dengan kontrak pemerintah.

Di Indonesia, program Keterbukaan Kontrak berfungsi sebagai sebuah ekosistem dan bekerjasama dengan 5 organisasi di level national dan subnasional. Kami juga bekerja dengan pemerintah daerah dan masyarakat di Kab/Kota Semarang, Bantul, Bojonegoro dan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Sebagai salah satu strategi dari keterbukaan kontrak, Hivos bekerja melalui advokasi berbasis bukti untuk mempromosikan transparansi dalam praktek pengadaan warga. Dengan berakhirnya program pada tahun 2020, Hivos membutuhkan bantuan untuk menulis hasil – hasil capaian program ke dalam artikel storytelling dan naratif.

Konsultan akan berkerja dengan Communication & Knowledge Management Officer program Open Contracting yang akan menyiapkan pedoman dan memastikan semua artikel sejalan dengan pedoman komunikasi Hivos dan berbagi nilai – nilai kemanusian Hivos. Konsultan juga akan membantu menuliskan perubahan yang paling signifikan dari proyek yang dilakukan oleh mitra dari perspektif storytelling.

Deliverables
Beberapa artikel storytelling tentang isu keterbukaan kontrak

Tugas dan Tanggung Jawab
Menghasilkan beberapa artikel storytelling dalam Bahasa Indonesia dan/atau Bahasa Inggris berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh program dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Maksimal 700 kata setiap artikel
  • Menggunakan perspektif human interest saat mengambil cerita dari masyarakat dan pemerintah daerah/nasional tentang dampak dari transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas melalui penerapan prinsip-prinsip keterbukaan kontrak.
  • Menggunakan data sebagai bagian dari cerita
Menghasilkan infografis untuk melengkapi artikel (opsional)
  • Infografis akan menggunakan data yang berbeda dari artikel untuk menghindari redundansi
Kualifikasi dan Persyaratan
Berikut beberapa persyaratan untuk pelamar:
  • Warga negara Indonesia
  • Mempunyai keahlian dalam menulis
  • Berpengalaman dalam menulis cerita berdasarkan perspektif human interest dalam bahasa Inggris dan/atau Indonesia
  • Lebih diutamakan yang punya pengalaman dalam isu transparansi
  • Mampu untuk bekerja secara mandiri dan mengambil inisiatif, tetapi juga bisa bekerja tim
  • Bisa mengoperasikan beberapa software utama (Excel, Word)
  • Aktif, dinamis, memiliki kemauan dan keinginan untuk mempelajari ide-ide baru
  • Bertanggung jawab kepada Communication and Knowledge Management Officer program Open Contracting
  • Lebih diutamakan yang berpengalaman menulis di NGO atau punya pengetahuan tentang proses outcome harvesting
  • Lebih diutamakan yang memiliki keterampilan dasar dan memahami pembuatan konten kreatif termasuk desain grafis sederhana
Tipe Pekerjaan
Kandidat akan bekerja sebagai konsultan paruh waktu. Durasi kerjasama selama 6 bulan (Maret – Agustus 2020).

Konsultan dapat bekerja di luar kantor dengan rapat rutin bersama tim Open Contracting.

Tenggat Waktu Pengiriman Lamaran
Kandidat yang tertarik diharapkan mengirimkan dokumen berikut:
  • CV elektronik (tidak lebih dari 3 halaman)
  • Minimal 3 contoh tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Rate yang diinginkan per artikel (maksimal 700 kata)
Semua dokumen harus dikirim ke email: hr.sea@hivos.org paling lambat 9 Februari 2020, dengan subjek email: Freelance Storytelling Writer for OC

Hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi yang akan kami hubungi.

No comments: